Legenda Dan Asal usul Gatot Kaca

Diposting pada

Legenda Dan Asal usul Gatot Kaca – Gatotkaca adalah putra Bimasena dari keluarga Pandawa, putra Arimbi yang merupakan putri dari Kerajaan Pringgandani, negerinya bangsa raksasa. Ketika bayi namanya adalah Jabang Tetuka.

Legenda Dan Asal usul Gatot Kaca
Legenda Dan Asal usul Gatot Kaca

Hingga berusia 1 tahun tali pusarnya belum bisa dipotong menggunakan senjata apaun. Arjuna bertapa meminta petunjuk dewa untuk menolong keponakannya.

Karna di saat yang sama bertapa mencari pusaka. Wajah keduanya yang mirip, membuat Batara Narada memberikan senjata Kontawijaya kepada Karna, bukan Arjuna.

Setelah sadar, Narada menemui Arjuna. Arjuna mengejar Karna untuk merebut senjata Konta, akhirnya pertarungan terjadi. Karna berhasil lolos dengan senjata Konta. Arjuna hanya berhasil merbut sarung dari pusaka tersebut.

Sarung yang terbuat dari kayu mastaba itu bisa digunakan memotong tali pusar Tetuka. Hanya saja sarung itu musnah ke dalam perut Tetuka saat digunakan memotong. Kresna berpendapat kayu Mustaba itu akan menambah kekuatan bayi Tetuka dan membuatnya kelak tewas di tangan pemilik senjata Konta.

Tetuka kemudian diasuh oleh Narada di kahyangan yang sedang digempur Patih Sekipu dari Kerajaan Trabelasuket. Tetuka dihdapakan menjadi lawan Sekipu. Semakin dihajar, justru Tetuka semakin kuat.

Karena malu, Sekipu mengembalikan Tetuka ke Narada untuk dibesarkan. Narada menjeburkan Tetuka ke dalam kawah Candradimuka, Gunung Jamurdipa. Semua dewa melemparkan beragam jenis senjata ke dalam kawah.

Tetuka kemudian muncul sebagai lelaki dewasa. Semua pusaka dewa sudah menyatu di dalam tubuhnya. Kemudian Tetuka berhasil membunuh Sekipu dengan gigitan taring. Kresna memotong taring Tetuka dan memintanya berhenti menggunakan sifat raksasa.

Batara Guru (raja kahyangan) menghadiahkan Kotang Antrakusuma, Caping Basunanda dan Terompah Padakacarma untuk dikenakan Tetuka. Sejak saat itu namanya berubah menjadi Gatotkaca dan mampu terbang menuju Trabelasuket membunuh Kapapracona.

Gatotkaca sempat menikahi Pregiwa dan menjadi raja Kerajaan Pringgandani sebelum gugur pada perang Baratayuda. Meskipun ajalnya sudah tiba dan tewas dengan senjata Konta yang menyatu dengan sarung senjata Konta dalam tubuhnya.

Jasad Gatotkaca mampu menghancurkan kereta Karna dan menjadikan prajurit Korawa yang ada di sekitarnya tewas terkena pecahan kereta Karna tersebut.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *