Pengertian Analisis Teknikal Adalah Kekurangan dan Kelebihan Menggunakannya

Diposting pada

Pengertian Analisis Teknikal Adalah Kekurangan dan Kelebihan Menggunakan Analisis Teknikal – Analisis teknikal dan fundamental adalah sesuatu yang niscaya dalam trading.

Pengertian Analisis Teknikal Adalah Kekurangan dan Kelebihan Menggunakan Analisis Teknikal
Pengertian Analisis Teknikal Adalah Kekurangan dan Kelebihan Menggunakan Analisis Teknikal

Setiap trader selalu memiliki cara tersendiri dalam menggunakan analisis mereka dengan tepat, baik itu analisis teknikal maupun fundamental. Semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Seseorang trader sukses umumnya menggunakan waktu terbesarnya untuk menganalisis dan merumuskan pergerakan chart, memantau berita dari beragam sumber yang tidak terbatas.

Analisis teknikal biasanya dilandasi asumsi kuat bahwa harga senantiasa berkelindan dengan informasi yang ada.

Karenanya, trader yang teguh dengan analisi teknikal senantiasa mengekplorasi berita, serta melihat bagaimana sebuah berita di masa lampau mempengaruhi pergerakan chart.

Hal itu diperlukan agar dapat memprediksi seberapa besar probabilitas chart bergerak, apakah bullish atau bearish, serta seberapa banyak chart bakal bergerak.

Selama ini analisi teknikal dianggap sebagian orang sebagai sesuatu yang sulit dan merepotkan. Memang benar, metode ini memerlukan kemampuan khusus dalam memprediksi pergerakan mata uang asing.

Hal ini dikarenakan adanya pendekatan secara eksakta di mana para trader butuh perhitungan matematika. Di samping itu juga harus bisa membaca grafis maupun statistik lainnya.

Kelebihan Analisa Teknikal

  • Dapat diaplikasikan pada seluruh market, instrumen dan time frame. Harga, pola grafik, oscillator, dan berbagai indikator dalam analisis ini dapat ditafsirkan dengan cara yang sama. Berbeda dengan analisa fundamental yang mengharuskan seorang analis harus paham betul dari setiap saham atau pasar, dalam analisi teknikal tidak ada pembelajaran baru yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi pasar atau time frame baru.
  • Tidak perlu mempelajari berita fundamental dari pasar yang ditradingkan. Semua informasi yang mempengaruhi atau berpotensi mempengaruhi harga saham atau pasar tertentu telah tergambar jelas dalam grafik.
  • Berbeda dengan analisis fundamental dimana hampir semua data disajikan dalam bentuk angka, analisa teknikal memberikan penafsiran secara visual yang jelas dari pola tingkah laku pasar.
  • Pada analisis teknikal harga masuk dan keluar yang merupakan indikasi potensi bullish atau bearish diberikan secara jelas sesuai time frame. Hal itu juga berguna untuk menunjukkan potensial waktu entry melalui teknik poyeksi waktu yang tidak tersedia para fundamentalis. Salah satu kelemahan analisa fundamental adalah tidak mampu memberikan harga atau waktu pas kapan memasuki pasar.
  • Pada analisa teknikal, pengukuran risiko pasar bisa lebih mudah dilihat. Tingkat pergerakan (Volatilitas) terlihat lebih jelas pada chart daripada jika disajikan dalam bentuk angka.
  • Gambaran tingkat usaha dari pelaku pasar bereaksi secara signifikan dan secara jelas pada harga membantu para pelaku pasar membentuk reaksi yang dibutuhkan pada suatu transaksi
  • Kelebihan lain dari analisi teknikal adalah history, dan ini yang paling menarik. Pergerakan harga biasanya selalu mengulang dari history yang telah pernah terbentuk. Grafik yang berulang secara konstan memberikan informasi harga yang pernah terbentuk di masa lampau dari time frame yang ada.

Kekurangan Analisis Teknikal

  • Analisis teknikal adalah suatu hal yang bias. Analisis teknikal sebenarnya bukan suatu hal yang pasti. Sifatnya menghitung kemungkinan kemana chart bakal bergerak.
  • Analisis teknikal bakal menyebabkan banyak interpretasi. Lumrah saja, setiap trader mempunyai penafsiran yang beragam atas data/informasi yang sama. Sebagian trader melihat suatu angka serta harga sebagai satu dukungan akan tetapi sebagian lainnya melihat sebagai satu resistance. Dengan kata lain, sangat subjektif dalam penafsiran.
  • Seringkali terlambat. Akurasi dari analisis teknikal tak dapat berjalan lama. Bisa jadi saat membuat analisis, analisis teknikal masih berlaku, namun sampai dengan beberapa jam kemudian analisis ini telah jadi begitu terlambat untuk dieksekusi.
  • Grafik menyajikan histori pergerakan harga. Agar dapat melakukan identifikasi dengan baik latihan dan pengalaman yang cukup. Membuat penafsiran pergerakan harga berdasarkan harga yang telah lalu bukanlah sesuatu gampang dikuasai. Misalnya, meskipun pola grafik klasik dapat diterapkan secara sama di seluruh time frame dan seluruh market, selalu ada hal-hal yang membedakan antara satu time frame dengan time frame lain dan suatu market dengan market lainnya.
  • Random walk theory yaitu suatu teori yang mengatakan bahwa tidak ada satu cara pun yang dapat meramalkan harga di pasar dan pola yang berulang didalamnya. Mengunakan analisa teknikal seperti pola grafik pada grafik adalah sesuatu yang mengada-ada dan sekadar tebakan belaka.

Macam-Macam Bentuk Dari Analisis Teknikal

Pola grafik dalam analisi teknika terbagi menjadi dua yaitu reversal pattern (pembalikan) dan continuation pattern (lanjutan).

Pola yang terbentuk dalam reversal pattern (pembalikan) antara lain:

  • Head and Shoulder
  • Double Top
  • Double Bottom
  • Triple Top
  • Rounding Bottom

Pola yang terbentuk dalam continuation pattern antara lain:

  • Flag
  • Pennants
  • Triangle
  • Wedge

Jika trader hanya belajar analisa teknikal dan menggunakannya selama transaksi, maka peluang keuntungan makin sedikit.

Puluhan jenis mata uang dari seluruh dunia terus bergerak secara fluktuatif mengikuti perkembangan ekonomi, bahkan perkembangan faktor selain ekonomi, politik, keamanan, kondisi alam dan sebagainya.

Bisa dibayangkan jika trader hanya berpatokan pada hasil perhitungan statistik semata, tentu tidak cukup. Supaya analisis menjadi lebih optimal trader musti rajin membaca berita dan setiap saat meningkatkan wawasan mengenai perkembangan ekonomi global.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *