Pengertian Bunga Sempurna

Diposting pada

Pengertian Bunga Sempurna – Bunga sempurna merupakan bunga yang memiliki dua alat reproduksi yaitu alat kelamin jantan dan betina secara bersamaan dalam satu bagian.

Pengertian Bunga Sempurna
Pengertian Bunga Sempurna

Bunga sempurna sering disebut dengan istilah bunga hemaprodit, karena mempunyai putik dan benang sari di dalam organ yang sama.

Sehingga, mampu melakukan proses penyerbukan dan pembuahan sendiri. Jika bunga sempurna tersebut memiliki semua bagian-bagian utama, bunga tersebut dapat digolongkan kedalam bunga lengkap.

Artinya, bunga lengkap meupakan bunga sempurna. Akan tetapi, dalam beberapa kasus.

Tidak semua bunga sempurna termasuk dalam golongan bunga lengkap, karena terdapat kekurangan satu atau lebih bagian utama yang dimiliki bunga tersebut.

Bagian-bagian utama yang dimiliki bunga sempurna

Bagian-bagian utama pada bunga sempurna antara lain ;

Kelopak  Bunga

Bagian ini merupakan bagian bunga yang terdapat pada tempat yang paling dekat dengan tangkai bunga.

Bentuknya tidak terlalu indah atau bagus, jika di bandingkan dengan mahkota bunga. Namun jika dibandingkan dengan bagian-bagian yang lain, kelopak bunga memiliki bentuk dan warna yang lebih baik.

Kelopak bunga merupakan tempat melekat atau menempelnya mahkota bunga. Memiliki bentuk yang indah dari pada bagian bunga yang lain, namun masih indah mahkota bunga.

Umumnya memiliki warna hijau muda hingga hijau tua, tetapi ada yang memiliki warna yang menyerupai warna mahkota bunga.

Mahkota Bunga

Mahkota merupakan bagian bunga yang paling indah pada bunga, karena memiliki berbagai macam warna yang cerah dan seduktif.

Berfungsi sebagai pemikat serangga penyerbuk. Membantu dalam proses reproduksi tanaman. Memiliki bentuk yang bervariasi, sesuai dengan fungsi, dan jenis tanaman tersebut.

Benang Sari

Bagian ini merupakan alat kelamin jantan pada tanaman, dengan bentuk yang mirip antena atau benang dan memiliki bentuk tumpul di bagian atas yang dinamakan kepala putik.

Tugas utama benang sari sebagai penghasil serbuk sari dan rumah gamet jantan. Benang sari, umumnya ditemukan di tengah bunga. Dan

Putik

Bagian ini merupakan alat kelamin betina paqda bunga, berbentuk corong terbalik dengan lubang pada bagian atasnya, dan bentuknya melebar pada bagian pangkal atau bawah.

Di dalam putik, terdapat bakal biji yang jika dibuahi oleh benang sari akan menghasilkan biji buah.

Pada masing-masing bunga sempurna, memiliki keempat bagian bunga tersebut.

Baca Juga :

Andai terdapat bunga yang tidak memiliki salah satu dari keempat bagian utama tersebut, maka dapat disimpulkan jika bunga tersebut termasuk dalam bunga tidak sempurna.

Contoh-contoh Bunga  Sempurna

Berikut beberapa contoh bunga yang termasuk dalam golongan bunga sempurna antara lain ;

  • Bunga Strawberry,
  • Bunga Kopi,
  • Bunga Kamboja,
  • Bunga Alamanda,
  • Bunga Sepatu
  • Bunga Tomat, Bunga Matahari, dan
  • Bunga Mawar.
Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *