Pengertian Contoh dan Fungsi Hutan Heterogen

Diposting pada

Pengertian Contoh dan Fungsi Hutan Heterogen – Hutan adalah sebuah lingkungan yang sangat akrab bagi orang Indonesia, dimana Indonesia sendiri memiliki hutan yang luar biasa yang merupakan paru-paru dunia.

Area hutan di Indonesia memanglah sangat luar meskipun begitu area hutan Indonesia semakin lama semakin berkurang karena tindakan dari mereka yang kurang bertanggung jawab.

Pengertian Contoh dan Fungsi Hutan Heterogen
Pengertian Contoh dan Fungsi Hutan Heterogen

Seperti yang kita tahu bahwa hutan dibagi dalam bebera jenis hutan. Jenis ini sendiri dikelompokkan dari beberapa golongan, yakni : Hutan berdasarkan iklim, Hutan berdasarkan Jenis pohonnya, Hutan berdasarkan Kegunaannya, Hutan berdasarkan proses terjadinya, dan kemudain hutan berdasarkan tempatnya.

Sudah tahu kan sekarang bahwa ada banyak macam jenis hutan, untuk yang berdasarkan musin saja sudah memiliki sembilan jenis hutan yang salah satunya ada di Indonesia yakni hutan hujan tropis.

Namun saat ini kita tidak membahas tentang hutan dari semua kategorinya. Kita akan memforkuskan pembahasan kita pada salah satu golongan yakni hutan menurut jenis pohonnya, yang terdapat dua jenis, yakni hutan homogen dan hutan heterogen.

Dan yang kita pilih untuk dibahasa dalam artikel ini yakni hutan heterongen. Seperti yang sudah dijabarkan diatas bahwa hutan heterogen adalah salah satu jenis hutan yang dibedakan bersasarkan Jenis pohon yang tumbuh pada hutan tersebut. Yang menjadi pertanyaan apa perbedaan antara hutan homogen dan hutan heterogen ?

Sebenarnya jawabannya sangatlah mudah; hutan homogen adalah hutan yang hanya ditumbuhi oleh satu jenis tumbuhan atau pohon, sedangkan untuk hutan heterogen adalah kebalikannya, atau boleh dipastikan bahwa dalam hutan heterogen terdapat banyak pohon dan jenis tumbuhan yang ada di hutan ini.

Jika kita meneleaah perbedaan dua hutan ini, sangatlah jauh, dimana hutan heterogen memiliki beraneka pohon dan juga tumbuhan dan tanaman yang semuanya sangat beragam.

Perbedaan dari semua jenis tanaman dan pohon yang hidup dihutan ini, kemudian juga mempengaruhi, lingkungan sekitar dalam hutan ini yang akhirnya berimbas pada beraneka ragam jenis heman atau binatang yang hidup dihutan ini.

Tentunya ini sangat berbeda dengan hutan homogen yang pada umumnya hanya memiliki satu jenis pohon.

FUNGSI ATAU MANFAAT HUTAN HETEROGEN

Fungsi atau manfaat dari hutan heterogen ini sendiri berbanding sejajar dengan isi dari hutan ini tentunya.

Semakin banyak ragam tanaman dan tumbuhan serta pohon yang tumbuh dalam hutan ini, akan semakin banyak pula kegunaan dan manfaat dari hutan ini. Namun ada beberapa manfaat umun yang bisa dijabarkan sebagai berikut :

  • Pengahasil oksigen terbesar
  • Mencegah terjadinya bencana tanah longsor
  • Mencegah terjadinya bencana banjir
  • Lingkungan yang nyaman untuk binatang dan mahluk hidup yang tinggal dalam hutan tersebut.

Namun dari segala manfaatnya, tentunya tujuannya adalah untuk dapat memenuhi kebutuhan lingkungan pada sekitar hutan tersebut. Contoh dari hutan heterogen termasuk didalamnya adalah Hutan hujan tropis, karena keunikannya hutan hujan tropis ini sendiri dapat dikategorikan sebagai hutan heterogen.

Kenapa demikian ?

Bisa saja karena begitu banyaknya jenis dan kategori dari hutan maka akan sangan memungkinkan jika satu hutan termasuk dalam beberapa jenis hutan.

Seperti yang dijabarkan sebelumnya, bahwa banyak sekali jenis tanaman dan tumbuhan yang berada pada hutan hujan tropis, dan hutan jenis inilah yang paling banyak terdapat di Indonesia.

Hal ini sangatlah logis karena Indonesia merupakan daerah yang memiliki iklim tropis, sehingga tak heran jika Indonesia memiliki banyak hutan hujan tropis yang alami dan berkembang dengan keanekaragaman satwa dan tumbuhan.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *