Pengertian, Fungsi dan Contoh Seni Rupa Murni

Diposting pada

Pengertian, Fungsi dan Contoh Seni Rupa Murni – Seni rupa murni ialah cabang seni yang menghasilkan karya dengan penitikberatan pada keindahan untuk dinikmati, atau ekspresi jiwa dalam lukisan.

Fokus pembuatannya hanya pada unsur-unsur keindahan atau estetika, tanpa memperdulikan nilai-nilai praktis dari karya seni yang dibuat.

Pengertian, Fungsi dan Contoh Seni Rupa Murni
Pengertian, Fungsi dan Contoh Seni Rupa Murni

Unsur kemurnian dalam seni rupa tidaklah mudah untuk dipahami. Pikiran kita memilii kemampuan untuk menafsirkan dan merasakan seni dalam arah tertentu.

Baca Juga :

Dengan semakin banyak orang mencari unsur kemurnian seni rupa, para seniman juga membuat setiap upaya yang mungkin untuk memasukkan unsur murni dalam seni mereka.

Seni rupa murni kurang lebih berputar di sekitar kenyataan kehidupan kita dan menggambarkan kehidupan yang terjadi dengan cara yang berbeda.

Ketika berbicara tentang konsep seni rupa murni, ia memiliki beberapa kata yang menentukan idealismenya. Jadi sekarang kita telah mendapat gagasan bahwa seni rupa murni adalah sesuatu yang memiliki nilai, integritas, dan tradisinya sendiri. Ini menggambarkan warna sejati kehidupan dengan cara yang unik. Berikut adalah prinsip seni rupa murni antara lain:

  • Bebas tekstur

Para seniman menghindari teknik yang berkaitan dengan tekstur untuk membuat seni rupa murni, terutama tekstur pigmen atau impasto.

  • Bebas sketsa

Seni rupa murni adalah sesuatu yang datang langsung dari pikiran. Tidak ada sketsa yang terlibat dalam seni rupa murni. Idenya hanya ada dalam pikiran, tak ada garis besar yang diperlukan untuk memulainya. Misalnya, persegi menggambarkan wajah.

  • Tanpa brushing

Seni rupa murni tak memiliki trademark. Trademark ialah hal pribadi dan tak sesuai dengan konsep kemurnian.

  • Tidak ada desain khusus

Desain terlihat dimana-mana saat akan menjelajahi lukisan-lukisan artistik murni tanpa adanya kekhususan desain.

  • Tidak ada bentuk khusus

Tak ada bentuk khusus apapun yang perlu dirancang ketika hendak membuat seni rupa murni. Saat membuat lukisan misalnya, tidak perlu terpaku dengan bentuk silinder, kubus, bola, atau kerucut.

  • Warna campuran

Warna yang digunakan dalam seni rupa murni bebas apa saja, yang menggambarkan kehidupan yang tidak terkontrol, karena hidup ini sendiri banyak suka dukanya. Warna hanya aspek penampilan dan tidak sampai mengganggu fokus kemurnian seni rupa.

  • Zero space

Pembagian ruang dalam seni rupa murni tetap tersembunyi. Karya seni rupa murni tidak memproyeksikan apapun, malah sebenarnya biarkan saja kosong.

  • Cahaya yang tidak memantulkan

Tidak ada cahaya langsung di atas lukisan seni rupa murni. Cahaya yang mewakili kemurnian seni rupa ialah cahaya pada saat senja. Cahaya yang terang tidak dapat diaplikasikan pada seni rupa murni.

  • Tanpa skala

Seni rupa murni tidak dibatasi oleh ukuran fisik. Hanya unsur keagresifan dan keindahan tanpa pamrihlah yang menjadi ukuran suatu seni rupa murni.

  • Tak dibatasi waktu

Tak ada masa lalu, sekarang, dan masa depan dalam seni rupa murni. Seni rupa murni lebih tentang pemikiran yang mendalam sehingga tak dapat dibatasi oleh waktu.

Fungsi Seni Rupa Murni

Seni rupa murni tentunya memiliki fungsi-fungsi sebagai tujuan untuk apa ia dibuat. Berikut ialah fungsi-fungsi dari seni rupa murni:

  1. Sebagai kesenangan
  • Manusia membutuhkan kegembiraan, kesenangan, dekorasi, hiburan, dan hiasan dalam hidup sebagai penghilang beban hidup.
  • Kenikmatan visual dalam sebuah karya seni rupa murni termasuk ke dalam hal ini.
  1. Sebagai penyampai informasi
  • Sebelum muncul fotografi pada abad 19, para seniman dan ilustrator ialah satu-satunya sumber informasi yang mampu memvisualkan suatu peristiwa, seseorang, atau hanya menyampaikan pendapat.
  • Para seniman tersebut juga tak hanya membentuk cara orang memahami dunia mereka sendiri tapi juga bagaimana budaya mereka dilihat oleh orang lain.
  • Seniman terdahulu juga mengerti akan peran seni rupa murni sebagai komunikasi antara ia dan para penikmat lukisan sebagai materi pelajaran atau informasi.
  1. Sebagai sarana ritual
  • Fungsi seni rupa murni lainnya adalah melukiskan tentang keagamaan, menumbuhkan kreativitas seniman mengenai ritual, tempat, dan upacara sakral mereka.
  • Seniman terdahulu melukis untuk pengajaran agama supaya membuat manusia lebih mudah memahami karena manusia pada dasarnya senang melihat gambar-gambar.
  1. Sebagai peringatan
  • Kita semua selalu mengingat dan menunjukkan rasa hormat pada para pendahulu kita.
  • Peringatan ini utamanya bersifat tindakan yang umum, seperti merayakan orang atau peristiwa yang penting atau menghormati tindakan patriotik.
  • Citra visual seni rupa murni memainkan peran yang menentukan dalam memperingati hal-hal semacam ini.
  1. Sebagai bujukan
  • Banyak bentuk seni rupa murni yang bersifat persuasif.
  • Bangunan yang indah, monumen publik, iklan televisi, dan video musik semuanya memanfaatkan kekuatan seni untuk mempengaruhi tindakan dan pendapat.
  1. Sebagai ekspresi diri

Seni rupa murni memenuhi fungsi ekspresif ketika seorang seniman menyampaikan informasi tentang kepribadian atau perasaannya selain dari faktor sosial, permintaan pasar, kebijakan penguasa, atau dorongan estetika.

Baca Juga : Pengertian Seni Lukis

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *