Pengertian dan Jenis dari Kegiatan Survei Tanah

Diposting pada

Pengertian dan Jenis dari Kegiatan Survei Tanah – Survei adalah  semua upaya  teknik berupa  penelitian dengan memberi informasi  yang jelas atas data, penyelidikan, peninjaun di suatu wilayah,daerah tertentu.

Pengertian dan Jenis dari Kegiatan Survei Tanah
Pengertian dan Jenis dari Kegiatan Survei Tanah

Kegiatan mensurvei ialah  berupa  memeriksa, menyelidiki, meninjau.Orang yang melakukan kegiatan survei disebut penyurvey

Survei Tanah

Survei tanah adalah  semua serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk dapat membedakan tanah satu dengan yang lain yang kemudian dikemas dalam berbagai peta informasi.

Evaluasi lahan merupakan proses penilaian potensi suatu lahan untuk penggunaan tertentu. Bagaimanapun kegiatan evaluasi lahan  juga tidak terlepas dari kegiatan survei tanah.

Secara umum  yang dimaksud  survei tanah  ialah  semua  secara  komprehensif untuk memperoleh  gambaran secara menyeluruh tentang potensi  serta  kendala pada suatu hamparan lahan di suatu wilayah yang dilaksanakan oleh suatu sebuah team work yang dibiyai sendiri  ataupun oleh pihak lain.

Secara teknik  survei tanah dilakukan untuk mengetahui tingkat penyebaran, distribusi jenis tanah, lalu menentukan informasi konklusi untuk potensinya  tentang  berbagai alternatif penggunaan lahan  yang akan  diklola.

Adapun sebagai tujuan inti tindakan survei tanah adalah untuk mengklasifikasikan dan memetakan potensi tanah dengan cara mengelompokkan tanah yang sama ataupun  hampir sama sifatnya.

Survey tanah  menurut Rayes  terbagi tiga macam  metode Survey yakni :

  1. Metode Grid yaitu dengan menggunakan  upaya  prinsip pendekatan sintetik
  2. Metode fisiografi yakni dengan bantuan interpretasi foto udara atau menggunakan prinsip analitik
  3. Metode grid bebas yang berati merupakan kombinasi  dua buah metode  baik grid dan fisiografi dijalankan bersama  secara kombinasi saling melengkapi.

Secara umum pada pelaksanaan metode grid bebas, si pemeta  akan dibebaskan untuk memilih  lokasi titik pengamatan dalam mengkonfirmasi secara sistematis untuk menarik batas dan menentukan komposisi satuan peta.

Berkat kemajuan teknologi,kini  disiplin survei sumber daya lahan  telah memulai  era baru dengan  mulai bermunculan  berbagai  sarana teknologi yang memadai  antar lain:

  1. Teknologi Satelit atau  penginderaan jauh  yang  dimungkinkan hasilnya akan sama dengan foto udara. Dimana  teknologi ini  akan sangat membantu  dan sangat  bermanfaat untuk langkah  persiapan peta dasar dan klasifikasi  tutupan lahan.
  2. Teknologi GPS atau Global Positioning System dimana teknologi ini  yang sangat berguna  untuk menentukan  koordinat lokasi yang lebih pasti dan akurat.Sehingga  mampu menemukan teknologi pemetaan bawah permukaan, serta kemungkinan akan berkembangnya model elevasi digital atau  DEM  yang berguna  untuk memprediksi karakteristik  suatu medan.
  3. Teknologi Geostatistik serta teknik interpolasi lainnya.
  4. Sistem Infomasi Geografis
  5. Tahapan tahapan dalam Survei Tanah
  6. Pada tahapan persiapan  akan meliputi  tiga  hal utama, yaitu studi pustaka, peta topografi dan foto udara.

Namun berdasarkan intensitas  tingkat pengamatannya, survei tanahpun  juga dibedakan  menjadi  6 tingkatan survei,yakni  (1) Bagan, (2) Eksplorasi, (3) Tinjau, (4) Semi Detail, (5) Detail, dan (6) Sangat Detail.

Beberapa penjelasan  mengenai tingkat kerapatan pengamatan, skala, luas tiap 1 cm2 pada peta, satuan peta dan satuan tanah yang dihasilkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.