Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Alpukat

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Alpukat – Siapa yang tidak tahu tanaman buah ini, selain rasa yang khas, alpukat juga kaya akan kandungan lemak non jenuh dan sangat sehat sekali untuk tubuh anda.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Alpukat

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Alpukat

Alpukat secara teori dan dalam kamus KBBI berarti Avokad adalah seuatah tanaman yang menghasilkan buat yang daoat dikonsumsi serta bernilai ekonomi yang tinggi, bahkan di beberapa negara buah ini dijadikan buah meja dan sering sekali disajikan dalam bentuk jus, bisa menjadi produk kecantikan herbal, atau langsung makan segar.

Kamu tahu alpukat asli mana?

Yah tanaman ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan tenah dibudiyakan dengan sangat – sangat besar di tanah Amerika Sekaltan dan Amerika Tengah.

Baca Juga :

Tentunya tanaman alpukat ini memiliki kasiat yang sangat baik bagi kesehatan manusia. Batang pohonnya sendiri bisa dijadikan bahan bakar yang bermanfaat, kulit tanama alpukat juga bisa dibuat produk pewarna coklat dimana diambil dari produk berbahan dasar kulit.

Daunnya sendiri anda bisa jadikan berbagai macam pengobatan seperti kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri syarat, nyeri lambung dan menstruasi yang tidak teratur.

Ini yang paling sering dikonsumsi tentunya yaitu daging buahnya yang bisa dijadikan berbagai macam hidangan atau campuran makanan, dan juga bisa menjadi bahan dasar produk kosmetik dan kecantikan sedangkan bijinnya bisa dijadikan bahan pewarna pakaian sehingga tidak mudah luntur.

Mengenai klasifikasi tanaman alpukat dan juga morfologi tanaman alpukat sendiri telah di bagi menjadi beberapa bagian. Seperti berikut

Klasifikasi tanaman alpukat

  • Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
  • Subkingdom : Trachebionta (Tumbuhan berpembuluh)
  • Super divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
  • Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)
  • Sub kelas : Magnoliidae
  • Ordo : Laurales
  • Famili : Lauraceae
  • Genus : Persea
  • Spesies : Persea Americana

Morfologi Tanaman Alpukat

Batang alpukat

Batang yang terdapat di tanaman Alpukat sendiri memiliki bentuk bulat memanjang dengan ukuran panjang 5 sampai 10 meter, warna batang alpukat bewarna kecoklatan, batangnya juga berkayu dan sangat keras serta memilikilapisan kulit yang begitu keras, batangnya sendiri memilki banyak percabganan dan ranting.

Buah alpukat

Pada tanaman alpukat sendiri memang memilii buah yang berbentuk bulat oval yang memiliki panjang 10 sampai 29 cm. warna nya kehijauan, ada yang kekuningan sedangakan pada permukaan kuliat buah sendiri terdapat bitnik halus yang berwarna keunguan. Buah alpukat ini berdaging lumayan tebal berwarna kuning tua dan hijau muda, biji berbentuk bulat dan berwarna putih.

Daun alpukat

Sistem perdaudanan alpukat sendiri memiliki sistem perdauanan tunggal dengan corak seperti warna daun hijau dan ada juga yang berwarna kemerahan, daun alpukat sendiri berbentuk bulat terlur ataupun oval, pangkal dedaunan yang meruncing dimana bagian daun rata dan menggulung ke atas, ukuran panjang daunannya sendiri adalah sekitar 10 sampai 20 cm dan lebarnya sekitaran 3 sampai 10 cm dengan permukaan dau yang begitu halus sedangakan sistem pertulangan daun alpukat adalah berbentuk menyirip.

Akar alpukat

Alpukat memiliki sisitem perakaran tanaman tunggang dengan memimiliki panjang antara 5 sampai 10 meter, akar alpukat sendiri ada yang menyebar secara luas di permukaan tanah dan memiliki panjang hingga mencapai 5 sampai 6 meter bahkan lebih.

Akar yang terdapat di Alpukat ini berguna sekali untuk menyerap air dan unser hara yang ada di dalam tanah, selain itu akar juga berfungsi untuk menopang tubuhnya agar nantinya dapat berdiri kokoh.

Bunga alpukat

Tanaman alpukat ini memiliki bunga yang majemuk dan mempunyai kelamain ganda, bunganya sendiri memilki bentuk hampir menyerupai bintang dengan warna kekuningan dan hijau.

Bunga sendidi akan muncul pada ketiak daun atau rantingnya yang berbentuk malai, untuk penyerbukan sendiri tanaman alpukat dibantu oleh angina, serangga, hujan atau dengan perantara binatang yang ada di sekitarnya.

Biji alpukat

Untk biji seniri tanaman alpukat berada di dalam  buah yang berbentuk bulat telur atau oval, warnanya sendiri putih dengan diameter 2,5 sampat 5 cm.

Pada bijinya berfungsi sebagai alat untuk perbanyakan diri secara alami untuk tanaman ini. Biji tersebut akan berkecambah jikalau jatuh secara tepat di kondisi tanah yang subur dan sangat baik cukup air.

Manfaat tanaman alpukat

Ada beberapa memang manfaat tanaman buah alpukat seperti berikut ini:

  1. Untuk kesehatan jantung
  2. Tanaman ini dapat mengontrol tekanan darah anda
  3. Sebagai buah yang Anti-inflamasi
  4. Dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  5. Untuk kesehatan mata anda
  6. Berguna untuk mencegah cacat lahir
  7. Tanaman ini mampu mengurangi resiko stroke
  8. Tanaman alpukat juga memiliki khasiat untuk mencegah kanker
  9. Telah banyak yang telah ditunjuukan jika alpukat dapat berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan dari kanker prostat, dimana asam oleat dalam alpukat ini juga sagat efektik untuk mencegah kanker pada payudara.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *