Faktor-faktor yang Mempengaruhi Semangat Kerja

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Semangat Kerja – Profesi atau pekerjaan harus dilakukan dengan penuh semangat. Tujuannya adalah supaya pekerjaan yang di lakukan selesai tepat waktu dengan hasil yang memuaskan. Apresiasi besar dari atasan bisa kita terima jika pola pengerjaan anda semacam ini. Tentu, kenaikan gaji dan jabatan tidak sulit untuk anda raih.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Semangat Kerja

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Semangat Kerja

Syarat untuk bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan sukses adalah semangat kerja anda harus tinggi. Anda tidak boleh malas malasan dan anda juga harus disiplin baik dari segi disiplin waktu, berpakaian hingga disiplin dalam menyelesaikan semua pekerjaan.

Baca Juga :

Namun, masalahnya adalah semangat kerja kadang turun naik. Akibatnya teguran dari atasan sering anda terima. Nah, agar semangat kerja kita terus stabil, maka berikut ini kami list faktor faktornya. Silahkan simak faktor faktor tersebut lalu terapkan ketika bekerja. Niscaya semangat anda tidak akan pernah mengalami penurunan.

MANFAAT BEKERJA DENGAN SEMANGAT TINGGI

Sebelum kami list faktor faktor tersebut, perlu juga kiranya dijelaskan tentang manfaat bekerja dengan semangat tinggi. Ini dia listnya, yaitu :

  1. Pekerjaan selesai tepat waktu
  2. Mendapat pujian dari atasan
  3. Muncul Kepuasan diri
  4. Ada kompensasi luar biasa seperti promosi, kenaikan gaji hingga kenaikan pangkat
  5. Lebih Cinta Pada Pekerjaan
  6. Masa Depan lebih cerah
  7. Membantu perusahaan atau kantor berkembang lebih baik
  8. Siap bersaing dengan pekerja profesional yang lebih senior
  9. Mudah mendapat pekerjaan

Dan masih banyak lagi manfaat bekerja dengan semangat tinggi yang lainnya. Selanjutnya terserah anda, apa masih mau bekerja malas malasan atau dengan spirit luar biasa.

FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SEMANGAT KERJA

Setelah anda tahu manfaat bekerja dengan semangat tinggi, tentu harapan anda adalah bagaimana agar semangat atau spirit anda tidak turun naik. Nah itu ada faktor pendukungnya yang bisa anda coba, yaitu :

  1. Kebutuhan Sehari hari Yang Harus Terpenuhi

Salah satu alasan kita bekerja adalah agar kebutuhan harian kita terpenuhi. Jika kebutuhan harian kita telah terpenuhi dari gaji pekerjaan kita, tentu semangat bekerja kita lebih tinggi.

Indikasinya adalah takut kita dipecat. Kalau kita dipecat artinya kita kehilangan penghasilan yang mengakibatkan kebutuhan harian kita tidak terpenuhi lagi.

  1. Biaya Kebutuhan Yang Semakin Mahal

Di jaman sekarang disebut juga jaman sulit. Hal ini disebabkan oleh biaya kebutuhan yang semakin mahal bahkan seakan tidak akan terbeli. Beruntunglah bagi orang yang sudah memiliki pekerjaan mapan.

Karena dengan bekerja penuh semangat, biaya kebutuhan yang mahal tersebut tidak akan berpengaruh. Sebaliknya kalau anda bekerja tanpa komitmen, tentu gaji anda akan tetap rendah sedangkan biaya hidup malah meninggi.

  1. Sifat Baik Pimpinan

Pemimpin yang baik, sopan, bijaksana, adil dan berintegritas merupakan sosok pimpinan yang akan dicintai oleh bawahannya. Hal inilah yang akan memantik semangat kerja mereka sehingga mereka tidak ragu untuk memberikan hasil pekerjaan terbaiknya untuk perusahaan.

  1. Situasi Kantor atau Perusahaan

Jika situasi kantor kondusif, serta kerja sama antara pekerjanya terbangun dengan solid dan kompak tentu, semangat kerja secara kolektif akan terbangun dengan sendirinya. Akibatnya adalah, etos kerja di perusahaan tersebut akan maju pesat yang akan berefek pada usaha perusahaan menjadi lebih maju dan berprogres.

  1. Sulitnya Lapangan Kerja

Di jaman digital semacam ini pekerjaan justru semakin sulit. Hal ini terlihat dari banyaknya sarjana yang menganggur.  Maka dari itu, jika anda sudah dikaruniai pekerjaan tetap apalagi mapan, maka mempertahankannya adalah cara yang bijak. Nah cara mempertahankannya adalah dengan meningkatkan etos atau semangat kerja.

  1. Ada Produk atau Jasa yang Akan Dibeli Tiap Bulan

Orang bekerja tidak hanya untuk mencukupi kebutuhan harian saja. Pasti ada kebutuhan kebutuhan dadakan yang ingin dibeli setiap bulan. Seperti beli sepatu kesayangan, berjalan jalan ke tempat wisata setiap akhir bulan, membayar iuran bulanan anak dan lain lain.

Nah, semua keinginan diatas membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tentu, cara untuk menutupi biaya tersebut adalah bekerja dengan semangat supaya gaji yang diterima tetap lancar atau bahkan bisa membuat anda mendapatkan peluang promosi yang lebih tinggi dengan kompensasi gaji yang anda terima juga tinggi.

FAKTOR FAKTOR PENURUN SEMANGAT KERJA

Nah, setelah kami list faktor faktor penyemangat kerja, maka berikut ini kami list pula faktor faktor yang bisa membuat semangat kerja anda menurun dengan drastis, yaitu :

  1. Pemimpin arogan dengan Kebijakan tidak manusiawi
  2. Gaji yang diberikan tidak seusai dengan jenis pekerjaan
  3. Suasana kantor tidak kondusif dan tidak ada kekompakan tim
  4. Pimpinan tidak pernah memberikan kompensasi apapun kepada karyawannya
  5. Bekerja dibawah tekanan
  6. Terjadinya masalah pribadi yang dibawa ke ranah pekerjaan
  7. Mood diri dan kesehatan fisik
  8. Masalah Kedisiplinan dan etos kerja

Itulah faktor faktor yang mampu meningkatkan semangat kerja sekaligus bisa menurunkannya. Semoga artikel ini bisa anda jadikan sebagai tips untuk meningkatkan spirit anda ketika berkerja.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *