Pengertian, sumber, akibat dan cara mengatasi pencemaran air

Pengertian, sumber, akibat dan cara mengatasi pencemaran air – Didalam kehidupan semua makhluk hidup pasti membutuhkan air. Tanpa adanya air maka tidak akan ada kehidupan didunia, karena air ini menjadi sumber kehidupan. Dan sangat berbahaya sekali jika air didunia ini mendadak hilang.

Pengertian, sumber, akibat dan cara mengatasi pencemaran air

Pengertian, sumber, akibat dan cara mengatasi pencemaran air

Ada banyak fungsi yang bisa kita manfaatkan dari air ini, misalnya untuk minum, mandi, mencuci, irigasi dan msaih banyak lagi. Air yang akan dikonsumsi harus air yang bersih dan memiliki warna yang jernih, dan tidak menimbulkan bau.

Baca Juga :

Tetapi ironisnya saat ini pertumbuhan penduduk dan perindustrian semakin pesat. Ini menjadi banyak air yang tercemar oleh polutan. hal ini bisa Anda lihat didaerah yang padat penduduk, dimana sungai sudah banyak sampah menumpuk. Hal ini bisa membuat kualitas air menjadi buruk.

Pengertian pencemaran air

Seiring pesatnya perkembangan teknologi, saat ini bermunculan berbagai mesin pengolahan yang lebih efektif dan efesien dalam memproduksi barang dan jasa. Namun ada kabar buruk lainnya yaitu limbah dan populasi yang dihasilkannya.

Pencemaran air ini merupakan salah satu keadaan dimana ada berbagai zat asing yang masuk dalam air. Ini merusak atau bahan ini dikenal dengan polutan, sebuah benda bisa dikatakan sebagai polutan jika memiliki kadar yang sudah melampaui batas.

Dan berada di tempat dan waktu yang tidak tepat, jenis polutan ini dapat berupa bahan kimia, paparan radiasi dan sebagainya. Polutan yang terdapat dilingkungan tertentu ini bisa merusak lingkungan, tetapi tergantung dengan seberapa besar kandungan polutan yang ada dilingkungan tersebut.

Tentu saja semakin besar jumlah dari polutan maka akan semakin rusak sebuah lingkungan yang terkena polutan tersebut, begitu pula sebaliknya. Pencemaran air ini terjadi jika ada polutan yang masuk kedalam air, seperti xat kimia atau unsur lainnya.

Ini dapat merubah bentuk asli misalnya saja air, ini bisa berubah warna dan mengeluarkan bau tidak enak.  Zat yang biasanya mencemari yakni zat fosfat ini berasal dari deterjen yang digunakan untuk mencuci pakean.

Adanya kebocoran bahan bakar minyak dari kapal atau tangki yang tumpah, adanya logam berat hasil buangan dari pabrik. Dan limbah organic yang dihasilkan dari sampah rumah tangga dan juga kotoran hewan.

Sumber Pencemaran Air

Ada banyak sekali sumber dari pencemaran air, seperti sampah yang berasal dari masyarakat. Iti bisa berasal dari limbah rumah tangga ataupun limbah pertanian dengan skala kecil maupun skala besar.

Pada saat ini sudah tercatat ada beberapa jenis polutan, yang bisa membuat pencemaran air yaitu : Sumber bahan yang mengandung bibit penyakit, sebuah limbah yang membutuhkan oksigen yang tinggi atau limbah yang membutuhkan waktu lama untuk terurai.

Bahan tersebut memiliki dampak buruk dan berbahaya bagi kesehatan manusia. Berikut ini ada beberapa sumber pencemaran air:

  • Limbah industri biasanya dari pabrik
  • Limbah pertanian
  • Limbah rumah tangga

Akibat Pencemaran Air

Akibat dari pencemaran air ini bisa mengakibatkan pada banyak hal negatif misalnya:

  • Dapat menyebabkan banjir.
  • Dapat menyebabkan Erosi
  • Kekurangan sumber air.
  • Bisa menjadi sumber penyakit
  • Bisa mengakibatkan tanah Longsor.
  • Dapat merusak Ekosistem sungai.
  • Kerugian untuk Nelayan.

Cara Menangani Pencemaran Air

Karena akibat adanya penyemaran air ini menimbulkan hal yang tidak baik dan tentu saja berbahaya bagi kesehatan.

Sebab itulah pencemaran air ini harus diberikan solusi, agar tidak terus-terusan terjadi, dan ekosistem bisa berlangsung seperti seharusnya. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani pencemaran air.

1). Menghemat Air

untuk cara menangani air yang tercemar yang pertama yakni dengan menghemat air, karena metode ini bisa menjadi cara yang ampuh. Kanapa hal ini bisa menjadi salah satu solusinya?

Ini dikarenakan semakin dikit menggunakan air, maka jumlah pencemaran yanag akan terjadi juga semakin sedikit. Hal ini sangat baik dan bisa menjaga agar air bersih didunia ini tetap terjaga.

2). Membuang Sampah pada Tempatnya

salah satu hal yang harusa Anda lakukan dan perhatikan dalam menangani pencemaran air yakni dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Alangkah baiknya jika Anda bisa memilah mana sampah organic dan mana sampah yang anorganik, atau limbah kimia dan lainnya.

Jika sampah sudah ditentukan atau dikelompokan berdasarkan jenisnya maka untuk membuangnya juga akan lebih mudah. Seperti yang sudah Anda ketahui dalam membuangnya memiliki cara pembuangan yang berbeda.

3). Awasi Penggunaan Pupuk Kimia dan Pestisida

Seperti yang Anda ketahui jika pupuk kimia dan pestisida sangat membantu sekali para petani untuk menyuburkan tanaman.

Namun tidak hanya itu saja pupuk ini bisa membantu membunuh hama, tetapi perlu Anda ketahui jika air yang sudah terkontaminasi oleh pupuk ini sudah tdiak layak dikonsumsi. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mengganti pupuk kimia dengan pupuk kompos yang alami.

Nah, itulah artikel tentang pengertian, sumber, akibat pencemaran dan cara mengatasi populasi air yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untuk kita semua, terimakasih.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *