Pengertian, Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Addison

Pengertian Addison, Penyebab, Gejala dan Cara Mengobati Penyakit Addison – “ Mari kenali penyakit Addison sejak dini”! intruksi persuasif disamping diberikan untuk memberikan pemahaman kepada anda kalau penyakit yang mirip dengan nama orang ini memiliki efek yang sangat berbahaya sehingga perlu dipahami dan dipelajari dengan serius.

Atas dasar itu pulalah, pada artikel berikut ini, kami akan mencoba membahas tentang penyakit Addison dengan ruang lingkup analisis seputar pengertian, penyebab, gejala serta cara dan tehnik untuk mengobatinya, baik tehnik pengobatan secara medis atau metode pengobatan rumahan yang bisa dilakukan dari rumah.

PENGERTIAN PENYAKIT ADDISON

Penyakit Addison adalah penyakit hormonal. Yang mana penyakit ini terjadi akibat kelenjar andrenalin tidak bisa lagi bekerja secara ideal.

Padahal kelenjar tersebut berfungsi sebagai produsen hormon yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Kelenjar andrenalin di tubuh manusia terbagi menjadi dua yang letaknya berada persis diatas organ ginjal.

Fungsi dari dua kelenjar ini adalah membantu memproduksi dua hormon vital yaitu eldosteron dan kortison. Nah, penyakit Addison terjadi karena kelenjar andrenalin tidak bisa menghasilkan dua hormon diatas dalam jumlah yang sehat.

Akibatnya, jumlah kadar air dan asam yang tersimpan di dalam tubuh tidak bisa dikeluarkan karena proses perubahannya menjadi urine tidak terjadi.

Nah, akibat metabolisme yang gagal diatas, tekanan darah mulai mengalami gangguan. Bahkan, detok dan potassium mulai menemukan ruang untuk melakukan serangan serangan infeksi berbahaya bagi tubuh.

Oh ya, yang perlu juga anda ketahui tentang penyakit Addison adalah penyakit ini tidak pernah memilih jenis kelamin. Tetapi, kasus terbanyak, pasien wanita lebih berpeluang diserang Addison dibandingkan pasien laki laki.

Selain itu, penyakit ini jarang sekali menyerang anak anak dan bayi. Biasanya penyakit Addison melakukan manuver terhadap orang orang di usia matang kira kira 30 -50 tahun. Walaupun begitu, semua orang wajib waspada dengan gangguan hormonal tersebut.

PENYEBAB PENYAKIT ADDISON

Pada umumnya penyakit Addison disebabkan oleh tidak berfungsinya kelenjar andrenalin dengan baik. Sehingga produksi hormon menjadi tidak maksimal karena jumlahnya terlalu rendah.

Padahal hormon dibutuhkan untuk menyangga terjadinya proses metabolisme di dalam tubuh.

Ketidakberfungsian kelenjar andrenalin biasanya disebabkan oleh adanya luka disana. Yang mana luka tersebut dihasilkan oleh penyakit tertentu yang dibiarkan tanpa pengobatan dalam waktu lama.

Berikut ini kami list beberapa penyebab kelenjar andrenalin mengalami luka sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik, yaitu :

  1. Radikalisme imun yang terus menyerang kelenjar andrenalin akibat perintah yang salah yang dikenal dengan istilah kekacauan imun.
  2. Penyakit Jamur, Tbc hingga karena Aids
  3. Pendarahan dan tumor pada kelenjar.

GEJALA PENYAKIT ADDISON

Penyakit Addison adalah penyakit yang sangat berbahaya. Maka dari itu, anda harus mengetahui gejalanya sejak dini sehingga tindakan pencegahan bisa segera dilakukan apabila gejalanya sudah terlihat.

Nah, berikut ini merupakan beberapa gejala penyakit Addison, yaitu :

  1. Mudah kehabisan stamina dan tenaga
  2. Mengalami penurunan selera makan
  3. Terjadi penurunan berat badan
  4. Mengalami masalah dengan darah rendah
  5. Ketika di cek gula darah terlalu rendah
  6. Mengalami diare yang disertai mual dan muntah
  7. Selalu ingin makan yang asin asin
  8. Warna kulit terlihat lebih gelap
  9. Mengalami gangguan otot dan persendian
  10. Sakit perut yang begitu intens
  11. Mudah stress dan depresi
  12. Rambut mulai rontok
  13. Mengalami masalah seksual

Anda patut waspada jika gejala gejala diatas terjadi dalam waktu bersamaan. Karena bisa jadi, gejala tersebut merupakan tanda tanda munculnya penyakit Addison.

CARA MENGOBATI PENYAKIT ADDISON

Metode pengobatan penyakit Addison beraneka ragam disesuaikan dengan stadium penyakit yang diderita. Namun, pada umumnya, pengobatan penyakit ini adalah menggunakan obat jenis kortikosteroid. Karena obat jenis ini berfungsi sebagai kontroler terhadap gejala kekurangan hormon.

Namun, kalau tehnik pengobatan dengan obat tidak berhasil, dokter akan melakukan tindakan lebih lanjut yang berupa rawat inap atau tindakan yang lainnya.

Pada proses ini, pihak dokter akan melakukan diagnosis awal dari segi postur darah serta kesehatan urin. Selain itu diagnosis juga diarahkan untuk melihat kerja andrenalin. Untuk diagnosis ini alat yang digunakan ada dua yaitu X-Ray dengan CT Scan.

Namun, jika penyakit Addison masih stadium rendah, tindakan pengobatan di rumah masih bisa untuk dilakukan. Berikut ini beberapa tehnik pengobatan rumahan yang bisa anda coba yaitu :

  1. Minum Obat sesuai anjuran dokter
  2. Memenuhi jadwal konsultasi yang telah disepakati
  3. Menjadikan obat sebagai bekal perjalanan
  4. Hidup dengan pola sehat dan baik
  5. Diet sehat dengan mengurangi pasokan makanan bergaram
  6. Berolahraga ringan secara teratur di pagi hari
  7. Segera menemui dokter jika gejala Addison muncul
  8. Pastikan Dokter adalah rujukan perobatan anda.

Itulah pengertian, gejala, penyebab dan cara mengobati penyakit Addison. Semoga kita semua terhindar dari penyakit yang cukup ekstrem dan mematikan ini.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *