5 Negara Terkecil Di Benua Asia

Negara Terkecil Di Asia – Vatikan masuk sebagai negara yang terkecil di dunia yang memiliki luas wilayah 0.44 kilometer persegi, di wilayah tersebut juga dihuni oleh 839 jiwa.

5 Negara Terkecil Di Benua Asia

5 Negara Terkecil Di Benua Asia

Lantas jika Vatikan adalah yang terkecil di dunia, maka di Asia negara mana saja yang memiliki luas wilayah paling kecil se-Asia?

Apakah Indonesia masuk menjadi salah satunya? Silahkan simak pembahasan secara lebih lengkapnya melalui tulisan yang ada di bawah ini.

1. Macau

Macau merupakan salah satu negera di dunia yang luas wilayahnya hanya 25 kilometer persegi. Macau ini mencatatkan 460,823 populasi dengan kepadatan penduduk yang mencapai 18,473.3 dengan ibukotanya Macau.

2. Maladewa

Negara dengan ibukota Victoria ini memiliki luas wilayah yang hanya 300 kilometer persegi. Meskipun begitu, jumlah penduduk yang tinggal di Maladewa mencapai 393,253 jiwa.

3. Palestina

Palestina yang berada di Asia Barat memang sudah kehilangan jalur Gaza, meskipun demikian Palestina di saat ini tercatat memiliki wilayah dengan luas yang hanya 363 kilometer persegi.

Tercatat 1,537,269 populasi di Palestina. Bukan hanya itu, negara yang beribukota di Gaza ini bahkan memiliki kepadatan penduduk yang mencapai 3,315.7 jiwa.

4. Bahrain

Menempati urutan keempat, negara dengan ibukota Manama yaitu Bahrain hanya memiliki luas wilayah 665 kilometer persegi. Populasi 718,306 tercatat dari Bahrain, sementara tingkat kepadatan penduduk yang juga cukup sedikit yakni 987.1 jiwa.

5. Singapura

Tentu nama Singapura sudah tidak asing lagi di telinga penduduk Asia, negara yang dikenal dunia dengan patung Merlion-nya ini hanya memiliki wilayah seluas 704 kilometer persegi.

Dari luas tersebut diketahui bahwa populasinya mencapai 4,608,167 dengan kepadatan penduduk 6,369.0 jiwa. Hingga saat ini negara Asia terkecil nomor 5 di Asia ini memiliki ibukota yang sama yaitu Singapura.

Itulah nama-nama negara yang masuk dalam kategori negara paling kecil di Asia. Paling tidak meskipun terkecil di Asia, negara-negara tersebut masih memiliki wilayah yang luasnya tidak sekecil Vatikan. Jadi, masih banyak penduduk yang bisa tinggal di dalamnya dengan cukup leluasa.

Baca Juga : Pengertian Negara

Updated: —

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *