Arti CEO Adalah : Pengertian, Kepanjangan, Tugas dan Manfaat CEO

Diposting pada

Arti CEO Adalah: Pengertian, Kepanjangan, Tugas dan Manfaat CEO – Di dalam sebuah perusahaan pastinya ada hierarki-hierarki yang dipegang oleh masing-asing anggota, mulai diantaranya yang paling tinggi sampai dengan jabatan yang paling rendah.

Arti CEO Adalah : Pengertian, Kepanjangan, Tugas dan Manfaat CEO
Arti CEO Adalah : Pengertian, Kepanjangan, Tugas dan Manfaat CEO

Setiap jabatan ini nantinya akan menunjukkan peran dari masing-masing pemegangnya tersebut. Ada bagian pelaksana namun juga ada bagian yang hanya memerintah biasanya mereka disebut sebagai bos atau atasan.

Istilah lainnya yang mungkin juga sudah tidak begitu asing lagi bagi Ada adalah CEO. Lalu sebenarnya apakah CEO ini? mengapa jika dilihat banyak sekali orang yang berkeinginan untuk menjadi CEO.

Pengertian CEO

CEO ini adalah sebuah jabatan tertinggi yang ada dalam sebuah perusahaan, bisa dikatakan ia memang memegang kekuasaan yang paling tinggi dalam sebuah instansi atau perusahaan tersebut, sehingga mereka memiliki kekuatan yang lebih, begitu juga dengan tanggung jawa yang diemban oleh CEO ini, karena akan menaungi begitu banyak karyawan atau orang-orang yang jabatannya ada di bawahnya.

Sehingga akan lebih dihormati, begitu juga jika melihat dari nilai gaji yang akan diterima oleh CEO tentunya juga begitu besar dibandingkan dengan jabatan yang lainnya.

Orang-orang yang dipilih menjadi CEO ini tentunya juga tidak boleh sembarangan, melainkan hanya mereka yang memang memiliki kapasitas dalam memimpin saja.

Seperti diantaranya adalah kalangan yang memang sudah benar-benar berpengalaman cukup lama di bidang bisnis tersebut, atau mungkin juga pendiri dari perusahaan yang bersangkutan, hingga orang yang sudah dipilih berdasarkan kesepakatan bersama atau rapat direksi yang sudah dilakukan.

Kebanyakan diantara CEO ini sendiri adalah mereka yang sudah berumur, karena pengalamannya di dalam menjalankan sebuah perusahaan atau memimpin juga terbilang sudah cukup banyak.

Kepanjangan CEO

CEO ini sendiri sebenarnya adalah sebuah kepanjangan yaitu Chief Executive Officer, seorang CEO ini memiliki tanggung jawab yang sangat besar di dalam sebuah perusahaan yang mereka pimpin. Sehingga tidak boleh sembarangan di dalam melakukan pekerjaannya. Berikut ini diantaranya tanggung jawab dari seorang CEO yang hendaknya harus Anda ketahui, yaitu:

1). Perencanaan tugas perusahaan

Di dalam sebuah perusahaan memang ada banyak sekali divisi atau departemen, semua departemen ini berada di dalam pengawasan seorang CEO, dia nantinya akan membuat perencanaan bisnis, kemudian akan mengevaluasi profitabilitas dari rencana bisnis yang sudah dibuat tersebut, kemudian akan didiskusikan dengan dewan direksi yang ada juga anggota manajemen di dalam setiap divisi tersebut.

Seorang CEO adalah pemrakarsa keberadaan kebijakan dan juga aturan-aturan yang adalah dalam sebuah perusahaan tersebut, sebelum nantinya ide atau kebijakan yang dibuat tersebut akan diberikan oleh setiap divisi dan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang ada.

2). Mewakili sebuah perusahaan

Seorang CEO nyatanya juga adalah sebuah representatif sebuah perusahaan, sehingga jika seandainya pimpinan mereka bermasalah, juga tidak bisa menampik jika seandainya hal ini akan mempengaruhi citra perusahaan tersebut di mata publik.

Karena itu mereka juga bertanggungjawab dalam menjaga citra dan juga visitabilitas perusahaan tersebut, tingkah laku yang dilakukan hendaknya tidak boleh sembarangan, karena mereka adalah wajah dari perusahaan tersebut.

Sering kali diundang untuk menghadiri beberapa acara besar layaknya inferensi, meeting dan beberapa acara publik yang lainnya, jadi perannya juga sangat penting.

3). Membangun sebuah tim

Keberadaan CEO ini tak hanya untuk bawahan mereka saja, melainkan juga menghubungkan antara pegawai dan juga para dewan direksi yang ada dalam perusahaan tersebut, mereka sebagai sebuah jembatan di dalam membangun tim. Mereka harus melihat bagaimana performa dari pegawainya sehingga tahu cara untuk mengatur perusahaan dengan baik.

4). Membuat alokasi anggaran belanja

Masalah keuangan nyatanya jadi bagian yang paling krusial dalam rumah tangga perusahaan, karena hal ini nantinya akan mempengaruhi jalannya perusahaan tersebut kedepan, apakah bisa maju dan mendapatkan laba atau mungkin sebaliknya akan memicu kebangkrutan atau resiko pailit.

Itulah mengapa seorang CEO dituntut untuk memutuskan dan juga melaksanakan rencana investasi (Baca : Pengertian Investasi) dari pihak lain, sehingga perusahaan bisa mendapatkan suntikan modal untuk terus beroperasi, bahkan mungkin juga berkembang semakin besar.

Seorang CEO nantinya harus menganalisis dan juga melakukan evaluasi sebelum mendistribusikan anggaran belanja untuk berbagai macam proyek yang dijalankannya.

Ini juga termasuk hal yang sifatnya sangat besar karena jika seandainya salah dalam ambil langkah, resiko yang diterima juga begitu besar bagi perusahaan tersebut.

Tak jarang kesalahan CEO dalam hal ini yang memicu sebuah perusahaan bangkrut. Apalagi jika seandainya CEO tidak pandai di dalam mencari investor untuk pengelolaan usaha mereka tersebut.

5). Menciptakan budaya kerja yang positif

Tanggung jawab seorang CEO yang lainnya adalah untuk menciptakan lingkungan atau budaya kerja yang positif, patut untuk disadari bahwa pada dasarnya kenyamanan lingkungan kerja ini memang akan sangat mempengaruhi bagaimana kualitas pekerjaan yang nantinya akan dilakukan oleh para pegawai di dalam instansi tersebut, membuat produktivitasnya juga akan semakin meningkat.

Karena pada dasarnya CEO menaungi sebuah instansi, maka harus mendengarkan setiap pesan atau keluh kesah yang diberikan oleh pegawainya, sehingga mereka bisa mengubah lingkungan kerja yang lama dengan yang baru.

Jadi dapat mengurangi masalah yang ada dalam perusahaan tersebut. Masalah yang ada dalam perusahaan pada dasarnya memang tidak dapat dihindari, melainkan haru ditangani dengan baik.

Tugas CEO

Setelah mengenal tanggung jawab dari seorang CEO, maka tentunya sangat penting juga untuk mengetahui sebenarnya apa saja tugas yang diemban oleh CEO ini, apalagi ia termasuk jabatan yang paling tinggi di dalam sebuah perusahaan.

Sehingga tugas atau perannya juga lebih besar jika dibandingkan dengan bagian-bagian yang lainnya. itulah mengapa jabatan seorang CEO tidak bisa diisikan kepada orang sembarangan, harus mereka yang benar-benar berkapasitas. Berikut ini diantaranya tugas dari seorang CEO yang harus Anda ketahui, yaitu:

1). Menentukan arah strategis dari perusahaan yang mereka pimpin

Agar nantinya perusahaan tersebut bisa berkembang menjadi lebih maju diantaranya adalah mencakup visi, misi dari perusahaan.

Seorang CEO ini memang diberikan tanggung jawab yang sangat penting untuk mengetahui bagaimana nantinya perusahaan tersebut harus dibawa atau dioperasikan sehingga bisa mengantarkannya kepada kesuksesan.

Mulai dari pembuatan rencana, kemudian juga pelaksanaannya dan juga mengawasi jalannya pelaksanaan yang sudah dilakukan tersebut. Semuanya harus dilakukan secara strategis dan juga menyeluruh.

2). Wajah bagi perusahaan tersebut

Selain nama besar dari perusahaan, maka seorang CEO juga adalah citra atau representatif perusahaan mereka tersebut. Contohnya saja adalah Mark Zuckerberg yang dikenal sebagai pendiri dari Facebook, ia juga memegang peran penting sebagai CEO nya.

Sehingga dikenal sebagai wajah dari perusahaan tersebut. Karena di dalam sebuah kesempatan besar maka CEO inilah yang nantinya akan diundang untuk berbicara.

Sehingga nama pasar atau citra dari perusahaan juga akan dilihat dari CEO ini sendiri, mereka harus menjaga selagi tingkah lakunya di mata publik, apalagi akan ada banyak sekali nantinya kalangan yang menyoroti, berdampak pada nilai jual barang ataupun jasa yang mereka tawarkan.

3). Melaporkan pada dewan direksi

Dewan direksi ini adalah jajaran atas yang memegang saham atau seseorang yang ikut terlibat di dalam mendanai jalannya perusahaan tersebut.

Umumnya mereka memang tak banyak terlibat dalam management perusahaan, hanya sesekali melihat perkembangan perusahaan tersebut melalui laporan yang didapatkan, tugas seorang CEO ini nantinya adalah untuk menjembatani antara dewan direksi yang ada dengan pegawai-pegawai yang ada di bawah arahannya tersebut.

Apalagi untuk sebuah perusahaan tidak mungkin semua modalnya berasal dari satu orang saja, pastinya ada andil dari beberapa orang lain yang menjadi dewan direksi disini. Sehingga setiap pengambilan keputusan juga harus melibatkan dewan direksi.

4). Mengembangkan arah dari SDM yang bekerja di dalamnya

Seorang CEO juga memiliki tugas penting di dalam membimbing bawahan mereka, sehingga karyawan tersebut tidak hanya stuck di tempat, melainkan semakin lama bekerja tentunya mereka juga akan tumbuh menjadi seseorang yang lebih baik, pelajar dari pengalaman dan juga kesalahan yang sudah pernah dilakukan sebelumnya.

Dengan pertumbuhan kualitas dari pegawainya, secara otomatis hal ini juga akan mempengaruhi kualitas di dalam sebuah perusahaan tersebut bukan.

5). Menciptakan jaringan bisnis

Agar sebuah perusahaan bisa terus tumbuh, maka tidak bisa dipungkiri jika seandainya jaringan bisnis mereka juga harus terus dikembangkan dengan baik, sehingga nantinya dapat melayani berbagai macam tujuan yang ada di dalam sebuah perusahaan tersebut.

Ini merupakan tugas yang sangat penting bagi seorang pimpinan atau CEO ini. dimana mereka harus menghubungkan dengan vendor, juga mengungkapkan peluang akuisisi, bergabung dengan perusahaan yang lain atau bahkan juga harus menghadiri berbagai macam acara untuk menjalin hubungan bisnis yang lebih baik dengan yang lain.

Karena tugas yang satu ini maka tidak heran jika seandainya seorang CEO memiliki kegiatan paling sibuk diantara yang lainnya, bahkan jarang sekali untuk beristirahat.

Menemukan peluang untuk bisnis mereka, dengan meningkatkan penjualan pada dasarnya memang bukan satu-satunya cara bagi perusahaan untuk bisa tumbuh. Melainkan hal ini juga harus diimbangi dengan menemukan sebuah peluang, yaitu dengan cara akuisisi.

Akuisisi ini adalah pembelian yang sifatnya potensial, bisa diantaranya adalah mencakup sebuah personil, hubungan atau bahkan juga reputasi.

Sehingga nantinya segmen mereka juga lebih merata ke seluruh kalangan. Perusahaan yang berani melakukan akuisisi ini akan jauh lebih cepat namun dibandingkan dengan yang berjalan di tempat, namun resikonya juga tergolong begitu tinggi. Itulah mengapa CEO juga memiliki peran yang sangat penting diisi.

Menganalisis semua masalah yang terjadi dalam perusahaan dan mencari cara untuk mengatasinya, memimpin sebuah instansi atau perusahaan besar dengan banyak personil di bawahnya memang bukanlah hal yang mudah dilakukan, karena sudah pasti banyak sekali masalah yang mungkin terjadi antara satu anggota dengan yang lainnya.

Adanya masalah ini bisa menyebabkan efek yang lebih serius jika tidak segera ditangani dengan benar. Itulah mengapa seorang CEO juga berperan penting dalam menganalisis dan juga mencari jalan keluar untuk masalah yang dihadapi oleh perusahaan tersebut. Sehingga penyelesaiannya juga lebih efektif dan efisien.

Manfaat CEO

Jika dilihat memang jarang sekali diantara perusahaan baik itu yang kecil maupun besar tidak memiliki CEO di dalamnya. Karena ia memiliki peran atau manfaat yang sangat besar bagi usaha tersebut.

Banyak bahkan diantaranya beberapa perusahaan yang memiliki satu CEO yang sama, karena memang pada dasarnya mereka sudah memiliki kapasitas yang tinggi sehingga banyak yang berebut untuk menjadikannya sebagai seorang pimpinan.

Namun memang tidak ada instansi atau perusahaan dimana di dalamnya tidak memiliki seorang CEO ini. lalu sebenarnya apa saja manfaat CEO ini dalam perusahaan tersebut? Berikut yang harus diketahui:

1). Membawa perusahaan lebih maju

Dengan adanya CEO yang memiliki tugas dan juga peran begitu penting ini nantinya akan membuat perusahaan tersebut juga bisa lebih maju.

Karena ditangani oleh orang yang benar-benar handal, namun bisa jadi juga karena kesalahan dalam memilih CEO maka akan berdampak sebaliknya, perusahaan tersebut justru akan mengalami kebangkrutan.

2). Membawa lebih banyak investor dan juga meningkatkan nilai modal perusahaan

Karena mereka berperan di dalam mencari dan menemukan jaringan bisnis, maka dengan adanya CEO ini juga sangat mungkin untuk membawa lebih banyak investor dalam perusahaan tersebut, semakin banyak modal yang diterima.

Maka nantinya berpengaruh terhadap peningkatan usaha tersebut, juga memungkinkan bisnis menjadi jauh lebih luas hingga mencangkup pasar luar negeri.

3). Masalah yang ada di dalam perusahaan lebih mudah untuk diselesaikan

Karena ada seseorang penting yang nantinya bertugas untuk mencari jalan keluar dari masalah tersebut.

4). Jembatan antara pegawai dan juga dewan direksi

CEO ini nyatanya adalah sebuah jembatan antara para pegawainya dan juga dewan direksi yang menjadi pemegang dari sebagian besar modal perusahaan tersebut.

Itulah mengapa tanpa keberadaan seorang CEO tentunya akan sulit membuat perusahaan perkembangan, karena modal yang berjalan hanya itu-itu saja, tanpa diimbangi dengan tambahan investasi dari yang lainnya.

5). Menjaga citra sebuah perusahaan

Faktanya selain nama besar dari sebuah perusahaan, maka di dalamnya juga terdapat wajah perusahaan, siapa lagi jika bukan CEO.

Mereka yang nantinya akan banyak diundang dalam sebuah acara-acara penting dan menjadi representatif perusahaan.

Citra perusahaan tentunya akan terjaga jika seandainya memiliki CEO yang baik bukan, yang selalu menjaga tingkah lakunya, ada wajah yang nantinya akan hadir di mana-mana dalam berbagai acara penting untuk menjalin hubungan baik dengan jaringan bisnis atau koleganya.

Untuk bisa menjadi seorang CEO tentunya juga tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi mungkin jika dilihat dari luar seorang CEO ini adalah orang yang paling penting, jabatan tertinggi dengan gaji yang juga paling besar diantara yang lainnya.

Padahal tugas dan tanggung jawabnya dalam sebuah perusahaan juga banyak sekali. Bahkan mungkin akan menyita banyak waktu untuk diri sendiri dan juga keluarganya.

Paling tidak seorang CEO ini dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas, sehingga akan cepat tanggap jika seandainya terjadi perubahan, khususnya adalah dalam dunia bisnis, kemudian juga orang yang penuh dengan tanggung jawab dan juga dedikasi pada pekerjaannya, melek teknologi hingga mampu melayani dengan baik.

Pastinya untuk mencapai peran hingga menjadi seorang CEO ini tidak hanya butuh waktu satu atau dua tahun saja, melainkan cukup lama untuk belajar.

Bahkan jika seandainya perusahaan tersebut adalah warisan dari keluarga sendiri, tentunya CEO tidak akan dipilih hanya karena seseorang tersebut adalah keturunannya semata, melainkan juga tetap mempertimbangkan kualitas dan kapasitasnya.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *