Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Fungsi Dan Cara Menggunakan VPN Android

Pengertian, Fungsi Dan Cara Menggunakan VPN Android – Saat ini teknologi sudah semakin berkembang dengan pesat, karena itulah kita perlu mengetahui tentang VPN. Karena itulah pada kesempatan kali ini kami akan sampaikan pengertian, fungsi dan cara menggunakan VPN android.

Pengertian, Fungsi Dan Cara Menggunakan VPN Android

Pengertian, Fungsi Dan Cara Menggunakan VPN Android

Pengertian VPN

VPN yaitu singkatan dari “Virtual Private Network”, ini merupakan koneksi suatu jaringan ke jaringan lainnya. Ini dilakukan secara privat melalui jaringan internet.

Sering disebut dengan Virtual Network karena VPN ini menggunakan jaringan Internet, yang digunakan sebagai media perantaranya atau koneksinya, ini tidak secara langsung.

Dan disebut dengan Private Network karena VPN ini sifatnya privat, jadi hanya orang tertentu saja yang bisa mengaksesnya ini. Untuk data-data yang akan dikirimkan menggunakan VPN ini akan terenkripsi.

Jadi data yang dikirim cukup aman dan rahasianya tetap terjaga, meski data tersebut dikirm melalui jaringan internet.

Manfaat dan Fungsi VPN

1). Fungsi dari VPN

Berikut ini kami sampaikan fungsi dari teknologi Virtual Private Network, diantaranya sebagai berikut ini:

  • Kerahasiaan (Confidentially)

Virtual Private Network ini salah satu teknologi yang menggunakan jaringan internet atau jaringan public. Tentu saja ini sangat rawan sekali dengan pencurian informasi ataupun data, maka VPN menggunakan metode enkripsi, ini digunakan untuk mengacak data yang lewat.

Dengan adanya metode enskripsi ini tentu saja keamanan data Anda akan aman dan terjamin dari tidak kejahatan. Meskipun ada beberapa pihak yang bisa menyadap data Anda, melewati jaringan internet atau melewati jaringan VPN sendiri.

Tetapi yang menyadap data Anda tersebut belum pasti bisa membaca data tersebut. Ini dikarenakan data tersebut sudah teracak, jadi bisa disimpulkan fungsi confidentially ini agar data yang ada hanya bisa diakses oleh orang yang memang berhak saja.

  1. Keutuhan data (Data Integrity).

Yang kedua ada keutuhan data, bagi Anda yang memiliki teknologi VPN ini keutuhan data atau informasi dapat menjaga keutuhan data tersebut. Keutuhan tersebut akan terjaga dari data yang dikirimkan hingga data tersebut sampai di tempat yang di tujunya.

Dengan begitu data yang dikirimkan saat berada di jalan dapat terhindar dari berbagai macam gangguan. Misalnya saja data hilang, rusak, atau dimanipulasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

  1. Autentikasi sumber (Origin Authentication).

Teknologi ini memiliki kemampuan untuk melakukan autentifikasi pada sumber dari pengiriman data yang akan di terimanya. Dengan begitu VPN bisa melakukan pemeriksaan pada siapa data yang masuk dan mengakses informasi dari sumbernya.

Lalu alamat dari sumber data itu akan disetujui jika dalam proses autentifikasi ini berhasil.karena itulah VPN ini bisa menjamin semua data yang akan dikirimkan dan juga yang diterima berasal dari sumber yang memang benar-benar seharusnya. Jadi tidak ada informasi atau data yang dikirimkan oleh pihak lain dan data yang dipalsukan.

Berikut ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan VPN

  1. Kelebihannya dari VPN seperti di bawah ini:
  • VPN ini bisa dijadikan untuk solusi biaya yang lebih efektif, digunakan untuk suatu organisasi atau bisnis yang cukup besar dengan fasilitas jaringan komputer khusus.
  • VPN juga bisa meningkatkan mobilitas dari suatu organisasi atau bisnis yaitu bisa dengan langsung menghubungkan ke jaringan rumah atau para pegawai yang mobile pada organisasi tersebut.
  • Dan dapat menyesuaikan fitur keamanan.
  1. Ada juga kekurangan dari VPN :
  • Karena dalam penyediaan akses ke para pegawai secara global, faktor keamananlah yang menjadi suatu resiko. Hal ini bisa menempatkan informasi yang sensitif dari organisasi ataupun perusahaan, jadi dapat diakses secara global. Karena dalam penggunaan VPN memerlukan perhatian yang lebih untuk penetapan sistem keamanan yang cukup baik dan jelas.

Cara Menggunakan VPN di Android iOS Dengan Gratis

  1. Langkah pertama Anda harus mengunduh aplikasi Betternet VPN, bisa Anda download di goole play store atau di apple app store.
  2. Setelah itu tunggu hingga proses pengunduhan selesai, dan buka aplikasi tersebut.
  3. Set beberapa permissions dengan menekan tombol yang sesuai.
  4. Jika sudah selesai, setelah itu tekan tombol connet, dengan begitu aplikasi akan mencari server terdekat untuk memberikan akses yang lebih baik.
  5. Dan tunggu proses menghubungkannya, dengan begitu akan muncul tombol Change Region atau muncul tanda kunci dibar yang menunjukkan VPN telah aktif.
  6. Anda bisa mengganti server dengan menekan tombol Change Region tetapi sebagian besar server hanya bisa digunakan pada versi berbayar.
  7. Untuk mematikan VPN, pengguna dapat mengetuk tombol disconnect.

Nah, itulah tentang pengertian, fungsi dan cara menggunakan vpn android yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. semoga artikel pengertian, fungsi dan cara menggunakan vpn android ini bisa membantu Anda dan bisa bermanfaat untuk Anda. Terimakasih.

Updated: —

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018