Cara Membedakan Ikan Lele Betina dan Jantan

Diposting pada

Cara Membedakan Ikan Lele Betina dan Jantan – Bisnis ikan lele bagi sebagian orang menjadi makanan favorit.

Cara Membedakan Ikan Lele Betina dan Jantan
Cara Membedakan Ikan Lele Betina dan Jantan

Bisnis budidaya ikan lele adalah salah satu usaha yang cukup menjanjikan karena seperti yang anda ketahui permintaan terhadap pasar salah satu jenis dari ikan air tawar ini memang masih sangat besar.

Tentunya hal ini dikerenakan oleh banyaknya peminat terhadap masakan olahan ikan ikan lele sehingga nantinya akan bermunculan berbagai macam usaha – usaha tempat makan dan mengusung ikan ikan lele sebagai menu utama.

Baca Juga : Sistem Pencernaan Ikan

Anda juga tahu jika ikan lele sendiri memang dapat diolah menjadi berbagai santapan lezat, sebagai contoh maraknya dipinggir jalan adalah pecel ikan lele.

Anda bisa menemukan dimanapun warung pecel ikan lele. Jika anda melihat berbagai rumah makan atau restoran yang banyak sekali mengolah ikan lele sebagai salah satu menu masakannya sehingga tentunya akan banyak permintaan pasar terhadap ikan ikan lele tersebut selalu tinggi.

Jika anda membudidayakan ikan lele maka anda harus bersiap untukbisa mengawinkannya. Dan jika anda berniat untuk mengawinkan ikan lele – ikan lele anda, perlu menjadi catatan!

jika salah satu hal yang paling penting yang harus diperhatikan pada saat mengawinkannya adalah bagaimana menentukan jenis kelamin ikan itu sendiri karena jika salah – salah menentukan maka bisa berakibat gagalnya perkawinan ikan ikan lele tersebut.

Namun jika yang anda kawinkan tersebut dengan jenis kelaminnya yang sama tentu saja anda akan gagal atau mala ikan tersebut akan berelahi sehingga bukannya untung anda tentunya akan merugi, karena bisa saja ada ikan yang sakit atau bahkan mati.

Lalu bagaimana menentukan ikan ikan lele betina dan jantan?

  • Bentuk tubuh

Tentunya ikan lele jantan sendiri dapat dikenali dari bentuk tubuhnya yang begitu langsing dan juga memanjang sedangkan pada tubuh ikan lele betina akan terlihat lebih bulat bentuknya.

Bagi para peternak ikan ikan lele yang masih pemula memang masih sulit dalam membedakan mana ikan lele jantan dan juga mana ikan lele betina karena memang memiliki ukuran dan juga bentuk tubuh yang bersifat relatif sehingga ikan tersebut harus ada beberapa ekor ikan lele sebagai pembanding.

Jika sudah berpengalaman maka tidak sulit bagi mereka untuk dapat membedakan mana ikan lele jantan dan betina dari segi bentuk tubuhnya.

  • Bentuk perut

Jika dilihat dari bentuk perutnya maka ikan lele betina akan memiliki bentuk perut yang tentunya lebih lebar daripada ikan ikan lele jantan.

Mengapa?

Karena hal ini ditujukan agar ikan ikan lele betina bisa menampung lebih banyak telur yang ada di dalam tubuhnya. Sedangkan untuk lebar perut ikan lele betina sendiri adalah sekitar 1,5 inchi daripada ikan lele jantan.

Anda bisa meraba perut ikan lele untuk dapat mengetahui apakah ikan tersebut memang telah siap kawin atau belum.

  • Kondisi perut

Perut ikan lele betina juga terasa lebih lunak atau lembek daripada ikan lele jantan sehingga cenderung terasa kenyal. Jika anda ingin meraba kondisi perutnya maka sebaiknya anda lakukan dengan hati-hati.

  • Bentuk Moncong

Yang membedakan lainnya adalah ikan lele jantan dan betina pada bentuk moncongnya. Moncong ikan lele jantan lebih cenderung runcing dan panjang, dan daripada ikan lele betina itu sendiri.

Mengapa?

Karena hal ini cenderung lebih mudah untuk dilakukan karena kita tidak perlu menangkap dan juga memegangi ikan lele tersebut.

Anda cukup memperhatikan dari jauh dan tentunya kita sudah bisa menentukan jenis kelamin ikan lele tersebut sehingga tidak akan  keliru lagi ketika mengawinkan.

  • Ukuran sirip punggung ikan lele

Selain hal tersebut diatas, Kita juga bisa membedakan ikan lele jantan dan juga betina dari ukuran sirip pada punggung ikan itu sendiri. Ikan lele jantan akan memiliki sirip punggung yang jauh lebih panjang dari pada ikan lele betina.

  • Warna sirip punggung

Selain ukuran warna sirip punggung juga bisa dijadikan salah satu acuan untuk membedakan ikan lele jantan dan betina. Ikan lele jantan memiliki warna sirip yang lebih terang daripada ikan lele betina.

  • Bentuk dan ukuran kepala

Perbedaan yang lainnya adalah bentuk tubuh dan ukuran kepala ikan lele jantan dan juga betina. Ikan lele jantan mempunyai ukuran kepala yang lebih kecil dan juga agak gepeng serta pendek dibandingkan dengan ikan lele betina.

  • Kelincahan gerakan

Bentuk tubuhnya yang lebih ramping ini membuat ikan lele jantan mempunyai gerakan yang lebih lincah dan juga gesit daripada ikan lele yang betina.

Namun tentunya hal ini sifatnya tidaklah mutlak dikarenakan ada juga sebagian ikan lele yang  betina memiliki gerakan yang cukup lincah mirip – mirip dengan ikan lele jantan.

Anda juga perlu pengalaman yang begitu banyak untuk bisa menentukan jenis kelamin ikan lele jantan atau betina dengan hanya melihat pergerakannya saja.

  • Keagresifan

Ikan lele jantan akan terlihat lebih agrefif sedangkan ikan lele betina yang cenderung lebih pasif. Tentu hal ini juga dapat dibuktikan dengan memasukkan seekor ikan lele betina ke beberapa ikan lele jantan yang telah siap untuk kawin ke dalam satu kolam.

Akan ada penampakan ikan lele-ikan lele jantan  akan bertarung saat memperebutkan ikan lele betina.

Itulah yang bisa menjadi acuan anda dalam membedakan mana ikan lele betina dan juga ikan lele jantan, walupun memang diperlukannya sebuah pengalaman.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *