Pengertian Senam Lantai Adalah : Tujuan, Manfaat dan Gerakan

Diposting pada

Pengertian Senam Lantai Adalah : Tujuan, Manfaat dan Gerakan – Anda pasti pernah mendengar istilah senam lantai. Bahkan, di sekolah dasar, teori olahraga ini sudah diajarkan.

Pengertian Senam Lantai Adalah : Tujuan, Manfaat dan Gerakan
Pengertian Senam Lantai Adalah : Tujuan, Manfaat dan Gerakan

Senam lantai populer karena manfaatnya bagi kesehatan sangat bagus. Bahkan olahraga yang merupakan varian dari senam ini, tergolong olahraga penurun berat badan yang maksimal. Maka dari itu, pria maupun wanita suka melakukannya.

Berikut ini kami akan menjelaskan tentang detil senam lantai. Baik dari segi pengertian, tujuan beserta manfaat-manfaatnya. Sehingga anda termotivasi untuk melakukannya sebagai ikhtiar menyehatkan badan.

Selain itu, narasi ini bisa dijadikan sebagai rilis tips sehatkan tubuh yang berhubungan dengan gerakan-gerakan olahraga.

Pengertian Senam Lantai

Senam lantai merupakan olahraga cabang senam. Olahraga ini dilakukan di atas lantai dengan menggunakan matras tipis yang berfungsi untuk mencegah cedera.

Jenis olahraga ini sudah dipertandingkan secara resmi. Baik even nasional maupun event internasional. Sedangkan lokasi atau arenanya di dalam ruangan dengan ukuran lantai sekitar 12 x 12 meter.

Di Indonesia, Senam lantai juga populer. Bahkan, olahraga ini sudah dimasukkan secara resmi ke dalam organisasi Persatuan Senam Indonesia yang disingkat Persani.

Organisasi ini sendiri didirikan pada tahun 1963 tepatnya pada tanggal 14 Juli 1963 oleh para atlet dan penggemar olahraga senam.

Dari segi teknik olahraga, senam lantai adalah sport yang mengedepankan keluwesan dalam bergerak, keseimbangan, keindahan dan power gerakan serta kelenturan. Semuanya dipadukan menjadi satu dan menjadi dasar penilaian.

Maka dari itu, melihat senam lantai, tidak ubahnya menonton pertunjukan. Karena ada gerakan artistik di sana yang membuat penonton kagum bahkan bertepuk tangan. Bukan itu saja, atlet senam lantai terkadang juga dikatakan manusia tidak bertulang akibat kelenturannya yang luar biasa.

Tujuan Senam Lantai

Tujuan senam lantai tidak semata meraih podium dalam pertandingan. Namun, lebih jauh dari itu, tujuan utamanya adalah mencegah rasa takut dengan cara melakukan olahraga yang terkesan ekstrem.

Pasalnya, gerakan yang dilakukan terlihat melampai gerakan otot dan tulang yang normal. Bahkan ada yang mengatakan atlet senam lantai adalah orang yang terus berusaha berlatih melakukan gerakan hingga batas terakhir kemampuan ototnya.

Nah, berikut ini beberapa tujuan senam lantai yang lebih detil, yaitu:

  1. Menjadi juara dalam perlombaan
  2. Menghilangkan rasa takut dan gentar
  3. Memberikan tontonan yang menarik dan tidak biasa
  4. Meningkatkan kekuatan otot dan tulang
  5. Membuat penampilan lebih menarik
  6. Meningkatkan kesehatan tubuh

Manfaat Senam Lantai

Manfaat senam lantai yang utama berhubungan dengan jiwa si atlet sendiri. Karena jika manfaatnya hanya mencari kesehatan badan, tentu olahraga lain yang lebih aman juga bisa meningkatkan kesehatan. Apalagi jika disertai dengan makan makanan yang sehat.

Namun, bagi para atlet senam lantai, manfaat yang dicari tidak semata kesehatan. Tetapi lebih jauh dari itu, ada kepuasan dan rasa percaya diri tinggi ketika melakukannya.

Bahkan aplus meriah dari penonton adalah hal yang membuat rasa cinta mereka kepada senam lantai semakin kuat. Maka dari itu, para atlet akan terus melakukan gerakan indah sekalipun resiko cedera hingga kematian cukup besar.

Atas dasar itulah, atlet senam lantai tidak pernah puas dengan apa yang dilakukan. Mereka terus berlatih gerakan baru yang lebih sulit dari gerakan yang sudah dikuasainya. Bahkan idealisme para atlet adalah sebisa mungkin melakukan gerakan yang orang lain atau atlet lain tidak bisa melakukannya.

Gerakan Senam Lantai

Gerakan senam lantai banyak macamnya. Baik yang ringan hingga tersulit semuanya dipertandingkan. Berikut ini beberapa gerakan senam lantai yang paling sederhana tetapi tetap ada dalam perlombaan, yaitu:

  1. Roll Depan

Roll depan adalah gerakan senam lantai yang juga disebut guling depan. Gerakan ini bisa dilakukan dengan dua teknik yaitu gerakan diawali dengan sikap jongkok atau gerakan diawali dengan sikap berdiri.

Gerakan roll depan merupakan gerakan senam lantai yang cukup mudah. Namun, jika tekniknya salah, resiko cedera tetap ada. Bahkan keselamatan jiwa bisa terancam.

  1. Kayang

Kayang merupakan gerakan posisi merangkak tetapi terbalik. Tekniknya adalah atlet menghadap ke atas, sedangkan tangan dan kaki bertumpu pada lantai. Perut dan panggul diangkat menjauh dari lantai atau matras.

Atlet harus menjaga posisi tersebut tetap maksimal. Maka dari itu, dalam gerakan ini, kelenturan harus terjaga. Kekuatannya terletak pada bahu dan lengan.

  1. Hand Stand

Hand stand adalah gerakan senam lantai yang posisi atlet berdiri tetapi yang menjadi tumpuan bukan kaki melainkan kepala. Artinya, posisi kepala dan kedua tangan bertumpu pada matras sedangkan kedua kaki lurus ke atas. Gerakan senam lantai ini amat populer dan disukai. Bahkan, banyak anak-anak yang sudah terlatih melakukannya.

Itulah Pengertian Senam Lantai Adalah : Tujuan, Manfaat dan Gerakan. Silakan dilakukan namun pastikan anda diawasi oleh instruktur yang profesional. Jangan dilakukan di rumah tanpa latihan yang tepat dan benar. Karena resiko olahraga ini cukup berbahaya.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *