Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Fungsi, Ciri Dan Jenis Pembuluh Nadi

Pengertian Pembuluh Nadi : Fungsi, Ciri Dan Jenis Pembuluh Nadi – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Pembuluh darah yang ada didalam tubuh manusia.

Pengertian, Fungsi, Ciri Dan Jenis Pembuluh Nadi

Pengertian, Fungsi, Ciri Dan Jenis Pembuluh Nadi

Pembuluh darah manusia terbagi menjadi dua bagian yaitu : Pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena).

Pengertian Pembuluh Nadi

Pembuluh Nadi adalah pembuluh darah yang berotot berguna untuk membawa darah dari jantung. Pembuluh Nadi mempunyai fungsi mengantarkan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh manusia.

Pembuluh nadi ini tersusun yang terdiri dari tiga lapisan yaitu, lapisan luar yang mempunyai sifat lentur atau elastis, lapisan tengah yaitu sel-sel otot polos dan terakhir lapisan dalam berupa selapis sel dinding yang tipis.

Pembuluh nadi memiliki dinding yang tebal, kuat serta lentur guna dapat membantu didalam menjalankan tugasnya yaitu mengantarkan darah ke seluruh bagian tubuh.

Jantung yang dipompa akan membuat darah untuk mengalir dan akan memberi tekanan disepanjang dinding pembuluh nadi yang dilewati dan menghasilkan denyutan, yang dikenal dengan sebutan denyut nadi.

Pembuluh nadi/pembuluh arteri yang terbesar adalah aorta. Pembuluh tersebut berawal dari sebelah kiri jantung dan berguna mengangkut darah yang didalamnya mengandung oksigen dan darah yang bersih yang akan disebarkan atau dialirkan keseluruh tubuh.

Pembuluh aorta ini mempunyai katup yang letaknya persis berada diluar jantung. Pembuluh aorta ini mempunyai dua cabang, yaitu: cabang kepala dan cabang lain yang menuju bagian bawah tubuh.

Pembuluh nadi/arteri yang terkecil adalah arteriol, pembuluh ini mempunyai ukuran yang lebih kecil dan tipis dari ukuran akar rambut, pembuluh arteriol mempunyai cabang yang akan menjadi pembuluh kapiler.

Tidak hanya aorta yang bertugas mengangkut darah dari jantung, ada juga pulmonalis atau yang disebut dengan pembuluh nadi paru-paru.

Pembuluh nadi paru-paru berawal dari jantung sebelah kanan dan yang mempunyai ukuran yang lebih kecil dari aorta.

Pembuluh nadi paru-paru ini mempunyai fungsi untuk mengangkut dan membawa darah yang terdapat kandungan karbondioksida atau darah yang kotor dan juga uap air yang menuju paru-paru.

Dengan melewati pembuluh nadi ini, darah yang asalnya tadi dari jantung akan disebarkan atau dialirkan ke seluruh jaringan tubuh, jaringan penyusun jantung  termasuk didalamnya.

Pembuluh nadi/arteri yang mempunyai fungsi mengedarkan oksigen dari zat-zat makanan ke jantung dikenal dan disebut dengan nadi tajuk atau arteri koronia. Pembuluh arteri koronia mempunyai ukuran.

Yang ekstra kecil maka dari itu sangat gampang tersumbat oleh tumpukan lemak yang ada pada tubuh.

Penyumbatan tumpukan lemak tersebut dapat mengakibatkan separuh sel organ jantung akan mengalami kekurangan makanan. Penyumbatan tumpukan lemak  tersebut disebut dengan koronariasis.

Pembuluh nadi yang pada tubuh manusia memiliki ukurang yang beragam. Karena tugas dari pembuluh nadi ini sangat penting, apabila pembuluh nadi kita rusak itu dapat mengakibatkan hal yang sangat buruk bagi tubuh manusia, khususnya organ-organ pada tubuh manusia.

Fungsi Pembuluh Nadi

Pembuluh nadi/arteri mempunyai beberapa fungsi diantaranya adalah:

  • Berfungsi untuk mengangkut atau membawa darah bersih yang ada pada jantung.
  • Mampu mengalirkan oksigen dan juga nutrisis ke seluruh sel tubuh manusia.
  • Berfungsi untuk mengangkut zat pembuangan atau zat berbahaya yaitu karbon dioksida.
  • Berfungsi untuk menjaga keseimbangan mobilitas protein, kimia dan unusur sistem imun atau kekebalan tubuh dan juga sel tubuh.

Ciri Ciri Pembuluh Nadi

Pembuluh nadi mempunyai ciri-ciri untuk diketahui dan dikenali, yaitu :

  • Memiliki dinding yang tebal serta lentur yang terdapat pada dekat jantung.
  • Membawa dan mengangkut darah yang bersih dari jantung.
  • Adanya didalam tubuh manusia.
  • Mempunyai katup yang berawal dari pembuluh yang letaknya dekat pada jantung.
  • Apabila tubuh manusia mengalami luka, darah akan mudah mengalir.
  • Pembuluh nadi terdiri dari tiga lapisan, yaitu lapisan dalam, lapisan tengah dan lapisan luar.
  • Lapisan luar pembuluh nadi ini menyerupai sel-sel otot lapis.
  • Lapisan dalam tersusun selapis sel yang mempunyai dinding tipis,
  • Pada lapisan tengah menyerupai otot polos.

Jenis Pembuluh Nadi

Setelah mengetahui beberapa fungsi dan juga ciri-ciri dari pembuluh nadi/arteri diatas sekarang mari kita pelajari mengenai jenis dan. Juga struktur yang dimiliki oleh pembuluh nadi antara lain adalah:

  1. Tunika Intima (Lapisan Dalam)

Tunika intima adalah lapisan yang telah disusun oleh sel epitel skuamos yang dikelilingi oleh jaringan ikat dengan serat elastin.

  1. Tunika Media (Lapisan Tengah)

Tunika media yang telah disusun oleh sel otot polos yang tempatnya melingkar. Tunika media adalah lapisan yang paling tebal pada arteri.

Tunika media ini mempunyai Fungsi untuk melebarkan dan mengecilkan diameter arteri menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Tunika media ini mempunyai fungsi untuk meberikan pengaruh akan tekanan darah manusia.

  1. Tunika Adventisia (Lapisan Terluar)

Tunika Adventisia merupakan bagian terluar dari pembuluh nadi yang menempel pada jaringan sekitar pembuluh darah. Tunika Adventisia disusun oleh jaringan ikat kolagen dan elastin.

Demikianlah pembahasan mengenai pembuluh nadi / arteri ini, sampai bertemu pada artikel selanjuta. Terimakasih.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018