Sejarah dan Asal Usul Olahraga Tolak Peluru

Sejarah dan Asal Usul Olahraga Tolak Peluru – Tolak Peluru merupakan salah satu cabang olahraga Atletik yang diakui dunia, lomba ini masuk pada salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade. Sesuai namanya olahraga ini ialah salah satu dari sekian cabang lempar.

Sejarah dan Asal Usul Olahraga Tolak Peluru

Sejarah dan Asal Usul Olahraga Tolak Peluru

Asal-usul olahraga ini berawal pada 2000 tahun SM,  di kepulauan Britania. Dahulu olahraga ini menggunakan batu sebagai peluru. bisa dibayangkan betapa beratnya olahraga ini, untuk menjadi pemainnya pun dituntut untuk mempunyai kekuatan yang ekstra agar bisa melempar batu sejauh mungkin.

Perkembangan olahraga ini mulai berkembang sekitar awal dari peradaban modern, yang dimulai para tentara mengadakan turnamen melempar batu akan tetapi pada zaman ini mulai diganti dengan peluru meriam yang berbentuk bulat. Pada zaman ini hampir semua pasukan di dunia menggunakan permainan ini untuk hiburan.

Inggris merupakan Negara pertama yang memperlombakan permainan ini untuk kalangan umum, walaupun kelas yang diperlombakan hanya kelas amatir. Dan disusul Negara skotlandia memperlombakan juga untuk permainan ini, baru pada tahhun 1896 pihak penyelenggara olympiade dengan resmi memperlombakan olahraga ini untuk pertama kalinya.

Seirinng dengan banyaknya Negara yang mengirim delegasi di Olympiade untuk olahraga Tolak Peluru, akhirnya pada tahun 1950 cabang olahraga Tolak Peluru dibagi menjadi dua kategori, yaitu laki-laki-dan perempuan, itu dikarenakan banyaknya atlit yang dikiriim dari banyak Negara sangat berfariatiif dari laki-laki dan perempuan.

Ada beberapa sejarah tentang gaya-gaya dalam pelemparan peluru di olahraga ini, antara lain adalah metode O’brien, hal ini ditujukan kepada siapa yang memulai lemparan ini yaitu Parry O’brien.

Dia menghadap ke belakang sebelum melempar pelurunya. Tehnik ini sangat popular dan mendapati pengikut paling banyak dalam olahraga ini.

Diatas merupakan sejarah dan asal-usul tentang seputar olahraga Tolak Peluru yang ada di dunia, di Indonesia sendiri olahraga ini sudah ada peminatnya dan termasuk dalam cabang olahraga yang ada dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) yang diadakan tiap 4 tahun sekali.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *