7 Cara Mengatasi Bullying Pada Anak Di Sekolah

Diposting pada

Cara Mengatasi Bullying pada Anak – Bullying merupakan sebuah perbuatan atau perkataan seseorang yang dapat merendahkan atau meremehkan orang lain.

7 Cara Mengatasi Bullying Pada Anak Di Sekolah
7 Cara Mengatasi Bullying Pada Anak Di Sekolah

Perbuatan bullying dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik itu secara fisik, perbuatan yang tak layak dan bisa dilakukan secara verbal. Sekarang dinegara Indonesia sudah banyak yang menjadi korban dari salah satu perbuatan bullying.

Jika anda mengalami pembullyan pada kehidupan kita, langsung saja diatasi masalah ini sehingga tidak membuat hidup kita merasa harga diri menjadi rendah. Terus bagaimana cara mengatasi bullying di sekolah? Pastikan anda menyimak artikel ini hingga selesai.

7 Cara Mengatasi Bullying Pada Anak Di Sekolah

Mungkin anda adalah orang yang tepat ketika membaca artikel ini. Karena disini kami akan membahas cara mengatasi bullying pada anak di sekolah, tapi cara ini bisa dilakukan oleh semua orang baik dewasa maupun anak sekolah.

1. Buktikan Kalau Anda Lebih Hebat

Memang pada umumnya bagi orang pembullyan pasti menganggap diri kita itu lemah sehingga mereka dapat membully kita.

Jika terjadi pembullyan terhadap anda, maka anda harus menunjukkan kalau diri anda adalah seorang terhebat dari mereka yang membully.

Apabila anda memiliki kelebihan dari mereka, seperti anda seorang olahragawan disekolah atau anda mungkin lebih pintar dari mereka dalam pembelajaran dan lain-lain.

Jika hal-hal tersebut ada didalam diri anda, maka ini bisa membuat seorang pembullyan akan menjadi rendah dihadapan anda. Ini dikarenakan mereka menyadari dirinya memiliki kelemahan dalam kehidupannya.

2. Berani Melaporkan Pada Guru atau Orang Tua

Apabila anda telah dibully, alangkah baiknya anda laporkan masalah ini kepada Guru atau bisa kepada orang tua anda. Dengan begitu ini bisa membuat kita lebih terbuka dan Guru atau orang tua anda menjadi lebih tentang apa yang sudah terjadi pada kehidupan kita.

Jangan menutupi masalah ini kepada Guru atau orang tua, karena jika anda menutupinya maka ini akan berdampak buruk bagi kehidupan kita.

Bisa saja ini akan terjadi pembullyan terus-terusan sehingga kita merasa tidak aman dan nyaman dalam beraktivitas sebagai seorang pelajar atau anak sekolah.

Maka dari itu anda harus berani untuk melaporkan masalah ini kepada Guru atau orang tua sehingga bisa membuat hidup anda lebih merasa menyenangkan tanpa ada gangguan dari siapapun.

3. Selesaikan Dengan Baik dan Benar

Bagi anda yang masih terjadi pembullyan, kami sarankan anda jangan putus asa atau mungkin anda merasakan tidak nyaman dalam hidup ini sehingga mengakhiri hidup anda. Jangan dilakukan hal yang seperti itu.

Kenapa?

Karena ini sudah perbuatan yang akan mendatangkan dosa serta dapat mengecewakan orang tua. Jadi anda jangan mencoba-coba untuk melakukan hal yang buruk itu.

Mungkin anda dapat menyelesaikan masalah pembullyan terhadap anda dengan baik dan benar.

4. Lebih Percaya Diri

Mungkin menjadi salah satu hal yang paling susah dilakukan oleh kita, tapi anda harus lebih percaya diri ketika sudah dibuly oleh seorang pembully.

Mau tidak mau anda harus melakukan cara yang seperti ini, karena kemungkinan besar ini akan membuat mereka merasa lebih tidak berguna ketika melihat orang yang mereka bully itu tetap aman saja dan selalu percaya diri.

Jadi cara ini menjadi cara yang efektif untuk mengatasi akan terjadinya pembullyan terhadap kehidupan kita.

5. Jangan Salahkan Diri Sendiri

Sudah banyak korban bullying selalu menyalahkan dirinya sendiri. Kebanyakan para korban yang sudah tidak bisa lagi sharing masalah tersebut pada keluarganya serta teman dekatnya, pasti akan menyalahkan dirinya sendiri jika terjadi pembullyan.

Disini kami sarankan jangan anda selalu memikirkan kalau hidup anda memiliki hal yang buruk pada diri kita.

Kenapa?

Ini dikarenakan para pembully dapat melihat bahwa anda itu lemah, karena setiap masalah yang terjadi anda selalu menyalahkan diri sendiri. Jadi, jangan anda salahkan diri sendiri jika pembullyan terjadi pada diri anda.

6. Santai Jangan Terpancing Amarahmu

Apakah anda sedang mengalami pembullyan pada diri anda?

Mungkin anda dapat menenangkan hati dan jangan terpancing dengan amarah terhadap para pembully. Jika anda dibully dan anda terpancing emosi kepada mereka, dengan begitu mereka akan menganggap harga diri anda itu rendah.

Bahkan mereka juga menganggap kalau perbuatan yang dilakukannya itu berhasil, hal ini dapat membuat pembullyan yang mereka lakukan menjadi lebih berat lagi untuk diterima oleh anda.

Jika ingin hal tersebut tidak terjadi demikian, anda dapat melakukannya dengan santai dan jangan terpancing emosi pada proses pembullyan.

7. Jangan Lupa Selalu Berdoa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

Untuk cara mengatasi pembullyan terhadap diri anda, cara yang paling tepat ketika anda berdoa kepada Tuhan yang maha esa.

Cara yang seperti ini harus diperhatikan oleh anda, karena cara yang seperti ini merupakan cara yang paling tepat. Karena hal tentang berdoa lebih besar kuasanya untuk menghadapi masalah yang dihadapi dalam kehidupan kita.

Tapi perlu diingatkan kalau sudah berdoa dan tidak mencari solusi, tentu saja masalah tersebut tidak bisa diselesaikan. Jadi hal yang berdoa berkaitan dengan cara-cara mengatasi seperti yang ada diatas.

Perlu diingatkan menjadi salah satu korban bullying bisa terbawa hingga apabila anda sudah menjadi seorang dewasa.

Mungkin ketika sudah dewasa diri anda menjadi konsep yang negatif, selalu gagal dalam segala hal, harga diri menjadi rendah dan membuat hidup kita menjadi tak berguna lagi.

Jika anda ingin ini tidak terjadi apabila sudah dewasa, maka mulai dari sekarang ini anda dapat melakukan cara-cara mengatasinya. Mungkin cara yang ada diatas merupakan cara mengatasi bullying di sekolah paling baik. untuk artikel inspirasi lainnya silahkan kunjungi hitput.com

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *