Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri dan Contoh Brosur

Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri dan Contoh Brosur –Kegiatan menawarkan produk atau jasa yang kita punya terasa tidak lengkap jika hanya mengandalkan komunikasi secara lisan saja. Maka dari itu, terobosan di bidang promosi pun mulai digalakkan dengan cara mengenalkan produk dan jasa melalui media tulisan. Nah, dari sinilah kita mengenal istilah brosur.

Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri dan Contoh Brosur

Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri dan Contoh Brosur

Tidak sedikit orang yang pintar membuat brosur yang indah. Tetapi terkadang, mereka tidak mengetahui apa pengertian dari brosur itu sendiri. Bahkan mereka kesulitan ketika disuruh me-list manfaat dan fungsi fungsinya.

Baca Juga : Pengertian dan Mekanisme Bagi Hasil

Nah pada artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang brosur yang akan kami kolaborasikan dengan fungsi fungsinya, ciri ciri brosur dan terakhir adalah ulasan tentang beberapa contoh brosur.

PENGERTIAN BROSUR

Menurut pengertian bebas, brosur adalah buku yang berisi ujaran persuasif untuk menarik minat pembaca membeli sebuah produk atau jasa. Jumlah halaman brosur paling banyak adalah 5 halaman dengan format berlembar lembar atau satu kertas di lipat menjadi lima bagian.

Biasanya brosur itu berisi kalimat kalimat pendek disertai design grafis warna warni, yang mana format ini ditujukan untuk memancing minat pembeli dan pemakai jasa paling tidak agar mereka mau membaca brosur tersebut. Tentu tujuan inti dari dibuatnya brosur adalah agar produk dan jasa yang kita tawarkan laris manis.

Dari ujaran singkat diatas bisa ditarik konklusi kalau brosur adalah buku atau kertas yang berisi kalimat ajakan untuk membeli suatu produk dan jasa tertentu, dengan kemasan menarik dan penulisan kalimat kalimat singkat demi tujuan untuk menarik pelanggan sebanyak banyaknya.

FUNGSI BROSUR

Kalau dilihat dari segi fungsionalnya, brosur dibuat tidak hanya menawarkan produk yang berupa benda saja tetapi juga produk yang berupa jasa. Bahkan, saat ini, lembaga lembaga sekolah juga banyak yang menggunakan brosur untuk menarik minat siswa agar bersekolah di lembaga tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut ini kami list fungsi brosur yaitu :

  1. Menyampaikan Informasi

Brosur tidak menjamin produk atau jasa yang ditawarkan laris manis. Tetapi yang jelas dengan adanya brosur, informasi produk atau jasa yang kita punya bisa sampai kepada masyarakat tanpa kita harus door to door ke rumah rumah.

  1. Sebagai Tehnik Promosi yang Efektif dan Efisien

Jika kita menargetkan pelanggan sebanyak 100 orang perhari, sedangkan sistem promosi yang kita gunakan hanya komunikasi lisan, tentu cara seperti ini tidak efektif dan tidak efisien. Sedangkan kalau menggunakan brosur, tinggal cetak saja 200 sampai 300 brosur lalu sebar, bisa jadi target 100 orang pelanggan tercapai tanpa kita harus berbicara langsung kepada mereka.

  1. Produk Diingat Orang dalam Waktu Lama

Jika kita beriklan dengan ngomong doang, dua jam setelah itu, mungkin masyarakat sudah lupa. Sedangkan dengan brosur, masyarakat masih bisa membaca kembali brosur tersebut di lain waktu. Apalagi jika desain dan kalimatnya menarik minat.

  1. Alat Iklan Yang Murah

Semua pemilik perusahaan, pengelola sekolah maupun anda pemilik produk atau penyedia jasa tentu ingin beriklan seperti di televisi. Tetapi, biaya untuk itu sangat mahal. Nah dengan brosur biaya bisa ditekan tetapi daya jangkaunya tetap luas. Syaratnya adalah anda harus aktif menyebar brosur tersebut dan sebisa mungkin desain brosurnya hebat.

CIRI CIRI BROSUR

Brosur ternyata memiliki ciri ciri yang membedakannya dengan alat iklan yang lain. Berikut ini list ciri ciri brosur yang bisa anda jadikan pegangan jika suatu saat anda juga diharuskan untuk menggunakannya.

  • Berisi informasi produk dan jasa tunggal
  • Memuat ajakan agar membeli produk atau menggunakan jasa
  • Kalimat ringkas dengan penataan kata yang indah
  • Berisi gambar gambar pendukung dan desain huruf yang penuh warna
  • Mencakup semua review produk dan jasa lengkap dengan testimoninya
  • Disebar sendiri oleh pihak pemilik produk dan jasa

CONTOH BROSUR

Nah, setelah anda mengetahui pengertian brosur, ciri ciri dan fungsinya, maka berikut ini kami jelaskan tentang contoh contoh brosur yang sering dibuat oleh para pemilik produk ataupun penyedia jasa.

  1. Brosur Pendidikan

Brosur pendidikan dibuat demi tujuan untuk menarik minat siswa bersekolah di lembaga pendidikan tertentu. Isinya biasanya seputar kelebihan sekolah, motto sekolah, fasilitas yang didapat hingga cara daftar dan biayanya.

  1. Brosur Iklan Produk

Contoh brosur ini hampir sama dengan iklan sponsor di TV. Perbedaannya brosur menggunakan media tulis sebagai subjeknya.

  1. Brosur Jasa

Jika anda penyedia jasa penulis online, tentu untuk menarik orang membeli tulisan anda, anda akan membuat brosur yang isinya seputar harga tulisan perkata, kelebihan tulisan anda dibandingkan karya tulis orang lain serta beberapa testimoni dari pelanggan sebelumnya.

Itulah pengertian brosur yang kami ulas secara lengkap beserta contoh contohnya hingga fungsinya yang sampai saat ini masih banyak orang tidak mengetahuinya.

Baca Juga : Pengertian, Macam dan Jenis Resiko Dalam Bisnis

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018