Pengertian, Konsep, Tujuan dan Fungsi Manajemen Pemasaran

Diposting pada

Pengertian, Konsep, Tujuan dan Fungsi Manajemen Pemasaran – Pengertian dari manajemen pemasaran adalah suatu proses yang digunakan oleh suatu perusahaan atau individu yang melakukan usaha dalam memperkenalkan produk atau jasa yang akan dipasarkan dan bertujuan dalam mempertahankan kelangsungan kegiatan perusahaan tersebut untuk mendapatkan keuntungan.

Pengertian, Konsep, Tujuan dan Fungsi Manajemen Pemasaran
Pengertian, Konsep, Tujuan dan Fungsi Manajemen Pemasaran

Sedangkan secara umum, pengertian manajemen pemasaran merupakan suatu proses penganalisaan, perencanaan, pelaksanan serta pengawasan suatu program yang memiliki tujuan untuk menciptakan pertukaran dengan pasar yang bertujuan dalam pencapaian tujuan perusahaan.

Baca : Segmentasi Pasar Adalah

Konsep Manajemen Pemasaran

Falsafah dari konsep pemasaran yakni memiliki tujuan untuk memberikan kepuasan pada pemenuhan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Semua kegiatan dalam perusahaan yang mengacu pada konsep pemasaran harus diarahkan untuk memenuhi tujuan tersebut.

Dengan kata lain, definisi dari konsep pemasaran menurut Stanton pada tahun 1978 yaitu merupakan sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa upaya pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.

Adapun beberapa elemen penting dalam melaksanakan manajemen pemasaran adalah sebagai berikut :

  • Orientasi konsumen / pasar / pembeli
  • Volume penjualan yang menguntungkan
  • Koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan.
  • Market oriented berorientasi pada keinginan Konsumen
  • Penyusunan kegiatan pemasaran secara terpadu
  • Pencapaian tingkat kepuasan Konsumen

Konsep manajemen pemasaran sendiri sejatinya meliputi penentuan segala upaya dan strategi yang akan dilakukan oleh manajemen yang bertujuan untuk mencapai tingkat kepuasan dan pemenuhan kebutuhan konsumen.

Selain itu, terdapat beberapa konsep dasar pelaksanaan kegiatan manajemen pemasaran, antara lain :

  • Konsep Produksi

Konsep ini berorientasi pada produksi untuk mencapai efisiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. yaitu, konsumen akan menyukai produk yang tersedia di berbagai tempat dan ekonomis.

  • Konsep Produk

Konsep produk berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu atau kualitas, performansi yang terbaik.

  • Konsep Penjualan

Konsep penjualan berpendapat bahwa suatu organisasi atau sistem manajemen harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif dalam meraih perhatian konsumen.

Tujuan Manajemen Pemasaran

Adapun tujuan manajemen Pemasaran antara lain sebagai berikut :

  • Bertujuan untuk mengamati kebutuhan ataupun keinginan dari konsumen
  • Bertujuan untuk mengembangkan suatu konsep-konsep produk atau barang untuk sebuah kebutuhan dan kepuasan konsumen atau pasar
  • Bertujuan untuk membuat desain produk dan untuk mengembangkan dalam pembungkusan maupun merk
  • Bertujuan untuk mengatur distribusi dan untuk memeriksa penjualan
  • Bertujuan untuk mengatur harga untuk mendapatkan Return on Investment yang layak.
  • Untuk mendapatkan laba atau keuntungan
  • Untuk mendapatkan konsumen atau pelanggan
  • Untuk meningkatkan pelanggan atau konsumen
  • Untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dijalani
  • Untuk bersaing dengan perusahaan lain

Selain itu, terdapat eberapa tujuan utama dari manajemen pemasaran ialah :

  1. Jangka Pendek

Tujuan jangka pendek bagi perusahaan yakni mendapatkan keuntungan secepat mungkin. Artinya, kegiatan tersebut dapat menutup semua biaya-biaya produksi yang digunakan, dan apabila terdapat kelebihan maka dikatakan laba.

  1. Jangka Menengah

Tujuan jangka menengah yakni mampu mengusahakan untuk dapat mencapai titik impas antara total biaya produksi dan total volume penjualan, mampu memperluas sasaran promosi, dan mampu memperbesar cakupan volume penjualan.

  1. Jangka Panjang

Tujuan jangka panjang perusahaan yakni mampu mempertahan para konsumen agar tetap setia dengan produk perusahaan tersebut, antara lain dengan dikembangkannya produk yang lebih inovatif, kreatif dan berdaya guna lebih, serta memberikan potongan harga khusus bagi pelaggan.

Fungsi Manajemen Pemasaran

Adapun fungsi manajemen pemasaran yakni:

  • Untuk melakukan distribusi
  • Untuk melakukan riset konsumen
  • Untuk menetapkan harga
  • Untuk mengembangkan produk
  • Untuk memberikan service atau layanan kepada pelanggan

Baca Juga : Pengertian Prilaku Konsumen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *