Pengertian Administrasi Keuangan Adalah : Manfaat, Fungsi dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Administrasi Keuangan Adalah : Manfaat, Fungsi dan Contoh Administrasi Keuangan – Apakah anda sudah mengetahui tentang admistrasi keuangan, mulai dari Pengertiannya, Manfaat, Fungsi dan Contohnya?

Pengertian Administrasi Keuangan Adalah : Manfaat, Fungsi dan Contohnya
Pengertian Administrasi Keuangan Adalah : Manfaat, Fungsi dan Contohnya

Mungkin anda adalah orang yang paling tepat ketika membaca artikel dari kami ini. Karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai dari administrasi keuangan.

Nah dibawah ini merupakan sebuah tentang admistrasi keuangan yang dapat dilihat dari Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Contohnya. Berikut ulasannya.

Pengertian Administrasi Keuangan

Administrasi Keuangan me rupakan sebuah upaya yang dapat mencakup semua aktivitas tentu saja ini berhubungan dengan sistem keuangan sehingga dapat mencapai satu tujuan mereka pada setiap organisasi atau perusahaan.

Selain Administrasi Keuangan dapat didefinisikan dari dua sudut pandang yang berbeda, seperti

  • Dari Arti Sempit

Administrasi Keuangan merupakan sebuah aktifitas dimana berhubungan dengan pencatatan dari pemasukan serta pengeluaran yang dilakukan oleh tiap-tiap organisasi atau perusahaan. Ini berupa bentuk dari tata usaha dan tata pembukuan pada keuangan.

  • Dari Arti Luas

Administrasi Keuangan merupakan salah satu kebijakan yang mengenai pengadaan untuk pemakaian pada sistem keuangan organisasi sehingga ini dapat membantu suatu kegiatan yang ingin dilakukan oleh organisasi tersebut.

Ini seperti bentuk untuk perencanaan serta pengaturan dan pertanggungjawaban dalam pengawasan keuangan.

Selain ada juga pengertian dari ahli yang bernama The Liang Gie dimana ia mengatakan bahwa Administrasi Keuangan adalah salah satu proses dari perencanaan dalam penyedia dan penggunaan uang terhadap organisasi atau pengusaha.

Dia mengartikan juga kalau Administrasi Keuangan merupakan kegiatan yang membentuk penataan keuangan sehingga dapat menyusun anggaran dari perbelanjaan dan dapat menentukan sumber dana dari pemakaian sampai pembukuan.

Manfaat Administrasi Keuangan

Setelah kita mengetahui tentang pengertian dari Administrasi Keuangan, tentu saja kita ingin mencari tahu tentang manfaat dari Administrasi Keuangan.

Secara umum Administrasi Keuangan memiliki 3 manfaat yang dapat dilihat oleh anda sendiri dengan melalui pembahasan dibawah ini.

  • Pencatatan dari penerimaan serta pengeluaran akan menjadi lebih teratur.
  • Ini dapat membuat sebuah dana akan menjadi lebih terkoordinasi, terkendali dan bermanfaat.
  • Dengan memiliki Administrasi Keuangan, maka ini akan membuat sesuatu kekeliruan pada pembuatan laporan dari keuangan bisa diminimalisir.

Fungsi Administrasi Keuangan

Dari pembahasan diatas dimana kita sudah mengerti dengan pengertian serta manfaatnya, Administrasi Keuangan juga memiliki fungsi. Untuk fungsi dari Administrasi Keuangan anda bisa baca pada ulasan yang ada dibawah ini.

1. Fungsi Investasi

Fungsi dari Investasi dari hal ini merupakan segala aktivitas yang dapat mengelola dana ke aktiva-aktiva untuk digunakan dalam pencapaian suatu tujuan dari organisasi.

Sebuah Investasi bisa didapati pada pada yang berasal dari organisasi atau mungkin bisa dari luar. Investasi ini bisa dibedakan menjadi dua jenis, seperti.

  • Investasi dalam waktu yang pendek, misalnya piutang, persediaan, kas dan lain sebagainya.
  • Investasi dalam waktu yang panjang, misalnya kendaraan, peralatan produksi, gedung, tanah dan lain sebagainya.

2. Fungsi Mencari Dana

Dalam hal yang seperti ini fungsi dari mencari dapat sebagai  pencarian modal sehingga bisa membiayai semua kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh organisasi tersebut.

Selain itu, ini sangat berfungsi untuk memilih suatu dana yang dapat dipilih dari berbagai sebuah sumber dana pada masing-masing keperluan.

Ini berarti kita dapat dibebaskan untuk memilih dana yang berasal dari pinjaman , baik itu jangka yang lebih pendek sehingga dapat menjadikab suatu modal dari perusahaan itu sendiri.

3. Fungsi Perbelanjaan

Dimana ini merupakan suatu kegiatan dari kaitan yang dapat digunakan dan dapat dibiayai oleh dana milik sendiri maupun dari luar. Dengan begitu ini dapat berfungsi sebagai sebuah produksi yang dapat mendukung proses produksi.

4. Fungsi Pembagian Laba

Selain itu Administrasi Keuangan juga berfungsi untuk pembagian laba dimana ini merupakan pembuatan serta penentuan pada aturan kegiatan sehingga ini dapat menguntungkan dari hasil usaha.

Fungsi untuk yang satu ini dapat dimasukkan pada fungsi mencari dana. Maksudnya ini berarti sebuah perusahaan yang berupaya untuk mengembangkan suatu usaha dari perusahaan pada dana atau modal perusahaan tersebut.

Contoh Administrasi Keuangan

Nah bagi anda semua yang belum tahu tentang sebuah contoh dari administrasi keuangan, kami disini akan membahasnya secara detail. Contoh dari administrasi keuangan biasanya seperti anda melakukan laporan-laporan seperti yang ada dibawah ini.

1. Contoh Administrasi Keuangan Arus Khas

Contoh Administrasi Keuangan Arus Khas
Contoh Administrasi Keuangan Arus Khas

Contoh yang paling pertama ini merupakan salah satu laporan atau informasi yang berisi tentang investasi, aktivitas operasional, saldo awal dan akhir serta finansial.

2. Contoh Administrasi Keuangan Laba Rugi

Contoh Administrasi Keuangan Laba Rugi
Contoh Administrasi Keuangan Laba Rugi

Untuk contoh yang seperti ini merupakan sebuah data yang mengenai besarnya sejumlah laba dan rugi serta sejumlah pendapatan dan pengeluaran yang ada pada suatu periode tertentu.

3. Contoh Administrasi Keuangan Neraca

Contoh Administrasi Keuangan Neraca
Contoh Administrasi Keuangan Neraca

Salah satu contoh administrasi keuangan adalah sebuah laporan neraca dimana ini menunjukkan kalau harta dan asset (aktiva), utang atau mungkin sebuah kewajiban dan modal pada setiap periode itu tertentu.

4. Contoh Administrasi Keuangan Buku Besar

Contoh Administrasi Keuangan Buku Besar
Contoh Administrasi Keuangan Buku Besar

Pada contoh yang satu ini terdapat sebuah informasi tentang transaksi dari hasil postingan untuk jurnal yang berlaku pada setiap periode tertentu.

5. Contoh Administrasi Keuangan Kartu Utang

Contoh Administrasi Keuangan Kartu Utang
Contoh Administrasi Keuangan Kartu Utang

Kartu utang merupakan salah satu buku yang dapat dapat membantu mencatat sebuah utang secara lengkap

6. Contoh Administrasi Keuangan Kartu Piutang

Contoh Administrasi Keuangan Kartu Piutang
Contoh Administrasi Keuangan Kartu Piutang

Untuk contoh yang terakhir ini merupakan sebuah buku yang dapat membantu kita untuk mencatat semua piutang secara lengkap.

Sampai disini dulu pembahasan kita kali ini, semoga melalui pembahasan ini anda dapat mengetahui tentang apa itu Administrasi Keuangan.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *