Pengertian Firewall : Fungsi dan Cara Kerja Firewall

Diposting pada

Pengertian Firewall : Fungsi dan Cara Kerja Firewall – Semakin berkembangnya zaman di dunia ini membuka peluang seluas-luasnya terhadap manusia untuk menciptakan berbagai macam hal baru yang lebih canggih dan modern.

Pengertian Firewall : Fungsi dan Cara Kerja Firewall
Pengertian Firewall : Fungsi dan Cara Kerja Firewall

Salah satu kemajuan zaman yang tidak dapat dipungkiri lagi keberadaannya adalah teknologi. Dengan semakin berkembangnya teknologi membantu manusia dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari.

Berbagai macam alat teknologi yang kini sangat mudah sekali ditemui dan hampir semua orang memilikinya seperti televisi, handphone, laptop, komputer dan juga internet.

Tidak puas hanya sampai di alat teknologi saja, manusia juga menciptakan sistem sistem dan perangkat perangkat untuk menggerakan alat-alat teknologi tersebut.

Ditambah dengan akses internet yang mudah dan terdapat di mana-mana yang membuat alat teknologi tersebut berfungsi semakin canggih.

Dengan pemakaian internet yang bebas dan luas tak jarang perangkat teknologi menjadi rusak atau bahkan terkadang terkena serangan digital dari perangkat lain. Untuk menjaga keamanan pada perangkat tersebut dibuatlah suatu sistem yang dinamakan firewall.

Firewall adalah perangkat yang digunakan untuk mengontrol akses terhadap siapapun yang memiliki akses terhadap jaringan privat dari pihak luar. Tidak semua orang tau dan paham apa itu firewall. Penjelasan mengenai firewall akan dijelaskan lebih lanjut dibawah ini.

Pengertian Firewall

Firewall adalah suatu sistem yang didesain khusus untuk mencegah serangan serangan dari luar yang dapat masuk ke dalam jaringan pribadi.

Firewall merupakan sistem keamanan jaringan yang berfungsi untuk melindungi komputer dari beberapa jenis serangan dari komputer lain yang mampu merusak jaringan dalam komputer.

Firewall bekerja dengan mengontrol dengan cara melacak, mengendalikan dan memutuskan suatu perintah bahwa suatu jaringan boleh lewat, perlu dijatuhkan, perlu ditolak, melakukan enkrisi serta mencatat history atau aktivits data.

Firewall adalah perangkat yang memberi otorisasi pada lalu lintas jaringan komputer yang telah dianggap aman untuk melaluinya masuk sehingga jaringan yang tidak aman tidak diperkenankan untuk masuk.

Firewall dapat berupa perangkat lunak berupa program atau aplikasi di dalam komputer namun dapat juga berupa perangkat keras yang berada di luar komputer.

Bagi komputer yang terhubung dengan jaringan internet maka perangkat firewall ini wajib untuk digunakan karena firewall bertindak sebagai gerbang keamanan antara jaringan komputer internal dan jaringan komputer eksternal.

Fungsi Firewall

Fungsi utama dari firewall adalah sebagai tembok penjaga kemanan jaringan komputer, selain itu firewall juga memiliki beberapa fungsi lain yang sangat berguna untuk komputer yaitu antara lain:

1). Sebagai pos keamanan jaringan

Firewall mengontrol dan mengawasi arus paket data yang mengalir di jaringan. Semua lalu lintas yang masuk atau keluar jaringan harus melewati pos keamanan firewall yang akan melakukan pemeriksaan.

Paket data yang dizinikan akan masuk ke jaringan privat dengan melakukan filtering melalui inspeksi terhadap paket data serta memantau koneksi yang dibuat dari jaringan sumber.

2). Mencatat aktivitas pengguna

Setiap jaringan yang melalui firewall selain disaring, firewall juga mencatat pengguna jaringan sebagai dokumentasi (log files) yang tersimpan rapih. Firewall mampu mengakses data log sekaligus menyediakan statistik mengenai penggunaan jaringan.

3). Melakukan inspeksi paket data

Firewall akan menghadang paket data yang masuk apabila paket data tersebut dapat merusak sistem jaringan komputer berasarkan kebijakan akses (access policy) yang dibuat administrator. Data-data yang akan diverifikasi meliputi:

  • Alamat IP dari komputer sumber
  • Port TCP/UDP sumber dari sumber
  • Alamat IP dari komputer tujuan
  • Port TCP/UDP tujuan data pada komputer tujuan
  • Informasi dari header yang disimpan dalam paket data
  • Protokol IP

4). Memodifikasi paket data yang datang

Dikenal dengan istilah Network Adress Translation (NAT) yang digunakan untuk menyembunyikan sebuah IP adress.

Cara Kerja Firewall

Firewall merupakan sistem yang cara kerjanya dikontrol oleh penggunanya. Sebelumnya firewall bekerja untuk menyaring lalu lintas komputer dengan menggunakan alamat IP, nomor port serta protokol.

Dengan semakin berkembangnya kemampuan manusia untuk menciptakan metode yang lebih canggih lagi, kini firewall nanou menyaring data yang masuk dengan mengidentifikasi terlebih dahulu.

Firewall nerupakan gerbang terdepan yang bekerja dengan cara membatasi komputer pribadi dengan internet. Firewall menutup port kecuali untuk beberapa port tertentu yang perlu tetap terbuka.

Untuk mengatur lalu lintas jaringan yang masuk kedalam komputer, firewall dapat menggunakan salah satu atau gabungan dari beberapa metode seperti packet filtering dan juga inspeksi stateful.

Packet filtering disebut juga sebagai firewall statis yang merupakan sebuah cara kerja firewall dengan memonitor paket yang masuk dan paket yang keluar, mengizinkannya untuk lewat atau tertahan berasarkan alamat IP, protokol dan portnya.

Sedangkan inspeksi stateful atau yang disebut juga sebagai firewall dinamis bekerja untuk memonitor status aktif atau tidaknya, lalu info yang didapatkan tersebut yang akan dipakai untuk menentukan apakah sebuah packet jaringan dapat menembus firewall.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *