Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Alasan, Tujuan dan Sistem Food and Beverage

Pengertian, Alasan, Tujuan dan Sistem Food and Beverage – Sebuah penginapan atau hotel, tidak semata memberikan pelayanan kamar terbaik seperti, kamar yang luas dan  harum, kasur yang empuk, spray dan selimut yang lembut, TV yang besar, DVD canggih dll.

Pengertian, Alasan, Tujuan dan Sistem Food and Beverage

Pengertian, Alasan, Tujuan dan Sistem Food and Beverage

Tetapi yang perlu diperhatikan juga oleh pihak pengelola adalah layanan mamin atau layanan makan minum konsumen selama ia menginap. Alhasil, food and beverage merupakan layanan hotel yang juga wajib tersedia.

Food anda beverage merupakan layanan hotel yang mengurus makan minum konsumen. Tetapi, kerja layanan ini tidak sebatas di dalam dapur saja, tetapi juga masuk pada sistem perhotelan lainnya. Nah, biar anda tidak bingung, mari kita simak saja artikel eksklusif tentang Food and Beverage.

PENGERTIAN FOOD AND BEVERAGE

Food and beverage merupakan istilah bahasa ingris yang memiliki arti makanan dan minuman. Dua istilah ini, dijadikan sebagai satu layanan eksklusif pada sebuah tempat publik yang fungsinya memang tidak lepas dari istilah awalnya yaitu untuk melayani makan dan minum.

Food and bevereve adalah pelayanan makanan dan minuman di sebuah hotel atau penginapan. Tujuannya adalah supaya kebutuhan makan dan minum konsumen menjadi terpenuhi.

Dengan adanya food and beverage ini, sarana dan prasarana hotel terlihat lengkap, sistematis dan kompak. Sehingga konsumen merasa dilayani dengan baik sehingga ada indikasi di kesempatan berikutnya si konsumen akan memilih hotel yang sama sebagai tempat menginap.

Nah, dari narasi diatas, bisa kami tarik kesimpulan kalau food and beverage merupakan layanan di dalam sebuah hotel yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum konsumen dengan cara sistematis sehingga konsumen merasa puas dan bersedia menjadi pelanggan tetap dan setia.

ALASAN FOOD AND BEVERAGE

Munculnya layanan food and beverage disebabkan berbagai alasan. Ada alasan prinsipil sebagai pemenuhan hak hak manusia, ada juga karena alasan bisnis yang berhubungan dengan mencari profit sebesar besarnya. Berikut ini kami list alasan alasan diadakannya layanan food and beverage, yaitu :

  1. Manusia Membutuhkan Makanan dan minuman yang enak dan bersih
  2. Mencari Profit Besar Dari Berbagai Layanan yang Disediakan
  3. Menarik minat pelanggan dari sistematisasi layanan hingga menu yang disajikan
  4. Membantu pelanggan menggunakan waktunya lebih efektif dan efisien
  5. Membuka lapangan kerja untuk masyarakat sekitar
  6. Bersaing sehat dengan pengusaha hotel atau penginapan yang lainnya

TUJUAN FOOD AND BEVERAGE

Dibuatnya layanan food and beverage bukan tanpa sebab. Tetapi disana ada tujuan yang harus dicapai yang puncak dari tujuan tersebut adalah keuntungan sebesar besarnya dalam waktu yang secepat cepatnya. Baik yang berupa keuntungan finansial maupun keuntungan psikologis pemilik hotel atau si pengelolanya.

Ini dia tujuan tujuan dibuatnya layanan food anda beverage, yaitu :

  1. Hotel Terkenal hingga ke Mancanegara
  2. Konsumen merasa puas dan senang
  3. Hotel sering dijadikan rujukan penginapan terbaik
  4. Pelayan hotel banjir tip dan pujian
  5. Modal pendirian usaha bisa balik dengan cepat
  6. Merajai usaha penginapan di Indonesia

Tujuan tujuan tersebut bisa terlaksana jika layanan food and beverage nya bekerja dengan baik. Jika tidak, justru efek sebaliknya bisa dirasakan oleh hotel tersebut seperti :

  1. Kehilangan nama Baik
  2. Ditinggalkan oleh konsumen
  3. Mendapatkan kritik keras dari konsumen
  4. Tersingkir dari Persaingan dengan usaha perhotelan lainnya
  5. Hotel selalu mendapat kerugian yang besar

Nah, jika anda sudah tahu efek negatif apabila food anda beverage tidak berjalan dengan baik, seharusnya layanan ini juga dimasukkan ke dalam prioritas utama perhotelan. Bahkan di kampus kampus perhotelan dan pariwisata, masalah food and beverage harus dijadikan sebagai kurikulum inti.

SISTEM FOOD AND BEVERAGE

Sistem food and beverage adalah cara melakukan layanan makanan dan minuman, sehingga bisa dimanfaatkan oleh pelanggan dengan baik sehingga pelanggan merasa puas. Sistem food and beverage ini dibagi menjadi dua yaitu :

  1. Front Service

Sistem food and beverage front service bisa disebut layanan food and beverage tidak langsung. Karena masih membutuhkan pihak ketiga sebagai penyedia makanan dan minuman pelanggan seperti, receptionist, pengantar makanan dan minuman, room service, penerima telepon pelanggan dari kamar hotel dan lain lain.

  1. Back Service

Back service adalah layanan food and beverage langsung yang berhubungan dengan dapur. Disinilah fungsi para koki dan pembantu pembantunya yang akan menyiapkan menu tidak hanya nikmat tetapi tersaji dengan baik. Para koki bisa mengantarkan langsung kepada pelanggan jika memang dibutuhkan.

Nah, sistem diatas lah yang dikelola dengan baik sehingga terlahirlah proses layanan food and makanan yang sistematis sehingga pelanggan tidak hanya suka pada menu makanan dan minumannya tetapi juga pada pelayanannya.

Itulah pengertian food and beverage lengkap dengan alasan, tujuan dan caranya. Semoga literatur ini bisa meningkatkan pemahaman kita tentang layanan layanan yang ada di hotel dan penginapan.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018