Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Markisa

Diposting pada

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Markisa – Buah markisa merupakan salah satu tanaman semak yang hidupnya menjalar, panjangnya kuang lebih sekitar 10 meter.

Batang markisa berukuran kecil, langsing, dan panjang sekali, berbentuk persegi, semu, lunak, halus, berwarna hijau kecoklatan.

Batangnya menyebar melalui sulur berbentuk pilin (spiral). Daun tanaman markisa berbentuk tunggal, lonjong, tersebar, panjang sekitar 7-20cm, lebar 5-15cm, tepi rata, ujung runcing, pangkal membulat, pertulangan menyirip, permukan licin, dan berwarna hijau.

Klasifikasi Tanaman Markisa

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Kelas : Dicotyledoneae
  • Sub divisi : Angiospermae
  • Bangsa : Parietales
  • Suku : Passifloraceae
  • Marga : Passitlora
  • Jenis/Spesies : Passiflora quadrangularis L., Granadilla buto

Morfologi Tanaman Markisa

Tanaman buah markisa memiliki bunga tunggal, bulat menyerupai seperti mangkok, memiliki kelamin dua (hermafrodit) dan menempel di ketiak daun, tangkainya bergerigi, memiliki panjang sekitar 3 hingga 4 cm berwarna hijau, mahkota buah markisa berbentuk lonjong, permukaannya beralur, warna ungu.

Benang sari bertangkai, bentuk tabung, panjang sekitar 6cm berwarna ungu, kepala sari berbentuk silindris dengan panjang sekitar 6cm warna putih, putiknya pendek warna kuning dengan kelopak bunga berbntuk lonjong warna hijau.

Semua jenis markisa yang yang memiliki nama latin Passiflora ini termasuk dalam tanaman buah penyerbuk silang yang dapat dilakukan dengan bantuan lebah madu.

Penyerbukan pada buah markisa sendiri masih dapat berlangsung dengan baik. Untuk mendapatkan hasil panen buah markisa yang maksimal, biasanya penyerbukan pada tanaman buah markisa dilakukan oleh manusia seperti halnya proses penyerbukan yang terjadi pada tanaman fanily.

Buah Markisa sendiri berbentuk lonjong dengan panjang kurang lebih sekitar 20 cm, berdiameter kirang lebih 15 cm dengan berat total sekitar 3 hingga 5 kilogram, berwarna hijau ke putih putihan.

Buah markisa yang sudah masak atau ranum pada umumnya berwarna kekuningan dan memiliki aroma khas harum buah markisa.

Biji buah markisa berbentuk bulat pipih, panjangnya sekitar 0,3 cm, berwarna putih. Akar tanaman buah markisa adalah akar tunggang berwarna putih kotor.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *