Sistem Pencernaan Ikan

Sistem Pencernaan Ikan – Pada ikan sistem pencernaannya secara anantomis dimana aat pencernaan ikan sangat berkaitan erat dengan bentuk tubuhnya, tingkah laku ikan serta umur ikan tersebut.

Sistem Pencernaan Ikan

Sistem Pencernaan Ikan

Diketahui juga kalau sistem atau alat pencernaan pada ikan sendiri terdir dari dua bagian yakni saluran pencernaan atau Bahasa latinnya tractus digestivus dan juga kelenkar pencernaan atau Bahasa latinnya adalah Glandula digestoria.

Saluran pencernaan ikan berturut – turut dari segmen mulut, rongga mulut, faringnya, esophagus, lambung, pylorus, usus, rectum, dan juga anus. Sedangakan pada sel ataupun kelenjar pencernaan sudah ada lambung, pancreas dan juga hati.

Adapun sistem pencernaan ikan itu sendiri terdiri atas rongga mulut, mulut, farings, esofagus, pilorus, usus, lambung, rektum dan anus.

  • Mulut

Organ mulut terletak pada ujun hidung dan juga diatas hidung, diatas bibir yang ada dibeberapa ikan tersetbut berperan sebagai alat peraba atu pendeteksi makanan.

Tentunya posisi mulut pada ikan tersebut sangatlah bervariasi pada setiap jenis ikan. Hal tersebut tergantung dari kebiasaan memakan ikan. fungsi mulut pada umumnya adalaha sebagai alat untuk memasukkan makanan pada diri ikan.

  • Rongga mulut

Pada bagian belakang mulut ikan sendiri terdapat ruang disebut dengan rongga mulut. Dimana rongga mulut tersebt berhubungan langsung degan faring.

Memang secara anatomis sendiri organ rongga mulut terdiri atas lidah, gigi dan jugaorgan palatin.

Adapun fungsi utamadalam rongga mulut adalah sebagai jalan mudahnya masukknya makanan dan juga terdaat organ pengecap yang berfungsi meyeleksi makanan tersebut.

  • Farings

Adapun lapisan permukaan yangterdapat di faring hampir sama dengan rongga mulut dimanamasih ditemkan organ pengecap didalamnya.

Dalam ikan memiliki fungsi faring sebagai penyaring makanan dan juga tempat pembuangan akanan yang memang tidak bisa ditelan menggunakan insang.

  • Esofagus

Esofagus ini adalah organtenggorokan dari ikan yang memiliki bentuk bak pipa, didalam eksofagus sendiri tersdapat lender yang sangat berguna dalamproses menelan bahan makanan.

Tentunya organ ini sangatlah penting, selain itu juga organ ini berperan dalam penyerangan melalui difgusi pasif, dimana air garam yang diminum konstrasi garam air lautnya akan menurun sehingga akan mempermudah penyerapan air oleh rectum dan usus belakang.

  • Lambung

Memiliki diameter yang relative besar dibandingkan dengan organ pencernaan yang lainnya. Tentu besar kecilnya ukuran lambung sangat berkaitan dengan fungsinya sebagai penampung makanan.

Pada ikan sendiri tidak terdapat lambung dan digantikan oleh usus besar yang telah dimodifikasi menjadi kantong besar.

Telah diketahui jika fungsi utama lambung adalah sebagai tempat penampungan akanan danjuga tempat perlindungan dinding lambung dari asam klorida.

  • Pilorus

Adalah organ pada ikan yang terletak diantara lambung dan juga usus depan. Bentuknya sendiri adalah kecil dan menyempit. Apa fungsinya?

Fungsi dari organ ini adalah pengatur pengeluaran makanan atau chyme dari lambung menuju usus.

  • Usus (Intestinum)

Ini merupakan organ terpanjang dalam sistem pencernaan. Usus sendiri telah disusun dari beberapa lapisan sel epitel dan juga otot – otot. Sebuah anatomi usu ikan hapir sama denga vertebrata yang ada di daratan.

Di dalam usus itu akan dieksresikan sebuah enzim-enzim pencernaan dari organ pankreas  seperti amilase, lipase dan tripsin.

Organ ini berfungsi sebagai tempat penyerapa nutrisi maanan yang terjadi di sepanjang dinding usus halus dan zat mkanan yang tidak akan dicerna kemudian akan diteruskan ke rectum untuk dibuang melalui anus.

  • Rektum

Rektum adalah saluran pencernaan terujung, memang akan sulit membedakan batasan antaran usus dan rectum. Namun secara histologis batasan antara kedua organ tesebut dapat dibedakan berdasarkan katup rectum. Fungsi dari rectum ini sendiri adalah sebagai penyerapan air dan juga ion.

  • Kloaka

Kolaka merupakan ruang tempat beruaranya saluran pencernaan dan juga saluran urogenital. Ikan yang bertulang sejati tidak memiliki kloaka namun ikan bertulang rawan mereka memiliki organ kloaka.

  • Anus

Bagian ujung dari saluran pencernaan adalah anus. Pada ikan sendiri anus terletas di sebelah depan saluran genital. Namun jika ikan memiliki bentuk tubuh yang memanjang maka anus sendiri terletak jauh dibelakang kepala berdekatan dengan pangkal ekornya.

Namun untuk ikan yang memilikitubuh yag membundar mana anus sendiri terletak jauh di depan pangkalan ekor mendekati sirip dada.

Seperti yang telah anda ketahui jika ada beberapa manfaat ikan sebagai berikut

  • Dapat melindungi mata anda dari penurunan fungsi dikarenakan penuaan. Telah banyak penelitian yang mengatakan jika runtin mengkonsumsi ikan akan dapat menurunkan degenerasi macula pada wanita.
  • Ikan dapat mencegah penyakit asma pada anak – anak. Sebuah penelitin telah menunjukkan jika anak yang telah mengonsumsi ikan akan lebih kecil terkena penyakit asma.
  • Ikan sendiri dapat menurunkan penyakit diabetes.

Demikianlah informasi tentang Sistem Pencernaan Ikan Beserta Fungsinya. semoga informasi dari artikel diatas bisa berguna dan juga bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan alam anda. Terima kasih.

Updated: —

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..