Pengertian dan Definisi Minat

Pengertian dan Definisi Minat – Setiap orang pasti memiliki minat akan sesuatu. Seseorang yang pandai melukis, besar kemungkinan karena dia berminat akan seni lukis, begitupun yang lainnya.

Pengertian dan Definisi Minat

Pengertian dan Definisi Minat

Setiap orang juga tidak bisa dipaksakan minatnya, si A yang minat berenang, tidak bisa memaksakan agar si B yang minat pelajaran fisika untuk menyukai minatnya tersebut.

Namun demikian, minat seseorang juga bisa berubah tergantung lingkungan dan emosi jiwanya. Lantas apa sebenarnya minat itu?

Pengertian Minat

Minat adalah kesadaran atau ketertarikan seseorang terhadap suatu objek, orang, masalah, atau situasi yang mempunyai kaitan dengan dirinya.

Tinggi rendahnya perhatian dan dorongan psikologis pada setiap orang belum tentu sama, maka tinggi rendahnya minat terhadap objek pada setiap orang juga belum tentu sama.

Minat adalah sumber motif yang mendorong seseorang untuk melakukan apa yang ingin dilakukan ketika bebas memilih.

Ketika seseorang menilai bahwa sesuatu akan bermanfaat, maka akan menjadi berminat, kemudian hal tersebut akan mendatangkan kepuasan.

Ketika kepuasan menurun maka minatnya juga akan menurun. Sehingga minat tidak bersifat permanen tetapi dapat berubah-ubah.

Minat menjadi hal yang disadari individu akan satu aktivitas, pekerjaan, atau obyek itu berharga atau berarti bagi individu tersebut. Minat juga merupakan sikap yang berlangsung selektif terhadap obyek minatnya.

Sebagai suatu keadaan ketika seseorang menaruh perhatian pada sesuatu dan disertai dengan keinginan untuk mengtahui dan mempelajari serta membuktikan lebih lanjut tentang itu.

Di dalam minat itu sendiri terkandung unsur kognitif, emosi, atau afektif dan kemauan atau konatif untuk mencari sesuatu obyek tertentu.

Minat menjadi kecenderungan berperilaku yang pada setiap individu berbeda intensitasnya, karena minat dipengaruhi oleh kebutuhan atau kepentingan individu akan suatu obyek minat itu.

Semakin individu membutuhkan atau tertarik terhadap obyek minat tersebut, semakin besar pula minatnya.

Secara fungsional minat merupakan suatu jenis pengalaman perasaan yang dianggap bermanfaat dan diasosiasikan dengan perhatian pada suatu obyek tertentu.

Sementara secara struktural minat merupakan suatu elemen dalam diri individu baik bawaan maupun yang diperoleh lewat proses belajar, yang menyebabkan seseorang merasa mendapatkan manfaat terhadap suatu obyek tertentu atau merasa yang berhubungan dengan obyek tertentu atau terhadap suatu pengetahuan tertentu.

Terdapat 3 faktor yang mendasari timbulnya minat yaitu :

  1. Faktor dorongan dalam atau dorongan dari individu itu sendiri, sehingga timbul minat untuk melakukan aktivitas atau tindakan tertentu untuk memenuhinya. Misalnya untuk dorongan makan, menimbulkan minat untuk mencari makanan.
  2. Faktor motif sosial, yaitu faktor untuk melakukan suatu aktivitas agar dapat diterima dan diakui oleh lingkungannya. Minat ini merupakan semacam kompromi pihak individu dengan lingkungan sosialnya. Misalnya minat pada studi karena ingin mendapatkan penghargaan dari orang tuanya.
  3. Faktor emosional yaitu berhubungan dengan emosi karena faktor ini selalu menyertai seseorang dalam berhubungan dengan obyek minatnya. Kesuksesan seseorang pada suatu aktivitas disebabkan karena aktivitas tersebut menimbulkan perasaan suka atau puas, sedangkan kegagalan akan menimbulkan perasaan tidak senang dan mengurangi minat seseorang terhadap kegiatan yang bersangkutan.

Berdasarkan pengaruh asalnya, minat bisa  dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

  1. Minat primitif atau biologis

Minat yang timbul dari kebutuhan-kebutuhan jasmani seperti pada soal makanan, comfort, dan aktifitas. Ketiga hal ini meliputi kesadaran tentang  kebutuhan yang terasa akan sesuatu yang dengan langsung dapat memuaskan diri.

  1. Minat kultural atau sosial

Minat   yang  berasal   dari perbuatan belajar atau pengaruh lingkungan. Orang yang berada di lingkungan A akan memiliki minat berbeda dengan orang di lingkungan B (Witherington, H. C, 1999)

Berbeda lagi dengan Carl Safran (dalam Sukardi, 2003) yang mengklasifikasikan minat menjadi empat jenis berdasarkan bentuk penerapannya, yaitu :

  1. Expresesed interest, minat yang diekspresikan melalui verbal yang menunjukan apakah seseorang itu menyukai dan tidak menyukai suatu objek atau aktivitas.
  2. Manifest interest, minat yang disimpulkan dari keikutsertaan individu pada suatu kegiatan tertentu.
  3. Tested interest, minat yang disimpulkan dari tes pengetahuan atau keterampilan dalam suatu kegiatan.
  4. Inventoried interest, minat yang diungkapkan melalui inventori minat atau daftar aktivitas dan kegiatan yang sama dengan pernyataan.

Definisi Minat Menurut Para Ahli

Menurut Tampubolon(1991:4) mengatakan bahwa minat adalah suatu keinginan dan kemuan yang dapat berkembang jika ada motivasi.

Sedangkan menurut Djali(2008:121) bahwa minat pada dasarnya merupakan penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan suatu diluar diri.

Menurut Crow and Crow minat adalah pendorong yang menyebabkan seseorang memberi perhatian terhadap orang, sesuatu, aktivitas-aktivitas tertentu. ( Johny Killis, 1988 : 26 ).

Winarno Surachmad (1980:90) juga menyatakan pendapatkan akan definisi minat, dimana ia mengatakan bahwa minat sebagai sesuatu hasil pengalaman yang tumbuh pada dan dianggap bernilai oleh individu adalah kekuatan yang mendorong seseorang itu untuk berbuat sesuatu.

Menurut H.C. Witherington yang dikutip Suharsini Arikunto, Minat adalah kesadaran seseorang terhadap suatu objek, suatu masalah atau situasi yang mengandung kaitan dengan dirinya (1983 : 100 ).

Karateristik minat menurut Bimo Walgito :

  1. Menimbulkan sikap positif terhadap sesuatu objek.
  2. Adanya sesuatu yang menyenangkan yang timbul dari sesuatu objek itu.
  3. Mengandung suatu pengharapan yang menimbulkan keinginan atau gairah untuk mendapatkan sesuatu yang menjadi minatnya ( 1977 ; 4 )

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *