Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Manfaat, Dan Bidang-Bidang Akuntansi

Pengertian, Manfaat, Dan Bidang-Bidang Akuntansi – Tidak sedikit orang yang masih alergi ketika berjumpa dengan kata kata akuntansi. Karena yang terpikirkan di benak mereka, akuntansi identik dengan angka angka yang rumit apalagi ditambah format kolom dan bagan yang menambah pusing kepala. 

Pengertian, Manfaat, Dan Bidang-Bidang Akuntansi

Pengertian, Manfaat, Dan Bidang-Bidang Akuntansi

Padahal, akuntansi adalah bidang yang memiliki manfaat besar utamanya bagi kehidupan manusia.

Sehingga bidang ini harus dipelajari, ditelaah bahkan harus ditekuni sampai menjadi ahli.

Nah pada artikel berikut ini kami akan menjelaskan secara lengkap tentang akuntansi.

Baik dari segi pengertian, manfaat manfaatnya hingga apa saja bidang bidang yang ada didalamnya.

Semoga artikel ini tidak lagi membuat kita merasa ngeri ketika berjumpa dengan kata kata diatas.

Baca Juga : Pengertian, Tujuan, dan Asas Perlindungan Konsumen

Pengertian Akuntansi

Pada dasarnya pengertian akuntansi adalah proses pengelolaan ekonomi keuangan yang lengkap dan detail demi tujuan untuk keteraturan finansial.

Sedangkan kalau dirinci lebih khusus pengertian akuntansi adalah proses penghitungan, pencatatan, pendataan, yang dilakukan secara detail dan teliti tentang segala macam data ekonomi keuangan yang bertujuan untuk mempermudah para pengelola perusahaan ataupun lembaga didalam melakukan aktifitas kerja yang berhubungan dengan transaksi keuangan.

Dari pengertian diatas sudah jelas, kalau akuntansi memang mengkhususkan kajiannya tentang ekonomi / keuangan.

Maka menjadi wajar kalau segala macam literasi hingga portofolio yang berhubungan dengan akuntansi isinya adalah angka angka dan tabel tabel.

Manfaat Akuntansi

Jika anda masih beranggapan bidang akuntansi itu tidak ada manfaatnya, tentu anggapan anda tidak tepat.

Justru akuntansi ikut membantu memberikan rumusan keuangan dan ekonomi yang lebih jelas, sehingga pergerakan ekonomi di lingkungan masyarakat lebih terarah.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini akan kami list beberapa manfaat akuntansi yang bisa anda jadikan rujukan bahkan bisa anda terapkan di dalam kehidupan keseharian anda utamanya yang berhubungan dengan kehidupan perekonomian anda.

  1. Membantu Menyiapkan Informasi Keuangan Lebih Cepat

Jika anda ingin membeli sesuatu, tentu anda harus tahu dulu berapa sisa uang yang anda punya.

Jika uang tersebut cukup, baru barang tersebut anda beli. Sedangkan jika kurang, anda bisa membatalkan pembelian atau tetap membeli dengan cara berhutang.

Nah, informasi tentang jumlah sisa uang anda bisa dipermudah tanpa anda harus membuka dompet. Caranya adalah mencatat sisa uang anda di secarik kertas.

Nah jika ini sudah anda lakukan berarti anda sudah melakukan satu jenis pekerjaan yang ada di dalam akuntansi.

Memang untuk contoh diatas terlalu berlebihan kalau harus menggunakan telaah akuntansi.

Tetapi bagaimana dengan manajer perusahaan besar yang harus membeli produk sedangkan dia tidak tahu sisa uang di perusahaan tersebut.

Maka dibutuhkanlah akuntansi yang bermanfaat untuk menyediakan informasi keuangan dengan cepat.

  1. Sebagai Informasi Perkembangan Lembaga

Keuangan adalah penentu majunya sebuah lembaga atau justru sebaliknya. Nah, untuk mengetahui kondisi keuangan sebuah lembaga, tentu pencatatan dan penghitungan itu diperlukan sehingga pihak pengelola bisa memantau perkembangan lembaganya dengan jalan membaca catatan catatan keuangannya.

  1. Sebagai Alat Kontrol Pengeluaran

Akuntansi adalah sekumpulan catatan keuangan yang ditulis secara teratur dan tepat. Nah, jika manajer atau seorang ketua disodorkan catatan keuangan tersebut, tentu dia akan mencoba membeli produk atau tindakan pengeluaran lainnya dengan memperhitungkan sisa uang yang ada. Efeknya tentu, pengeluaran lebih terkontrol dan rapi.

  1. Menjadi Bahan Evaluasi atau Penilaian

Berkas berkas yang dicatat oleh akuntansi tidak semata sisa uang dan rekap uang yang dikeluarkan saja, tetapi saldo atau pemasukan keuangan juga dicatat secara detail dan lengkap.

Nah, dari catatan ini bisa terlihat, produk apakah yang berhasil terjual paling banyak, berapa untung yang didapat dll.

Sehingga manajer atau ketua bisa menilai produk apakah yang harus dilanjutkan, diminimalisir atau bahkan dihentikan sama sekali penjualannya.

Bagian bagian Akuntansi

Nah setelah anda tahu pengertian dan manfaat akuntansi, tentu akan lebih lengkap kalau anda juga memahami apa saja bagian bagian akuntansi.

Sehingga tidak terjadi kesalahan penilaian yang mengakibatkan kerancuan secara definitif dari kata akuntansi itu sendiri.

  1. Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan adalah segenap aktifitas pencatatan transaksi keuangan yang dilakukan oleh perusahaan demi ketersediaan data dan informasi keuangan yang lengkap. Bagian akuntansi ini disebut Financial accounting.

  1. Akuntansi Pemeriksaaan

Akuntansi pemeriksaan adalah kegiatan pemeriksaan laporan keuangan perusahaan atau lembaga tertentu yang dilakukan oleh instansi keuangan yang ditunjuk untuk menentukan penilaian tentang kredibilitas, efisiensi, tingkat kepercayaan dari perusahaan tersebut. Istilah lazimnya untuk bagian akuntansi yang kedua ini adalah audit.

  1. Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen adalah akuntansi yang bertujuan untuk menyampaikan informasi keuangan di dalam suatu manajemen atau usaha.

Nah, manfaat dari akuntansi manajemen ini adalah manajer senantiasa bisa melakukan monitoring berkelanjutan tentang sisa uang, transaksi keuangan, saldo yang ada pada manajemen atau lembaga yang dimpinnya.

  1. Akuntansi Perpajakan

Akuntansi perpajakan adalah bagian akuntansi yang mencatat besaran pajak perusahaan yang harus diberikan setiap tahun kepada negara.

Selain itu, pada bagian akuntansi ini juga dilakukan aktivitas pengumpulan surat surat pajak yang nantinya bisa dijadikan acuan besaran pajak yang harus dibayarkan di tahun tahun berikutnya.

Itulah pengertian, manfaat dan bagian bagian akuntansi yang saat ini sudah mulai digemari oleh masyarakat untuk dipelajari secara tekun dan serius.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018