Pengertian, Jenis dan Contoh Himpunan

Pengertian Himpunan : Jenis dan Contoh Himpunan – Apakah anda sepakat kalau pelajaran matematika merupakan pelajaran yang rumit? Apakah anda termasuk orang yang selalu mendapatkan nilai merah pada saat pelajaran matematika?

Anda guru matematika yang kelelahan ketika mengajar karena materi tidak juga anda kuasai?

Pertanyaan tersebut diharap tidak lagi ada ketika anda membaca artikel ini yang kami khususkan untuk menjelaskan tentang materi matematika dengan cara simpel dan mudah. Silahkan disimak dan semoga ada manfaatnya.

ILMU MATEMATIKA ILMU YANG RUMIT TAPI ASYIK

Di dalam ilmu matematika kita mengenal berbagai macam teori teori seperti bangun ruang, operasi penghitungan, himpunan dan lain lain. Terkadang teori teori ini dijelaskan secara rumit dan jelimet sehingga anak didik kesulitan untuk mencerna dan memahaminya.

Peristiwa disintegrasi keilmuan diatas bisa disebabkan oleh pemahaman dan penguasaan sang guru terhadap materi yang memang sangat kurang atau memang proses berpikir sang guru yang agak lambat ketika merespon transfer ilmu nan cukup pelik ini ketika masih menjadi pelajar.

Nah, atas dasar itulah, berikut ini kami akan menjabarkan sejelas jelasnya tentang salah satu materi matematika yaitu materi himpunan.

Penjabaran ini coba kami ulas dari segi pengertian, jenis dan contoh himpunan dengan tehnik analisis minimal sehingga mudah dipahami oleh semua pembaca dari berbagai kalangan.

PENGERTIAN HIMPUNAN

Himpunan adalah sekumpulan benda atau objek yang terangkum secara jelas dengan nilai kebenaran yang tetap dan nyata sehingga bisa dibedakan antara objek dalam himpunan dengan objek diluar / bukan himpunan.

Sedangkan menurut para ahli, himpunan diartikan sebagai kumpulan benda benda kongkrit atau abstrak yang menempati tempat dengan sifat sifat tertentu.

Objek atau benda konkrit abstrak tersebut disebut dengan istilah elemen dengan ciri ciri penulisan diapit oleh dua tanda kurung kurawal.

Hampir tidak ditemukan himpunan yang tidak memiliki elemen atau anggota. Jika ada maka himpunan tersebut disebut dengan himpunan kosong.

Nah, dari kumpulan definisi diatas, bisa ditarik kesimpulan kalau himpunan adalah sekumpulan benda atau objek konkrit maupun abstrak yang memiliki sifat dan batasan yang jelas dan benar menurut ilmu matematika dengan ciri ciri penulisan di awal dan di akhir di apit oleh tanda kurung kurawa.

JENIS JENIS HIMPUNAN

Jenis jenis himpunan dibagi menjadi tiga. Dari ketiga jenis inilah himpunan masih dipetakan lagi menjadi jenis jenis yang berbeda. Ini dia jenis jenis himpunan tersebut.

1. Himpunan Kosong

Himpunan kosong adalah himpunan atau kumpulan yang sama sama tidak memiliki elemen atau anggota.

2. Himpunan Sebagian

Himpunan sebagian adalah himpunan yang elemennya juga terdapat pada himpunan lainnya.  Seperti himpunan A juga ada pada himpunan B.

3. Himpunan Sama

Himpunan sama adalah himpunan yang apabila jumlah elemen A sama dengan elemen B. Pada himpunan jenis ini masih dibagi lagi menjadi dua yaitu himpunan ekuivalen dan himpunan saling lepas.

4. Himpunan Ekuivalen

Himpunan ekuivalen adalah himpunan yang jumlah elemennya sama tetapi objeknya berbeda.

5. Himpunan Saling Lepas

Himpunan saling lepas adalah himpunan yang keduanya memiliki jumlah sama, objek atau elemennya juga sama tetapi tidak saling memiliki.

Itulah jenis jenis himpunan yang bisa anda pelajari lebih detail. Nah, biar pemahaman anda lebih banyak, berikut ini juga kami berikan contoh contohnya.

CONTOH CONTOH HIMPUNAN

Contoh contoh himpunan kami urut menurut jenisnya supaya anda bisa memahaminya lebih mudah dan sistematis.

1. Himpunan Kosong

Himpunan jenis ini terlihat pada contoh soal :

Sebutkan Bilangan Genap yang ada?

Jika :

A = {1,3,5}

B = {7,9}

    Maka jawabannya adalah {} atau himpunan kosong

2. Himpunan Sebagian

Contoh Soal : Tunjukkan bukti kalau himpunan A juga termasuk bagian dari himpunan B?

Jika :

A = { 2,4,6 }

B = {4,6,}

Maka jawabannya adalah { 4,6 } karena 2 tidak termasuk bagian dari himpunan B.

3. Himpunan Sama

  • Himpunan Ekuivalen

Contoh :

A = { 1,2,3,4 }

B = { a,b,c,d }

 Jadi bisa disebutkan kalau himpunan A ekuivalen dengan B

  • Himpunan Saling Lepas

Contoh

A = { 1,2,3,4 }

B = { 5,6,7,8 }

Himpunan A memiliki jumlah sama dengan himpunan B yaitu terdiri dari dari 4 angka. Elemen keduanya juga sama karena berupa angka. Yang berbeda adalah himpunan A tidak dimiliki oleh himpunan B begitu juga sebaliknya.

Itulah pengertian, jenis dan contoh materi matematika himpunan. Semoga artikel yang sangat singkat dan jelas ini bisa menambah perbendaharaan anda terutama bagi para guru sehingga mampu diajarkan pada siswanya dengan cara dan metode yang lebih toleran, bersahabat dan mudah dipahami oleh siswa.

Updated: —

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..