Ciri-ciri Burung Perkutut yang Membawa Keberuntungan

Diposting pada

Ciri-ciri Burung Perkutut Keberuntungan – Menurut kepercayaan masyarakat yang berasal dari suku Jawa, burung perkutut diyakini dapat membawa keberuntungan bagi mereka yang memeliharanya.

Ciri-ciri Burung Perkutut yang Membawa Keberuntungan
Ciri-ciri Burung Perkutut yang Membawa Keberuntungan

Bukan hanya itu saja, menurut cerita leluhur, burung perkutut diyakini sebagai hewan jelmaan dari para pangeran yang berasal dari kerajaan majapahit.

Bahkan terdapat cerita lokal yang berkembang dalam masyarakat Jawa, yaitu apabila seseorang menemukan burung perkutut dengan tanda loreng pada bagian lehernya, maka orang yang menemukan burung perkutut tersebut akan bersama dengan pangeran Majapahit.

Bahkan burung perkutut dengan ciri-ciri demikian akan mendatangkan rejeki bagi orang yang menemukannya.

Jenis burung perkutut sendiri memang terdiri dari beraneka ragam jenis. Di antara banyaknya jenis burung perkutut, beberapa di antaranya terdapat di wilayah Indonesia.

Jenis-jenis burung perkutut yang ada di Indonesia antara lain burung perkutut Katuranggan, perkutut Songgo ratu, perkutut daringan, perkutut warna dan perkutut lurah.

Masing-masing burung perkutut tersebut tentu memiliki ciri khas yang berbeda-beda.

Berikut ini ciri-ciri dari berbagai jenis burung perkutut yang terdapat di wilayah Indonesia.

  1. Burung Perkutut Katuranggan

Burung perkutut yang satu ini memiliki ciri khas yang membedakannya dengan berbagai jenis perkutut lainnya. Ciri khas tersebut adalah perkutut Katuranggan mampu mengeluarkan suara kicauan yang sedikit berbeda dengan jenis perkutut lainnya.

  1. Burung Perkutut Songgo Ratu

Berbeda dengan perkutut Katuranggan, burung perkutut Songgo Ratu memiliki ciri khas berupa jambul. Selain itu, menurut cerita, burung perkutut yang satu ini diyakini sebagai jelmaan dari putra raja Bali yang pada masanya berusaha melarikan diri di kota Banyuwangi.

Burung perkutut Songgo Ratu juga termasuk salah satu jenis perkutut yang bagus untuk dipelihara di rumah.

  1. Burung Perkutut Daringan

Sedangkan, ciri-ciri perkutut daringan yaitu adanya garis-garis tanpa putus yang terdapat pada bagian leher. Selain itu, jenis burung perkutut ini juga dianggap bertuah bagi pasangan suami istri.

  1. Burung Perkutut Warna

Ciri khas dari perkutut jenis ini yaitu bagian bulunya yang didominasi oleh warna putih. Akan tetapi harga jual burung perkutut yang satu ini juga terbilang cukup mahal.

Bukan hanya itu saja, menurut cerita legenda, seseorang yang memelihara burung perkutut ini akan menjadi kaya.

  1. Burung Perkutut Lurah

Menurut kepercayaan yang berkembang di masyarakat, burung perkutut jenis ini diyakini mendatangkan rejeki bagi si pemiliknya. Selain itu, burung ini juga dapat mendatangkan kewibawaan bagi permiliknya.

Itulah ciri-ciri umum dari berbagai jenis burung perkutut yang ada di Indonesia. Pada umumnya, masyarakat memang meyakini jika burung perkutut akan mendatangkan rejeki serta keberuntungan bagi siapa saja yang memilikinya.

Lalu bagaimana ciri-ciri dari burung perkutut yang dapat membawa keberuntungan bagi pemiliknya? Berikut ciri-ciri burung perkutut pembawa keberuntungan.

  • Burung perkutut yang membawa keberuntungan yaitu yang memiliki warna putih di seluruh bagian tubuhnya, bahkan sayap dan ekornya juga berwarna putih polos.
  • Burung perkutut yang membawa keberuntungan juga ditandai dengan kedatangannya yang tiba-tida di depan rumah atau masuk di halaman rumah.
  • Ciri-ciri burung perkutut pembawa keberuntungan lainnya yaitu mudah ditangkap atau jinak, meski baru satu kali melihatnya.
  • Burung perkutut pembawa keberuntungan juga ditandai dengan paruhnya yang berwarna pink.

Itulah beberapa ciri-ciri atau tanda jika burung perkutut membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Namun sebagai penggemar burung, merupakan suatu kewajiban untuk selalu merawat burung yang dipeliharanya, baik yang membawa keberuntungan maupun tidak.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *