Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian dan Fungsi Korteks pada Ginjal

Pengertian dan Fungsi Korteks pada Ginjal – Ginjal merupakan organ yang penting bagi manusia yang dapat membantu memurnikan darah, membuang racun dari dalam tubuh, dan masih banyak lagi yang lain. Sepasang ginjal yang ada di dalam tubuh kita menjadi satu rangkaian dengan organ-organ lain untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Pengertian dan Fungsi Korteks pada Ginjal

Pengertian dan Fungsi Korteks pada Ginjal

Selain itu, ginjal mempunyai banyak bagian, yaitu Korteks, Nefron, Glomerulus, Kapsul Bowman, Tubulus Kontortus Proximal Lengkung Henle, Tubulus Kontortus Distal, Tubulus Kolektivus, Medulla, Arteri Ginjal, Vena Ginjal, Ureter, dan Pelvis yang semuanya saling berkaitan untuk menunaikan tugasnya. Namun pada kesempatan kali ini akan dibahas secara khusus tentang Korteks Ginjal.

Korteks ginjal adalah lapisan sekunder ginjal yang cenderung lebih tebal dibandingkan organ-organ lain yang terdapat pada ginjal dan berfungsi untuk melindungi organ dan tetap terisolasi.

Korteks juga mengandung sebagian besar nefron yang merupakan unit fungsional dasar dari ginjal dan pembuluh darah dan juga terdapat sebuah tubulus ginjal di dalamnya.

Korteks berlaku sebagai jangkar dari lorong-lorong pada ginjal yang memungkinkan untuk organ berfungsi dengan baik.

Setiap bagian ginjal berperan saling melengkapi dalam proses pembuangan limbah melalui pembentukan urin.

Proses tersebut terjadi mulai dari pembuluh darah yang mengirimkan darah kepada ginjal, setelah melalui korteks kemudian glomerulus menyaring sehingga hanya tersisa sampah-sampah yang perlu untuk dikeluarkan dari dalam tubuh.

Kemudian darah yang sudah terbebas dari sampah kembali bersirkulasi. Korteks Ginjal memiliki fungsi yang penting, yaitu:

  1. Menyaring cairan plasma.
  2. Menembus kolom ginjal (antara dua ginjal) kemudian membantu pembuluh darah.
  3. Mengambil partisipasidalam metabolism ginjal dengan cara menciptakan amonia untuk titrasi urin keasaman dan regulasi asam basa.
  4. Terlibat dalam regulasi limbah metaboliktik dan ekskresi urin.

Sebagai tempat terjadinya ultrafiltrasi (proses terakhir sebelum menjadi urine), korteks ginjal sering bermasalah. Infeksi, penyakit autoimun, kanker, dan penyakit jantung menjadi masalah terbesar yang dapat mengakibatkan korteks berhenti berfungsi.

Misalnya glumerulus yang sangat rentan terhadap infeksi dan cidera karena gangguan autoimun. Pewarna radioaktif dan obat-obatan juga dapat mengakibatkan masalh bagi Tubulus.

Sebenarnya apabila hal ini terjadi, korteks ginjal menjadi organ yang paling besar mendapat efeknya dan bahkan dapat mengakibatkan berhentinya korteks.

Apabila korteks sudah berhenti bekerja, akan memperlambat kinerja ginjal secara keseluruhan dan dapat mengakibatkan masalah yang serius bagi kesehatan.

Awal kelainan dapat terjadi karena memang setiap bagian dari ginjal saling berhubungan hingga akhirnya berada pada korteks untuk proses ultrafiltrasi.

Jadi, ginjal merupakan hal yang penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan, karena tanpa adanya organ-organ dalam ginjal ini system dan proses yang terjadi dalam tubuh kita tidak stabil dan rapuh.

Tentu saja bila hal ini terjadi akan sangat berbahaya bagi kesehatan bahkan hingga mengancam jiwa.

Maka, setelah mengetahui hal-hal penting mengenai organ dalam tubuh khususnya ginjal dan lebih dikerucutkan lagi menuju korteks ginjal, sebaiknya kita senantiasa memperhatikan pola hidup kita.

Dan karena ginjal sendiri memiliki fungsi untuk mengeluarkan limbah, ada baiknya jika kita memperhatiakn segala sesuatu yang masuk ke dalam tubuh kita.

Sekian dulu artikel ini, semoga dapat memberi pemahaman dan atau pengetahuan baru bagi para pembaca khususnya bagi penulis sendiri.

Akhir kata, tetap jaga pemberian tuhan (tubuh beserta organ-organ di dalamnya) karena itu semua merupakan system luar biasa yang diberikan tuhan kepada kita.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018