Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Alamanda

Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Alamanda – Pengertian penyerbukan merupakan sebuah peristiwa alami jatuhnya serbuk sari lalu menempel pada kepala putik. Kemudian terjadi proses pembuahan sempurna pada bunga dan melalui proses fotosintesis.

Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Alamanda

Proses, Cara Dan Jenis Penyerbukan Bunga Alamanda

Jadi Serangga adalah jenis hewan yang melakukan bantuan penyerbukan terhadap bunga dengan tingkat kesuksesan tertinggi.

Karena Hubungan yang terjalin antara serangga dan bunga adalah bentuk jalinan simbiosis yaitu hubungan yang sama sama menguntungkan.

Ialah Bunga memberi fasilitas pada serangga dengan banyak nutrisi sedangkan bunga diuntungkan karena serangga membantu mempercepat penyerbukan yang jarang terjadi

Cara penyerbukan pada bunga oleh serangga

  • Pada saat serangga (kupu kupu, lebah madu atau kumbang) singgah dan hinggap dibagian bagian bunga yang tujunnya untuk menghisap sari madu. Dan tanpa sengaja kakinya menginjak serbuk sari yang menyebabkan ratusan serbuk sari itu melekat pada kakinya.
  • Kemudian ketika serangga berpindah pada bagian kepala putik untuk menghisap sari madu yang lain. Yang terjadi adalah serbuk sari yang tadi melekat pada kakinya akan berjatuhan dan menempel pada kepala putik dalam jumlah yang cukup banyak

Tahukah kamu jika Bunga alamanda adalah jenis bunga hias yang termasuk ke dalam salah satu contoh tanaman bergetah. Nah, Getah dari bunga alamanda sendiri dapat membuat hewan lain mengalami kerusakan pada anggota tubuhnya.

Dan juga pada manusia getah bunga alamanda bisa menyebabkan penyakit kulit. Namun demikian, bagian bagian bunga alamanda selalu menjadi primadona dihati pecintanya. Kamu yang ingin memulai menanam bunga alamanda perlu memperhatikan beberapa hal.

Dari Mulai tahapan pemilihan jenis bibit bunga, penyerbukan, penanaman dan pemeliharaan tanaman bunga alamanda. Maka dari semuanya itu, tentunya yang paling penting adalah kegiatan penyerbukan. Lalu Kenapa penyerbukan menjadi hal yang penting dalam menanam bunga alamanda?

Jadi Karena tujuan kamu menanam tanaman ini untuk menghasilkan bunga alamanda yang banyak dan indah. Maka dari itu penyerbukan menjadi salah satu kegiatan penting yang perlu anda perhatikan.

Nah, jadi Cukup banyak teknik dan cara penyerbukan bunga, seperti penyerbukan menggunakan anemogami, air, hewan dan manusia. Akan tetapi dari semuanya itu,  ciri ciri penyerbukan anemogami, air, hewan dan manusia memiliki kekhasannya masing masing.

Dan Belum tentu semua teknik tersebut cocok untuk bunga alamanda yang kamu tanam. Jadi Tidak perlu berlama lagi kamu menunggu. Dibawah ini penjelasan mengenai cara penyerbukan bunga alamanda.

  1. Pilih bunga alamanda dengan warna yang kamu inginkan. Dan Bisa bunga alamanda yang ingin dikawinkan beda warna atau tidak.
  2. Siapkan pinset/ korek kuping/ kayu dan gunting/ pisau sebagai alat untuk membantu penyerbukan bunga alamanda.
  3. Buka bagian benang sari bunga alamnda dengan gunting/ pisau. Pada Bagian bunga alamanda yang kamu gunting adalah bagian bunga alamanda yang bagian tengah berbentuk seperti korek berwarna kuning dan hijau. Bagian tersebut adalah benang sari bunga alamanda
  4. Ketika kamu sudah memotong bagian tersebut, kamu bisa menggosok gosokkannya pada stigma bunga alamanda yang berbentuk benjolan berbulu dibagian tengah.

Dan Diatas merupakan cara penyerbukan bunga alamanda oleh bantuan manusia. Akan tetapi adanya interaksi tanaman bunga alamanda dengan makhluk hidup lain sepertik hewan sebagai komponen biotik menyebabkan adanya contoh simbiosis mutualisme.

Jadi Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai cara penyerbukan bunga alamanda dengan bantuan hewan.

  1. Tahukah kamu jika Bunga yang dilakukan penyerbukan adalah bunga alamanda yang punya mahkota bunga yang mekar. Dengan warna bunga yang mencolok dan aroma khas yang dikeluarkan oleh bunga alamanda
  2. Dan Oleh karena ketiganya memikat hewan pollinator, maka hewan tersebut akan mencari apakah ada sumber makanan mereka dibunga alamanda
  3. Apabila Jika mereka ingin keluar dari bagian bagian bunga alamanda maka serbuk sari akan melekat pada tubuh hewan polinator tersebut.
  4. Kemudian mereka hinggap di bunga alamanda yang lain maka kemungkinan penyerbukan bisa terjadi. Maka Hal yang mendukungnya lagi adalah ketika serbuk sari jatuh di stigma bunga alamanda.

Dan Selain penyerbukan, untuk mendapatkan warna bunga alamanda yang beragam bisa menggunakan teknik grafting. Jadi Tanaman yang bisa dilakukan grafting adalah tanaman yang mempunyai batang yang cukup kuat untuk bisa bertahan hidup.

Dalam proses penumbuhan jaringan kulit baru ketika disambung.  Selanjutnya Adapun grafting merupakan cara perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif. Dibawah ini cara membuat bunga alamanda dengan warna yang berbeda dengan menggunakan grafting.

  1. Siapkan bunga alamanda dengan warna yang berbeda
  2. Potong tangkai bunga alamanda yang ingin disambungkan. Jadi Teknik memotongnya miring supaya bisa disambungkan pada cabang yang diinginkan.
  3. Pada cabang yang akan disambungkan kamu belah sedikit cabangnya supaya bisa disambungkan.
  4. Lalu cabang bunga alamanda yang ingin disambungkan diberi jenis hormon pada tumbuhan supaya pertumbuhannya bagus.
  5. Ikat menggunakan tali atau plastik supaya tidak ada hewan yang memakan atau merusak cabang yang baru disatukan tersebut.
  6. Siram dan amati jika ada perubahan yang positif maka grafting anda berhasil

Demikianlah informasi tentang tanaman bunga merunduk ini, semoga kamu bisa menanam bunga alamanda kamu sendiri. Sampai jumpa dipertemuan selanjutnya.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *