Pengertian Disiplin : Tujuan, Manfaat, dan Contoh

Pengertian Disiplin : Tujuan, Manfaat, dan Contoh Disiplin – Disiplin merupakan suatu sikap taat dan patuh terhdap nilai yang dipercaya dan menjadi tanggung jawab seseorang atas sikap taatnya.

Pengertian Disiplin : Tujuan, Manfaat, dan Contoh Disiplin

Pengertian Disiplin : Tujuan, Manfaat, dan Contoh Disiplin

Disiplin merupakan sikap patuh terhadap peraturan atau tunduk pada pengawasan dan pengendalian. Adapun, pendisiplinan merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk menanamkan nilai agar subjek menaati sebuah peraturan.

Disiplin merupakan sikap yang selalu tepat janji, sehingga orang lain percaya karena modal seseorang dalam berwirausaha adalah mendapatkan kepercayaan dari orang lain.

Disiplin sendiri berasal dari Bahasa Latin “Discere” yang berarti belajar. Disiplin juga berasal dari Bahasa Inggris, yaitu “Disciple” yang berarti pengikut atau murid.

Tujuan Disiplin

Menurut Ellen G White, disiplin memiliki tujuan sebagai berikut.

  • Perintah atas diri
  • Menakhlukkan kuasa kemauan
  • Memmperbaiki kebiasaan
  • Mengajarkan menghormati orang tua dan Tuhan
  • Penurutan atas dasar prinsip
  • Menghancurkan benteng setan

Adapun menurut Emile Durkheim, tujuan disiplin adalah sebagai berikut.

  • Mengembangkan suatu keteraturan dalam tindakan manusia
  • Memberikan sasaran tertentu sekaligus membatasi cakrawala

Jenis-jenis Disiplin

Disiplin telah dibagi menjadi beberaap jenis, yaitu

1). Disiplin menggunakan waktu

Disiplin menggunakan waktu berarti mampu menggunakan dan membagi waktu dengan baik. Hal ini diperlukan karena memanfaatkan waktu sebaik mungkin merupakan bagian yang sangat berharga dan salah satu kunci kesuksesan.

2). Disiplin beribadah

Disiplin beribadah merupakan senantiasa beribadah dengan mengikuti aturan yang terdapat di dalamnya. Kedisiplinan sangat diperlukan, hal ini disebabkan Allah senantiasa menganjurkan hambaNya untuk disiplin dalam menaati firman Allah.

3). Disiplin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Disiplin merupakan salah satu hal yang sangat menentukan dalam proses pencapaian tujuan pendidikan. Apabila terjadi erosi disiplin, maka pencapaian pendidikan akan menjadi terhambat. Faktor yang mempengarhi disiplin dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yaitu:

  • Faktor tuntutan materi yang begitu banyak. Untuk menghadapinya, terdapat berbagai cara atau metode yang dapat ditempuh.
  • Munculnya selera beberapa manusia yang ingin terlepas dari ikatan dan aturan serta ingin bebas hingga sebebasnya.
  • Pola dan sistem pendidikan yang sering berubah
  • Penurunan motivasi belajar dari peserta didik dan para pendidik
  • Peraturan yang ada terlalu longgar

Umumnya, disiplin muncul dari kebiasaan hidup sehari-hari dan kebiasaan belajar dan mengajar yang rutin dilakukan, serta mencintai dan menghargai pekerjaannya.

Disiplin merupakan salah satu proses pendidikan dan pelatihan yang memadai. Oleh karena itu, guru membutuhkan pemahaman tentang landasan ilmu kependidikan dan keguruan, sebab hingga saat ini bnayak terjadinya degradasi sopan santun dan sikap disiplin.

Selain bentuk disiplin yang telah disebutkan di atas, terdapat jenis disiplin yang lain, yaitu:

  • Disiplin diri pribadi

Disiplin pribadi menyangkut beberapa unsur seperti adanya sesuatu yang harus ditaati dan tinggalkan, serta adanya sikap terhadap hal yang terjadi tersebut

  • Disiplin social

Disiplin social merupakan bentuk disiplin yang berhubungan dengan masyarakat atau dalam  hubungannya dengan lingkungan

  • Disiplin nasional

Disiplin nasional berarti sikap yang berkaitan dengan status mental bangsa yang tercermin dalam perbuatan yang berbentuk pada keputusan dan ketaatan. Disiplin nasional dapat dilakuakn secara sadar atau melalui berbagai pembinaan terhadap norma – norma kehidupan yang berlaku.

Manfaat Disiplin

Sikap disiplin memiliki beragam manfaat sebagai berikut:

  • Tumbuhnya kepekaan

Anak yang disiplin kerap kali akan tumbuh menjadi anak yang peka atau berperasaan halus dan percaya pada orang lain. Sikap ini dapat memudahkan dirinya mengungkapkan perasaannya kepada orang lain, termasuk orang tuanya. Anak ini umumnya akan mudah menyelami dan memahami perasaan orang lain.

  • Tumbuhnya kepedulian

Sikap disiplin kerap kali membuat anak memiliki sifat integritas, memikul tanggung jawab, serta mampu memecahkan masalah dengan baik, cepat, dan mudah

  • Mengajarkan keteraturan

Anak yang disiplin akan memiliki pola hidup yang teratur dan dapat mengelola waktu yang dimilikinya dengan baik

  • Menumbuhkan ketenangan

Sikap disiplin kerap kali menumbuhkan rasa ketenangan karena ia kerap kali memperhatikan lingkungan sekitarnya dengan baik. Bahkan, anak yang disiplin kerap mampu mudah berinteraksi dengan orang lain pada tahap berikutnya.

  • Menumbuhkan rasa percaya diri

Sikap disiplin akan mampu menumbuhkan rasa kepercayaan diri untuk melakukan suatu pekerjaan yang dapat dikerjakan dengan mandiri.

Contoh Disiplin

Berikut ini adalah beberapa contoh sikap disiplin yang dapat dilakukan yaitu:

  • Disiplin di rumah

Bentuk sikap disiplin di rumah yang dapat dilakukan dengan mudah yaitu tidur dan bangun tepat waktu, membantu orang tua, merapikan mainan setelah bermain, belajar dan mengerjakan PR, makan dengan teratur, merapikan tempat tidur dan kamar, menjaga kebersihan rumah, serta merapika buku setelah bejalar.

  • Disiplin di jalan raya

Sikap disiplin di jalan raya yaitu tidak menerobos lampu merah, menaati berbagai rambu di jalan, termasuk lampu lalu lintas, berjalan di sebelah kiri jalan, dan selalu membawa surat kendaraan dalam keadaan lengkap.

  • Disiplin di sekolah

Bentuk disiplin di sekolah yaitu masuk sekolah dengan tepat waktu, melaksanakan jadwal piket, tidak membuang sampah sembarangan, duduk dengan rapi, izin terlebih dahulu ketika akan keluar dari kelas, tidak membuat gaduh di sekolah

  • Disiplin di masyarakat

Berikut ini adalah contoh sikap disiplin di masyarakat yaitu menjaga kebersihan lingkungan, menjaga keamanan tempat tinggal dan lingkungan, membuang sampah pada tempatnya, dan tidak mengganggu tetangga.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *