Pengertian dan Jenis Gelombang

Diposting pada

Pengertian dan Jenis Gelombang – Gelombang merupakan hal yang lumrah kita temukan di kehidupan sehari – hari dan tanpa disadari sangat bermanfaat, seperti contoh menerima dan mengirim pesan melalui handphone, suara radio, suara senar gitar, dll semuanya terdengar melalui gelombang.

Pengertian dan Jenis Gelombang
Pengertian dan Jenis Gelombang

Gelombang tidak dapat terlihat oleh mata manusia secara langsung, walaupun terlihat hanya terbatas seperti gelombang laut ataupun gelombang diam senar gitar.

Baca Juga : Pengertian, Jenis dan Prinsip Kerja Termometer

Pengertian Gelombang

Gelombang disebut juga getaran yang merambat melalui suatu medium. Gelombang juga dapat dipandang sebagai perpindahan momentum getaran atau energi dari satu titik ke titik lainnya dalam suatu ruang baik melalui perantara ataupun tanpa media perantara.

Gelombang akan terus menerus terjadi apabila sumber getaran tersebut terus diberi gerakan. Gelombang dapat terbawa dan diteruskan dari suatu tempat ke tempat lainnya.

Contoh paling sederhana dari gelombang yaitu ketika seutas tali yang diikatkan pada tiang kemudian ujungnya satunya digoyangkan, maka akan menimbulkan pola berbentuk lembah dan bukit yang disebut gelombang.

Sifat – Sifat Gelombang

Gelombang secara umum memiliki sifat – sifat, diantaranya:

  • Gelombang mengalami pemantulan (Bersifat Refleksi)

Setiap gelombang yang mengalami pemantulan pada suatu medium, maka akan dipantulkan kembali seperti arah gelombang datang. Gelombang datang dan gelombang pantul berada dalam satu bidang datar.

Seperti contoh, ketika air di kolam diberi getaran, maka permukaan air akan menimbulkan gelombang hingga mencapai dinding kolam. Kemudian gelombang dipantulkan kembali ke arah gelombang datang.

  • Gelombang mengalami pembiasan (Bersifat Refraksi)

Saat gelombang datang menuju medium lebih rapat atau melewati bidang batas dua medium maka arah rambat gelombang tersebut akan dibelokkan dan mengalami pembiasan.

  • Gelombang mengalami penggabungan (Interferensi)

Saat dua gelombang dengan frekuensi dan fase yang berbeda bertemu maka kedua gelombang tersebut akan merambat dan mengalami perpaduan tanpa halangan. Interferensi merupakan perpaduan dua gelombang atau lebih secara bersamaan dalam suatu medium.

Seperti contoh ketika air dalam tangki diberikan riak dari berbagai arah kemudian gelombang – gelombang tersebut akan bertemu dan dapat membentuk gelombang lebih besar atau lebih kecil tergantung kekuatan fase-nya. Gelombang yang mengalami interferensi akan mengalami konstruktif ataupun destruktif.

Interferensi Konstruktif terjadi ketika 2 gelombang dengan fase sama saling bertemu, namun bersifat Destruktif jika 2 gelombang yang bertemu memiliki fase berlawanan.

  • Gelombang mengalami penyebaran (Dispersi)

Ketika merambat dalam suatu medium, gelombang dapat mengalami penyebaran pada medium nondispersi, dan penyebaran ini tidak terjadi pada gelombang bunyi melalui udara ataupun ruang hampa.

  • Gelombang mengalami pembelokkan (Difraksi)

Jika suatu gelombang melewati suatu celah, maka gelombang akan dibelokkan atau mengalami penyebaran. Penyebaran akan tampak lebih jelas ketika gelombang melewati celah lebih sempit.

  • Gelombang mengalami polarisasi

Arah getaran gelombang akan terserap baik sebagian atau seluruhnya dengan hanya meninggalkan satu arah saja dan disebut Polarisasi.

Polarisasi ini hanya terjadi pada gelombang transversal karena arah gelombang sama dengan arah polarisasi, namun akan terserap ketika tidak sesuai dengan arah polarisasinya.

Jenis – Jenis Gelombang

Gelombang memiliki beberapa jenis tergantung medium, arah getaran dan rambatannya, serta berdasarkan amplitudonya.

1). Gelombang Berdasarkan Medium Perambatannya

  • Gelombang Mekanik

Merupakan gelombang yang proses perambatannya memerlukan medium perantara. Medium perantara ini dapat melalui udara, tanah, air, ataupun benda tertentu. Dengan kata lain, gelombang tidak bisa merambat tanpa medium. Sebagai contoh gelombang tali, gelombang bunyi, atau gelombang slinki.

  • Gelombang Elektromagnetik

Gelombang elektromagnetik merupakan gelombang yang perambatannya tidak memerlukan medium perantara. Gelombang ini terjadi dimana energi dan momentumnya dapat terbawa oleh medan listrik atau magnet dan menjalar walau tanpa medium perambatan.

Sebagai  contoh gelombang elektromagnetik yaitu sinar matahari yang menghantarkan gelombang cahaya atau menghasilkan sinar infra merah, lampu merkuri yang menghasilkan sinar ultraviolet, dan sinar X pada rontgen kesehatan.

2). Gelombang Berdasarkan Arah Getar dan Arah Rambatannya

  • Gelombang Transversal

Merupakan gelombang yang arah getarnya berbentuk tegak lurus dengan arah rambatannya. Getaran yang terbentuk akan terlihat seperti bentuk lembah dan bukit. Gelombang ini hanya terjadi pada benda padat. Contoh peristiwa gelombang ini terjadi pada seutas tali yang digoyangkan ujungnya sementara ujung lainnya diikat.

  • Gelombang Longitudinal

Merupakan gelombang dimana arah rambatannya sejajar dengan arah getarannya. Bentuk getarannya seperti spiral dengan bentuk rapatan dan renggangan.

Arah rambatannya pun bergerak dari kiri ke kanan, dan biasa terjadi pada gelombang bunyi yang membentuk rambatan bergetar pada molekul – molekul di udara, serta bergerak maju mundur walau masih tidak seimbang. Gelombang ini dapat merambat pada semua wujud zat baik padat, cair, ataupun gas.

3). Gelombang Berdasarkan Amplitudonya

  • Gelombang Berjalan

Merupakan gelombang yang membentuk amplitudo yang tetap pada titik dan medium yang dilalui gelombang, seperti contoh gelombang tali.

  • Gelombang Diam (Stasioner)

Merupakan gelombang yang membentuk amplitudo dapat berubah – ubah atau tidak tetap.  Contohnya gelombang pada dawai senar gitar.

Pemanfaatan Gelombang di Kehidupan Sehari – Hari

Gelombang dapat ditemukan dan sering dimanfaatkan sifatnya untuk memudahkan kegiatan sehari – hari, sebagai contoh:

  • Gelombang yang membentuk suara pada TV dan Radio untuk berkomunikasi
  • Gelombang Micro yang sering digunakan pada Microwave untuk memasak makanan
  • Gelombang Bunyi seperti Ultrasonik pada peralatan USG yang biasa digunakan pada bidang kesehatan untuk mendiagnosa penyakit.
Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *