Ciri-ciri Bibit Unggul Yang Layak Tanam

Ciri-ciri Bibit Unggul Yang Layak Tanam – Tanaman yang memiliki kualitas yang unggul tentunya juga berasal dari bibit yang unggul. Pemilihan bibit sebagai cikal bakal tanaman sangat berperan penting dalam menciptakan sebuah tanaman yang memiliki kualitas unggul. Setiap jenis tanaman memiliki ciri-ciri dan model bibit yang berbeda-beda.

Ciri-ciri Bibit Unggul Yang Layak Tanam

Ciri-ciri Bibit Unggul Yang Layak Tanam

Bibit yang unggul biasanya juga dijual dengan harga yang lebih mahal dibanding dengan bibit biasa, karena hasil yang didapat saat menanam bibit unggul tentunya juga pasti berbeda dengan yang biasa.

Jadi, hasil yang didapat sebanding dengan hasil yang diperoleh. Sebuah bibit bisa dikatakan unggul apabila memiliki beberapa ciri umum diantaranya adalah:

1. Pertumbuhan Bibit Seragam

Bibit dikatakan memiliki kualitas yang unggul apabila saat ditanam secara serempak, juga akan tumbuh secara serempak. Tak ada bibit yang sebagian tumbuh dengan sangat baik dan sebagian lainnya lagi mati. Jika memang ada bibit semacam itu berarti bibit tersebut tidak bisa dikatakan sebagai bibit yang berkualitas.

2. Tahan Saat Dipindah

Bibit berkualitas unggul memiliki ciri-ciri apabila saat dipindah dari tempat satu ke tempat lain tidak mati. Biasanya beberapa jenis bibit tanaman harus disiangi terlebih dahulu sebelum ditanam agar bisa tumbuh dengan baik.

Nah, jika bibit tanaman mudah mati dan tidak bisa tumbuh dengan baik saat dipindah dari tempat penyiangan ke dalam lahan tanam, berarti bibit tersebut kurang memiliki kualitas yang unggul.

3. Tumbuh Lebih Cepat

Selain itu, bibit yang memiliki kualitas unggul dapat tumbuh dengan cepat saat ditanam. Namun dengan catatan seperti yang telah disebutkan tadi, bahwa tumbuhnya juga harus seragam atau serempak. Jadi kesimpulannya, bibit yang berkualitas unggul tumbuhnya lebih cepat dan serempak.

4. Memiliki Akar Yang Banyak

Bibit yang berkualitas juga memiliki ciri-ciri memiliki akar yang banyak. Misal bibit padi yang memiliki akar serabut subur akan lebih cepat hidup dan tumbuh besar dibanding dengan yang akarnya sedikit, karena akar sendiri merupakan jalan masuk makanan untuk tumbuhan.

5. Kokoh dan Menghijau

Bibit tanaman yang berkualitas juga memiliki ciri-ciri fisik yang kokoh dan berwarna kehijauan alias tidak layu. Bibit seperti itu dapat tumbuh dengan cepat saat ditanam.

6. Tahan Terhadap Hama

Ciri-ciri bibit yang memiliki kualitas unggul adalah tahan terhadap berbagai macam serangan hama saat sudah ditanam. Bibit yang seperti ini dikatakan unggul karena bisa menghemat biaya perawatan karena tidak perlu lagi perlakukan khusus untuk menekan serangan hama pada tumbuhan. Selain itu bibit yang tahan hama akan mampu memberikan hasil panen yang baik.

7. Tahan Terhadap Perubahan Iklim

Salah satu ciri dari bibit tanaman yang memiliki kualitas unggul adalah yang tahan terhadap berbagai perubahan iklim saat sudah ditanam. Bibit yang tahan iklim akan membuat tanaman tidak mudah mati saat sudah ditanam dalam menghadapi perubahan iklim, misal dari penghujan ke kemarau, atau sebaiknya.

8. Produktivitas Tinggi

Hal terpenting yang dapat menandai bahwa bibit dikatakan unggul apabila hasil produk yang dihasilkan oleh bibit itu tinggi, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Biasa nilai ekonomis yang ditawarkan oleh bibit dengan tingkat produktivitas tinggi juga cukup mahal. Misal harga bibit jagung yang mampu menghasilkan 3 jagung di setiap pohon, lebih mahal dibanding dengan bibit jagung yang hanya bisa menghasilkan 2 buah jagung dalam 1 pohon.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *