Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Durian

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Durian – Durian adalah tanaman musiman yaitu tanaman yang berbuah pada musim tertentu saja.

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Durian

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Durian

Siapa yang tidak tahu buah durian? pastinya semua orang sudah mengenal buah yang memiliki harum yang khas ini.

Baca Juga : Jenis Penyerbukan Buah Durian

Buah durian terkenal akan rasanya yang sangat lezat dan memiliki daging yang legit. Buah durian memiliki wangi atau harum yang sangat khas.

Tanaman durian dapat bertumbuh dengan baik dan sempurna, jika ditanam di ketinggian 150-500 meter di atas permukaan laut, jika tanaman durian ditanam lebih tinggi 50 m maka kana mengurangi mutu dari durian itu.

Tanaman durian adalah salah satu jenis tanaman berbuah yang dapat bertumbuh dengan sempurna pada daerah tropis, seperti Indonesia.

Jenis-jenis durian yang ada di Indonesia adalah :

  • Durian merah, durian ini memiliki warna yang merah sesuai dengan nama durian itu sendiri. Memiliki daging buah yang sangat tebal, rendah kadar alkohol dan buahnya memiliki wangi yang sangat menyengat. Durian ini asli dari Banyumas-Jawa tengah
  • Durian pelangi, warna yang dimiliki dari durian pelangi adalah beraneka ragam warna. Daging yang dimiliki dari buah tanaman durian pelangi adalah lebih dari satu. Durian pelangi adalah asli asal Papua-Manokwari.
  • Durian petruk, durian ini memiliki bentuk yang lonjon.
  • Durian bawor, ini adalah durian jenis baru yang belum banyak orang mengetahuinya. Durian bawor ini adalah durian yang melakukan teknik persilangan antar durian unggul. Durian ini memiliki kesamaan dengan durian monthong.

Berikut klasifikasi dari tanaman durian :

  • Divisi : Spermatophyta Tumbuhan berbiji
  • Sub Divisi : Angiospermae Berbiji tertutup
  • Kelas : Dicotyledonae Biji berkeping dua
  • Ordo : Bombacales
  • Famili : Bombacaceae
  • Genus : Durio
  •  Spesies : Durio zibethinus Murr

Tanaman durian juga memiliki morfologi seperti tanaman pada umumnya, mari kita simak mengenai apa saja morfologi yang dimiliki oleh tanaman durian, antara lain adalahs sebagai berikut :

1. Daun

Daun yang dimiliki oleh tanaman durian mempunyai bentuk yang beraneka ragam, atau bervariasi tergantung dari jenis tanaman durian tersebut.

Contoh bentuk daun durian yaitu mempunyai bentuk yang lanset, lonjong ukuran panjang daun durian adalah antara 10 -17 cm dan lebar daun durian 3-4,5 cm.

Daun durian ini terdapat pada selingan antara daun ke daun lainnya, memiliki tangkai, lancip pangkal, lancip melandai.

Jika kita amati dengan cermat dan lebih dekat daun durian memiliki warna hijau pada bagian atas dan memiliki warna perak agak emas pada bagian bawah dan juga memiliki bulu halus.

2. Batang

Tanaman durian memiliki batang, batang tersebut adalah jenis dari batang tumbuhan berkayu. Mempunyai bentuk silinder.

Batang dari tanaman durian ini di gunakanan oleh kalangan masyarakat sebagai perabitan rumah dan juga bahan bangunan. Karena memiliki bentuk yang kokoh dan kuat dan juga tumbuh tegak lurus keatas.

3. Bunga

Tanaman durian memiliki bunga, bentuk dari bunga tanaman durian ini menyerupai mangkon yang tersusun didalam tangkai. Bunga durian ada pada batang atau cabang – cabang yang sudah tua dibagian pangkal , yang hidup dengan cara berkelompok.

4. Akar

Tanaman durian memiliki dua jenis bentuk akar, yaitu akar tunggang dan juga akar tunggal.

5. Buah

Buah yang dimiliki oleh tanaman durian ini memiliki kulit berduri tajam. Buah durian ini memiliki struktur yang tebal dan warna nya hijau agak kekuningan dan juga yang berwarna coklat sampai keabu-abuan.

Buah durian ini dapat berbuah selama 90-140 hari, jika sudah melewati jumlh hari tersebut, maka buah durian dapat langsung dipanen.

6. Biji

Yang dimiliki tanaman durian ini memiliki warna merah kecolklatan. Pada satu ruang durian terdapat 1 sampai dengan 6 biji. Biji durian telah ada pada daging durian.

Cara menanam tanaman durian agar tanaman durian dapat tumbuh dan berkembang subur dan juga cepat memiliki buah adalah sebagai berikut :

  • Sebaiknya menanam benih ditempat yang teduh, dan buatlah atap dimana benih tersebut diletakkan.
  • Atap yang sudah dibuat dapat dibuka kembali, tetapi harus menunggu tanaman durian yang ditanam mencapai enam bulan.
  • Menanam rumput pada seluruh area dimana kita menanam tanaman durian dan terus perhatikan dan jaga kelembaban tanah.
  • Bersihkan area sekitar tanaman durian dari segala yang mengganggu proses pertumbuhan.
  • Pada awal menanam , menyiram hanya dibutuhkan sehari dua kali saja, pagi dan sore hari, perhatikan juga ya, tanah tidak boleh kelebihan air.
  • Jika tanaman durian sudah berusia satu bulan, maka menyiram yang tadinya dua kali diganti menjadi tiga minggu sekali.
  • Beri pupuk sesuai dosisnya. Beri pupuk kompos atau pupuk kandang satu tahun sekali dimana akhir musim hujan dengan dosisnya 15-20kg perpphon.
  • Jika ingin tanaman durian cepat berbuah, rajin melakukan pemangkasan akar.

Demikianlah penjelasan klasifikasi dan juga morfologi dari tanaman durian, semoga bermanfaat bagi yang sedang mencari apa itu durian ?

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *