Pengertian dan Fungsi Internet

Pengertian dan Fungsi Internet – Di zaman digital seperti sekarang ini, manusia sangat bergantung pada jaringan internet, dimana melalui sambungan jaringan internet ini manusia dapat mengetahui kabar kerabat maupun saudara yang berjarak berpuluh hingga beribu kilometer dengan mudah; tanpa batas waktu dan tempat.

Pengertian dan Fungsi Internet

Melalui sambungan internet ini pula lah manusia dituntut untuk kreatif dan selalu belajar karena perubahan yang sangat dinamis di dalam dunia internet itu sendiri. Artikel kali ini akan membahas tentang pengertian serta fungsi internet. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

PENGERTIAN INTERNET

Internet (interconnected network) ialah sebuah jaringan komunikasi global yang sifatnya terbuka dengan menghubungkan puluhan, ratusan hingga milyaran jaringan komputer di dunia dengan berbagai jenis seperti telepon, satelit dan lain-lain.

Internet kemudian saling terhubung satu sama lain melalui sistem berstandar global, Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP). Pada awalnya, peruntukan penggunaan jaringan internet ini ditujukan untuk Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969 melalui proyek ARPANET.

Tujuan awal proyek tersebut ialah untuk kepentingan militer, namun seiring berjalannya waktu proyek terus berkembang hingga jaringan internet dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Jaringan internet yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat awalnya diciptakan untuk menghubungkan komputer-komputer yang terdapat di berbagai daerah yang kemudian dapat menciptakan tempat penyimpanan data di banyak tempat, sehingga saat perang, data-data negara Amerika Serikat tidak mudah bocor ke pihak lain.

FUNGSI INTERNET

Dalam prosesnya, internet memiliki beberapa fungsi dasar dalam kehidupan manusia, antara lain:

  • Media Komunikasi

Jaringan internet memungkinkan manusia untuk saling berkomunikasi tanpa terhalang jarak dan waktu, contohnya: seseorang di Jakarta dapat menghubungi kerabatnya yang berada di Dubai meski terhalang jarak ribuan kilometer dan perbedaan waktu.

Sekarang ini, komunikasi melalui internet tak melulu melalui surel (surat elektronik) atau email, namun sudah banyak aplikasi komunikasi yang memungkinkan kita untuk mengirim pesan, menelepon dan bertatap muka melalui panggilan video. Hal ini tentu sangat memudahkan para pengguna internet dalam bidang komunikasi.

  • Tempat Pengakses Informasi

Konsep dasar dari internet sendiri ialah menghubungkan para penggunanya dalam satu dunia, yakni dunia maya dalam internet itu sendiri, dimana mereka dapat bertukar pesan maupun informasi satu sama lain.

Sekarang ini, kita yang berada di Indonesia dapat dengan mudah mengetahui kabar dari negara lain seperti Thailand, Inggris maupun Amerika Serikat melalui website atau laman yang memuat berita dari negara tersebut.

Tak hanya berita, kita juga dapat mempelajari kebudayaan serta ilmu pengetahuan negara tersebut melalui banyak sumber.

Belajar kini tidak terbatas pada buku yang memuat teks tertulis yang dapat kita sentuh dan rasakan bentuknya, namun dapat juga melalui dunia maya dimana kita bisa belajar dimana saja dan kapan saja dengan bantuan jaringan internet.

  • Tempat Berbagi Sumber Daya atau Data

Pendidikan di Indonesia sendiri telah mengalami perkembangan yang signifikan, dimana para murid tak hanya bergantung pada guru dan buku yang diberi oleh sekolah sebagai sumber pengetahuan mereka.

Internet membantu para murid dan guru dalam mengembangkan pendidikan, dimana murid-murid dapat mencantumkan informasi yang mereka dapatkan dari internet ke tugas-tugas mereka dengan sistem kuotasi yang baik dan benar.

Kuotasi itu sendiri harus dicantumkan karena secara tidak langsung para murid mengambil ilmu yang telah ditemukan orang lain yang kemudian mereka kembangkan lagi.

Negara-negara berkembang seperti Indonesia dapat belajar banyak tentang negara maju lainnya melalui internet; bagaimana politik dan ekonomi di negara maju berjalan, sehingga negara-negara berkembang dapat mengejar ketertinggalan mereka di kancah internasional.

  • Tempat Menyiarkan dan Mengakses Berita dengan Pengguna Internet di Seluruh Dunia

Seperti yang telah dijelaskan di fungsi –fungsi internet sebelumnya, internet dengan segala isinya sangat membantu manusia dalam menjalankan kehidupan di berbagai aspek, mulai dari komunikasi, pendidikan hingga hubungan baik antar-negara yang dapat terjalin dengan apik melaui internet.

Masyarakat di wilayah Jakarta sangat mungkin memiliki teman di wilayah Kanada melalui dunia maya, dimana telah banyak tersedia sarana komunikasi bagi masyarakat dunia dengan berbagai latar belakang.

Nah, itu tadi adalah penjelasan tentang pengertian internet dan juga fungsinya dalam kehidupan manusia. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan wawasan para pembaca, ya!

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *