Ciri dan Fungsi Tanaman Teratai

Diposting pada

Ciri dan Fungsi Tanaman Teratai – Teratai merupakan salah satu tumbuhan yang hidup di air. ada beberapa ciri teratai sehingga ia dapat beradaptas dipermukaan air atau lingkungan dmana ia tumbuh.

Ciri dan Fungsi Tanaman Teratai
Ciri dan Fungsi Tanaman Teratai

Mungkin anda sering melihat bunga teratai yang mengapung di atas air dengan keindahan yang sangat menakjubkan. perlu dikatahui bahwa walaupun bunga teratai mengapung akar tanaman berada di dalam air atau bahkan bisa didasar air sehingga bisa disimpulkan bahwa teratai bukan hannya hidup sebagai tanaman mengapung melainkan juga bertahan hidup dari  dasar air.

Teratai memiliki tangkai daun cendrung tumbuh menjalar. sehingga helai daun teratai teliat terapung.

Teratai sendiri memiliki ciri yang mudah untuk bisa diliat yaitu daun yang memiliki bentuk yang bulat yang memiliki ukuran yanng besar dan tipis. daun teratai memiliki fungsi menyerap cahaya matahari dalam proses fotosintesis.

Selain fungsi tersebut daun teratai juga memiliki lapisan pembersih yang  memiliki fungsi sebagai pembersih daun dari segala kotoran.

Teratai juga mempunyai batang dan akar yang berongga yang mana tangkai bunga tumbuh dengan tegak, yanng membuat bunga teratai dapat muncul keluar dari permukaan air.

Sedangkan atangnya  memiliki ruang udara kecil yang berada didalamnya, rongga ini memiliki fungsi sebagai pembawa oksigen ke akar dan ke batang. walaupun kita ketahui bahwa akar dan batanng tannaman teratai didalam air dengan adanya rongga ini maka udara kan bisa masuk kedalam proses pernapasan.

Baca Juga : Klasifikasi Teratai

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *