Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Cara Kerja dan Jenis Anti Bakteri

Pengertian, Cara Kerja dan Jenis Anti Bakteri – Nah pembaca sekalian, kali ini kita akan membahas tentang pengertian, cara kerja dan jenis anti bakteri. Sering kali kita menganggap semua bakteri itu jahat.

Padahal tidak semua bakteri itu jahat loh. Bakteri adalah suatu organisme yang memiliki jumlah yang paling banyak jika dibandingkan dengan organisme lainnya di bumi.

Pengertian, Cara Kerja dan Jenis Anti Bakteri
Pengertian, Cara Kerja dan Jenis Anti Bakteri

Pada umumnya bakteri merupakan organisme yang bersifat uniseluler (bersel tunggal), prokariota/prokariot, berukuran mikroskopik (sangat kecil) dan tidak mengandung klorofil (zat hijau).

Tahukah anda asal muasal kata bakteri?

Pemberian  dan penamaan kata bakteri sebenarnya berasal dari bahasa latin . Bakteri berasal dari kata bacterium. Spesies dari bakteri sendiri memiliki jumlah spesies yang sangat banyak, hingga mencapai ratusan ribu atau bahkan lebih.

Mereka tersebar mulai dari tanah, di air, di organisme lain, dan lain-lain juga di lingkungan yang kondisinya bermacam – macam.

Dalam kemajuan teknologi perkembangannya, aktivitas sel bakteri  sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yakni seperti suhu, ph , nutrisi, serta zat metabolisme.

Bakteri sendiri memiliki manfaat yang sangat baik bila digunakan dengan sebagai mana mestinya, yaitu :

  1. Membantu menyuburkan tanah dengan menghasilkan nitrat
  2. Pengurai sisa makhluk hidup dengan pembusukan
  3. Fermentasi dalam pembuatan makanan dan minuman
  4. Penghasil obat-obatan seperti antibiotik
  5. Mengurai sampah untuk menghasilkan energi
  6. Membantu dalam pembuatan zat-zat kimia, dll

Tidak hanya baik, ternyata bakteri juga memiliki dampak buruk Bakteri Yang Merugikan Bagi Kehidupan Manusia:

  1. Bakteri ternyata memiliki potensi untuk menyebarkan penyakit pada manusia ataupun pada organisme lain
  2. Membusukkan makanan yang kita miliki
  3. Merusak tanaman dengan serangan penyakit yang merugikan (bakteri parasit/patogen)
  4. Hasil aktivitas pembususkkan menyembabkan timbulnyabau yang tak sedap
  5. Membuat tubuh manusia kotor dipenuhi bakteri yang mengakibatkan bau badan

Mekanisme Kerja Bakteri

1.Bacillus

Bacillus merupakan golongan bakteri pengurai bahan organik (heterotrof) dan merupakan penghasil senyawa antimikroba serta yang membantu proses penguraian limbah.

Cara kerja bakteri ini cukup menarik, bakteri ini akan memotong ikatan pada peptida ,menjadi senyawa yang lebih sederhana. Setiap bakteri bacillus bekerja dengan cara –cara tertentu dalam memotong ikatan senyawa organik ini.

Nah jumlah yang banyak akan membuat kerja bakteri semakin efektif, semakin banyak bakteri bacillus yang digunakan , semakin baik dan efektif pula kerja bakteri tersebut dalam penguraian limbah yang komplek. Gampangnya makin banyak yang membantu akan makin cepat hasil yang didapatkan.

2. Thiobacillus

Thiobacillus merupakan semacam bakteri chemototroph yang bisa menguraikan senyawa-senyawa kimia sederhana yang beracun menjadi senyawa-senyawa kimia yang tidak memiliki sifat racun.

Ada beberapa macam spesies bakteri thiobacillus, diantaranya T. thiooxidans ,T. denitrificans, dan T. ferooxidans. Masing-masing spesies bakteri punya cara kerja yang berbeda – beda, beberapa diantaranya sangat efektif pada pH rendah dan beberapa spesies efektif pada pH tinggi.

Uniknya,  setiap spesies memiliki kemampuan yang menarik satu sama lain :

  1. Thiobacillus denitrificans memiliki fungsi menetralkan racun hydrogen sulfida dan nitrit melalui proses reaksi denitrifikasi
  2. Thiobacillus  memiliki fungsi tambahan mentetralkan racun hydrogen sulfida dan mengoksidasi ion besi yang menghambat respirasi dan pertumbuhan udang.
  3. Thiobacillus thiooxidans berfungsi mengoksidasi senyawa sulfur yang beracun menjadi senyawa yang tidak beracun dan menstabilkan air, sangat membantu menjaga keseimbangan dari air itu sendiri.
  4. Thiobacillus novellus dapat menetralkan racun H2S dalam lingkungan dasar tambak yang sangat asam pada lahan gambut dan pirit.

3. Actinobacteria

Gimana sih cara kerja Actinobacteria? Actinobacteria bekerja dengan menutup ion fosfat sehingga ion ion tersebut tidak lagi memungkinkan untuk digunakan oleh mikroorganisme lainnya seperti plankton.

Antibakteri

Antibakteri adalah zat-zat yang memiliki khasiat untuk menghambat pertumbuhan atau mematikan organisme bakteri. Zat antibakteri bisa dihasilkan oleh mikroorganisme  ataupun  bisa dihasilkan oleh zat buatan manusia.

Antibakteri ampuh melawan bakteri, mulai dari pengobatan bakteri atau sebagai pencegahan terjadinya infeksi bakteri. Pemberian antibakteri sebagai pencegahan dilakukan dalam kasus luka terbuka, luka operasi, dan lainya.

Nah itu dia artikel yang berhubungan dengan bakteri dan cara kerja bakteri. Semoga bermanfaat dan selamat menambah ilmu!

You May Also Like

About the Author: ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *