Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Buah Durian

Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Buah Durian – Agar buah durian bisa menghasilkan buah yang memiliki rasa yang lezat dan sedap, tentu saja ada beberapa cara perkembangbiakan.

Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Buah Durian

Proses Cara Dan Jenis Penyerbukan Buah Durian

Dalam perkembangbiakan ini sangat perlu diperhatikan, salah satunya yakni fase pertumbuhan buah durian yang penting dalam hal ini adalah fase penyerbukan.

Baca Juga : Penyerbukan Bunga Asoka

Fase penyerbukan ini yaitu suatu kegiatan bertemunya antara sel kelamin jantan dengan sel kelamin betina, sehingga akan menghasilkan zigot.

Zigot adalah sebuah hasil reproduksi dari perkembangbiakan tumbuhan, yang terjadi secara generatif sehingga dapat terus menerus berkembang dan bertahan hidup.

Tetapi apa anda mengetahui tentang bagaimanakah cara penyerbukan bunga duriab?

Tentu saja banyak orang yang belum mengetahuinnya. Pada kesempatan kali ini kami akan sampaikan beberapa cara penyerbukan bunga durian bisa terjadi.

Tetapi sebelum memasuki kedalam pembahasan utama, kami akan pekenalakan anda terlebih dahulu dengan bagian bagian bunga dan struktur anatomi dari bunga durian.

Bunga durian ini salah satu bunga yang masuk kedalam kategori bunga yang lengkap dan bunga sempurna.

Karena itulah bunga durian ini memiliki alat kelamin bunga dalam 1 bunga. Struktur anatomi bunga durian ini terjadi dari dasar bunga, kelopak bunga, tajuk, benang sari dan putik.

Berikut ini akan kami berikan penjelasan tentang struktur anatomi yang ada didalam bunga durian. Durian.

  • Dasar bunga durian : dasar bunga ini memiliki fungsi untuk menyokong bunga supaya bisa berdiri.
  • Kelopak bunga durian : kelopak bunga berfungsi untuk melindungi bunga ketika kuncup.
  • Tajuk : tajuk berfungsi untuk menarik perhatian hewan pollinator.
  • Bunga sari : benang sari berfungsi sebagai organ kelamin jantan pada.
  • Putik : putik ini memiliki fungsi sebagai organ kelamin betina.

Bagian dasar bunga durian ini memiliki bentuk yang rata, sedangkan untuk kelopaknya berwarna hijau memiliki bentuk seperti bulu. Mahkota dari bunga durian ini tersusun dengan rapi, dan memiliki warna putih kekuningan.

Bisa dibilang mahkota bunga durian ini cukup indah, saat bunga mekar. Untuk bagian benang sari danputik ini berada pada bagian tenga mahkota, tepatnya berada di bagian dasar bunga. Sedangkan untuk putiknya berada di tengah tengah mahkota bunga.

Dengan begitu bunga durian ini memiliki posisi benang sari dan putik seperti itu bisa dilakukan penyerbukan dengan beberapa agen. Misalnya saja penyerbukan ini dilakukan oleh hewan maupun manusia.

Tetapi banyaknya manfaat dari buah durian ini sebagai salah satu sumber pangan. Namun tidak hanya itu saja manfaat dari buah durian yakni sebagai sumber obat maka penyerbukan dengan manusia banyak dilakukan.

Adapun keuntungan dari tanaman durian yakni anda bisa mengatur bunga durian mana yang ingin anda lakukan penyerbukan.

Berikut ini akan kami berikan beberapa cara penyerbukan bunga durian yang paling sering dilakukan oleh beberapa orang :

  1. Anda harus menyiapkan bunga durian yang akan anda gunakan, yang harus anda perhatikan yakni bunga durian yang sudah mekar sempurna. Atau bunga durian yang mengeluarkan aroma durian. Bunga durian memiliki bentuk berupa mangkok dengan 5 helai kelopak
  2. Setelah itu anda bisa ambil serbuk sari pada yang ada pada bagian bunga durian. Taruh serbuk sari bunga durian tersebut pada larutan air yang disimpan dalam botol semprot. Dengan menggunakan air ini akan mempermudah serbuk sari tidak mudah berpindah tempat.
  3. Setelah itu anda bisa semprotkan serbuk sari durian pada bunga durian yang akan anda lakukan penyerbukan.
  4. Lalu bakal dari buah durian akan muncul, jika penyerbukan anda ini berhasil. Dan ini akan ditandai dengan bentuk buah berukuran diameter 5 cm berwarna cokelat muda atau hijau muda.

Tidak hanya itu saja teknik penyerbukan yang perlu anda perhatikan yakni letak bunga durian. Tentu saja hal ini sangat penting dalam melakukan penanaman tanaman ini.

Para petani biasanya akan memanfaatkan bunga durian yang berada di bagian batang saja sedangkan pada bagian tumbuh tanaman durian tidak dimanfaatkan.

Hal ini dilakukan karena akan menganggu sebuah proses fotsintesis yang terjadi pada tumbuhan durian, karena ini akan memerlukan banyak energi. Dalam penggunaaan jenis hormon ini biasanya digunakan untuk membantu pertumbuhan pohon durian.

Agar pohon durian memiliki ukuran tinggi, buah dan bunga yang sesuai dengan yang diharapkan. Nah itulah artikel tentang proses cara dan jenis penyerbukan buah durian yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini.

Tentu saja proses cara dan jenis penyerbukan buah durian ini perlu anda perhatikan jika anda ingin mendapatkan ukuran pohon dan buah seperti yang anda inginkan.

Tidak hanya itu saja semoga artikel kesempatan kali ini bisa menambah wawasan anda dalam melakukan penyerbukan pada bunga durian. Sekian, terimakasih.

Baca Juga : Penyerbukan Bunga Alamanda

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *