Pengertian dan Manfaat Cinta Menurut Para Ahli

Pengertian Cinta : Manfaat Cinta – Jika Anda sudah pernah jatuh cinta pada seseorang, Anda pasti tau bahwa cinta itu menyenangkan, namun terkadang juga memberikan perasaan sakit yang amat mendalam, terutama apabila cinta tersebut tidak berbalas.

Jika Anda belum mengenal cinta, Anda pasti pernah mendengarnya dari orang-orang di sekitar Anda, maupun dari film yang pernah Anda tonton.

Namun, apakah Anda yakin bahwa Anda sudah benar-benar mengetahui apa itu cinta? Bagaimana membedakan antara perasaan cinta dan suka?

Menurut Stenberg (1988), cinta adalah salah satu bentuk emosi manusia yang sangat dalam dan diharapkan oleh seseorang.

Manusia mungkin melakukan apapun demi cinta, baik berbohong, menipu, mencuri bahkan hingga membunuh. Cinta bisa terjadi pada setiap orang dengan berbagai tingkatan usia.

Sementara itu, Master (1992) memiliki pendapat yang lain tentang cinta. Ia mengatakan bahwa cinta merupakan tugas yang sangat sulit dan bukan hanya tentang hubungan antara pria dan wanita, melainkan juga cinta yang dirasakan kepada anak, orangtua, saudara atau Tuhan.

Hendrick (1992) menyatakan bahwa tidak ada fenomena yang bisa menggambarkan cinta.

Oleh karena itu, ia menyimpulkan cinta sebagai keadaan emosional dan mental yang kompleks dan berbeda-beda tergantung pada individu yang merasakannya.

Berdasarkan berbagai definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa cinta merupakan keadaan emosional dan mental yang sifatnya kompleks dan mampu mempengaruhi cara berpikir, perasaan, hingga tindakan dan perilaku seseorang.

Para ahli juga mengungkapkan bahwa ada manfaat yang sangat berlimpah dari cinta. Beberapa diantaranya adalah :

  • Meningkatkan kesejahteraan satu sama lain

Ketika seseorang jatuh cinta dengan orang lain, maka ia akan ingin meningkatkan kesejahteraan dari orang yang dia cintai maupun kesejahteraan dirinya sendiri.

Di satu sisi, hal ini adalah hal yang baik karena secara keseluruhan kondisi ekonomi pribadi juga akan meningkat.

Namun di sisi lain, hal ini mungkin akan menjadi tekanan yang buruk bagi orang yang mereka cintai apabila tuntutan dari orang tersebut terlalu tinggi.

  • Mengalami kebahagiaan bersama orang lain

Ketika kebahagiaan diperoleh hanya dari hal-hal duniawi seperti uang atau materi, hal tersebut tidak akan bertahan lama dan cenderung tidak sehat.

Sebaliknya, jika kebahagiaan diperoleh karena kebersamaan dengan orang yang dicintai, kebahagiaan tersebut akan lebih sehat karena Anda akan berusaha untuk membahagiakan orang yang Anda cintai.

  • Menghargai seseorang yang dicintai

Dengan mengenal cinta, Anda akan belajar bagaimana caranya menghormati seseorang, baik menghormati keinginan, harapan hingga privasi mereka.

Tentu saja hal ini akan sangat membantu di kehidupan sehari-hari karena Anda juga akan terbiasa menghargai orang lain meskipun mereka bukan orang yang Anda cintai.

  • Menyelesaikan masalah secara bersama-sama

Apabila Anda belum menemukan orang yang Anda cintai, mungkin Anda akan cenderung untuk berusaha menyelesaikan masalah yang Anda hadapi sendirian.

Hal itu tidak masalah untuk dilakukan, namun ada beberapa saat ketika masalah yang dihadapi tidak bisa diselesaikan sendiri dan membutuhkan kerjasama satu sama lain.

Ketika Anda menemukan orang yang Anda cintai, maka Anda akan cukup percaya pada mereka untuk meminta bantuan mereka.

  • Memiliki pemahaman mendalam satu sama lain

Ketika Anda mencintai seseorang, pasti terdapat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh mereka.

Terkadang seseorang cenderung ingin mengubah sifat maupun karakter orang lain yang tidak mereka sukai.

Namun, setiap orang memiliki keunikannya masing-masing dan tidak semua kekurangan bisa diperbaiki.

Dengan jatuh cinta, Anda akan memahami bahwa kekurangan maupun kelebihan seseorang adalah bagian dari diri mereka dan Anda akan belajar untuk menerima orang lain apa adanya.

  • Saling menghargai dan berbagi banyak hal

Dengan mencintai seseorang, Anda akan belajar untuk berbagi dengan orang yang Anda cintai, baik dari segi materi maupun emosional.

Tentu saja hal ini akan menjadi pelajaran yang sangat berharga dalam kehidupan sehari-hari karena ketika bersosialisasi memang kadang membutuhkan sifat untuk rela berbagi dengan orang lain.

  • Memiliki kondisi emosional yang sehat

Dengan memiliki seseorang yang Anda cintai, maka Anda akan bisa saling memberikan bantuan emosional satu sama lain.

Ketika keadaan sulit, terkadang seseorang akan mudah terpuruk hingga mengalami depresi.

Namun dengan adanya cinta, maka akan lebih mudah untuk melupakan hal-hal yang buruk dan berusaha untuk bangkit kembali.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan komunikasi intim yang sifatnya mendalam kepada orang yang Anda cintai.

Meskipun dalam kehidupan sehari-hari mau tidak mau setiap orang kadang tidak bisa jujur dan menjadi dirinya sendiri, namun hal itu mungkin dilakukan di hadapan orang yang mereka cintai. Tentu saja, hal ini juga akan meningkatkan kesehatan mental seseorang.

Itu dia pengertian dan beberapa manfaat dari cinta yang bisa Anda peroleh. Bagi Anda yang sudah menemukan cinta, Anda sebaiknya menjaga baik-baik orang yang Anda cintai karena cinta adalah hadiah terbesar yang mana tidak semua orang bisa memperolehnya.

Sebaliknya jika Anda belum menemukan cinta, nikmati saja dulu kehidupan sehari-hari Anda.

Percayalah bahwa suatu saat nanti sosok yang spesial itu akan bisa Anda temui di tempat yang tidak terduga.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *