Pengertian dan Jenis-Jenis Hoax

Pengertian dan Jenis-Jenis Hoax – Dengan berkembangnya berbagai jenis media sosial, masyarakat dapat dengan mudahnya membagikan informasi baik dalam bentuk teks, gambar, maupun video.

Pengertian dan Jenis-Jenis Hoax

Pengertian dan Jenis-Jenis Hoax

Di satu sisi, hal ini dapat memberi keuntungan bagi masyarakat, yaitu memperluas pengetahuan sekaligus menginformasikan berita terbaru secara cepat.

Namun, apabila konten yang Anda bagikan itu merupakan hoax belaka, dampaknya bisa sangat parah baik bagi diri Anda maupun bagi orang lain.

Meskipun sudah sering mendengar istilah hoax, apakah Anda tau pengertian hoax dan apa saja jenis-jenis hoax? Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Hoax

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), hoax adalah berita bohong.

Wikipedia mengartikan hoax sebagai usaha untuk menipu atau mengakali pembaca dengan membagikan informasi untuk mempercayai suatu hal, meskipun penyebar informasi tersebut mengetahui bahwa informasi tersebut tidaklah benar.

Sementara itu, hoax merupakan kabar, berita palsu atau informasi palsu atau bohong.

Hoax sering digunakan untuk membuat opini publik, menggiring opini tertentu, membentuk persepsi tertentu, atau sekedar bersenang-senang untuk menguji kecerdasan atau kecermatan pengguna internet.

Beberapa ciri dari berita hoax adalah sebuah informasi yang didistribusikan melalui email atau media sosial, membuat cemas atau menimbulkan kepanikan bagi para pembacanya, diakhiri dengan sebuah himbauan untuk membuat pembacanya membagikan informasi tersebut. Sementara itu, pengirim hoax tersebut biasanya tidak diketahui identitas aslinya.

Jenis-Jenis Hoax

Hoax dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Hoax virus

Hoax yang tersebar melalui email atau aplikasi chatting dan berisi peringatan adanya virus yang menyerang PC atau smartphone Anda yang sebenarnya tidak terinfeksi.

Selain itu, pengguna smartphone diharuskan untuk memasang aplikasi tersebut atau menghapus file tertentu di perangkat Anda.

Ketika Anda melakukan ini, maka aplikasi yang Anda pasang tersebut justru bisa membuat perangkat Anda terinfeksi virus dan malah menghapus file penting yang bisa menyebabkan perangkat Anda mengalami kerusakan, baik software maupun hardware.

  • Hoax melalui pesan berantai

Jika Anda menggunakan aplikasi WhatsApp, Anda mungkin akan sering menerima pesan yang meminta Anda untuk menyebarkan pesan tersebut ke kenalan Anda dengan berbagai alasan mulai dari ancaman akan mengalami hal yang buruk hingga kesempatan untuk memperoleh hadiah tertentu.

Hoax ini bisa menimbulkan kepanikan bagi masyarakat dan tersebarnya informasi palsu.

  • Hoax urban legend

Jika Anda pernah mendengar kabar burung untuk tidak mengunjungi suatu tempat, melakukan suatu kegiatan, atau membeli suatu barang karena akan terjadi sesuatu hal yang buruk atau ada kejadian menyeramkan yang akan menimpa Anda.

Dampak dari hoax ini sangatlah besar, mulai dari turunnya nilai ekonomis sebuah barang hingga dijauhinya sebuah kegiatan maupun tempat.

  • Hoax undian berhadiah

Serupa dengan penipuan online, oknum yang menyebarkan hoax ini mengirimkan pesan berupa broadcast maupun pop-up berisi penyerahan hadiah gratis bagi orang yang mengisi survei online yang telah disebarkan.

Apabilla Anda menggunakan email untuk mengisi survei tersebut, maka sudah dipastikan email Anda akan menerima berbagai pesan atau iklan yang tidak Anda inginkan.

  • Hoax kisah menyedihkan

Jika Anda pernah menerima kabar mengenai seseorang yang mengalami sakit berat atau berada dalam kondisi kritis dan meminta bantuan uang untuk dikirim ke rekening tertentu, namun kisah tersebut ternyata tidaklah benar, maka Anda telah menerima hoax.

Kemungkinan terburuknya adalah Anda mengirim sejumlah besar uang kepada oknum tersebut dan mengalami kerugian finansial.

  • Hoax pencemaran nama baik

Meskipun terkesan sederhana karena hanya melibatkan sekelompok orang, apabila ada oknum tertentu yang menyebarkan kabar burung mengenai seseorang meskipun kabar tersebut belum diketahui kebenarannya, maka hal ini bisa berakibat buruk kepada orang yang bersangkutan.

Kemungkinan terburuknya, apabila kabar hoax berkaitan dengan tindakan yang melanggar moral, maka bisa menghancurkan nama baik seseorang maupun statusnya di masyarakat.

  • Hoax SARA (Suku, Agama, dan Ras)

Memasuki bulan-bulan pilkada dan pemilu, hoax yang satu ini seringkali bermunculan di masyarakat untuk menggiring opini publik untuk memilih calon pemimpin negara tertentu.

Dengan keanekaragaman yang ada di Indonesia, hoax ini sangatlah efektif dan mudah untuk mempengaruhi keputusan masyarakat hingga memecah-belah persatuan masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, masyarakat Indonesia harus berhati-hati terhadap hoax ini terutama mendekati bulan-bulan pemilu.

Itu dia pengertian dari hoax dan beberapa jenis hoax yang ada di masyarakat. Jika Anda menerima sebuah kabar dan belum mengetahui kebenaran berita tersebut, ada baiknya Anda tidak langsung menyebarkan berita tersebut.

Lebih amannya lagi adalah Anda langsung menghapus berita tersebut karena mulai ketatnya sistem pemerintahan untuk memantau berita hoax dan adanya hukuman berat bagi Anda yang menyebarkan maupun membuat berita hoax.

Ayo konfirmasi informasi dan berita yang Anda terima agar hoax yang menyebar di Indonesia bisa diberantas.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..