Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Manfaat dan Karakteristik E-Learning

Pengertian E-Learning : Manfaat dan Karakteristik E-Learning – Di jaman modern seperti saat ini, berbagai macam teknologi super canggih bermunculan. Seperti komputer, internet, smartphone dan lain lain. Benda benda siswa teknologi ini diciptakan semata untuk memudahkan segala aktivitas manusia.

Pengertian, Manfaat dan Karakteristik E-Learning

Pengertian, Manfaat dan Karakteristik E-Learning

Faktanya, jika anda menguasai perangkat teknologi, kelancaran kehidupan anda lebih baik dibandingkan mereka yang masih menggantungkan aktivitasnya pada cara cara tradisional.

Baca Juga : Cara Menggunakan VPN Android

Perkembangan teknologi seharusnya juga dimanfaatkan sebagai penunjang dinamika pendidikan. Artinya, metode pendidikan bahkan media pendidikan sudah selayaknya dikolaborasikan dengan peran peran teknologi supaya aplikasi pendidikan menjadi lancar dan hasilnya memuaskan.

Kasarnya adalah, pada pola pendidikan di jaman ini, sudah tidak adaptabel dengan cara cara tradisional dan konvensional yang dinamisasi perkembangannya cukup lambat. Sehingga diperlukan perangkat teknologi pendidikan atau pembelajaran yang lebih canggih. Nah,teknologi inilah yang disebut E-Learning.

PENGERTIAN E-LEARNING

E-Learning mulai viral belakangan ini. Bahkan, metode inilah yang dianggap bisa mengatasi masalah pendidikan yang terjadi di Indonesia. Pertanyaannya adalah apakah E-Learning tersebut?

Kegiatan belajar mengajar akan berhasil jika didalamnya diterapkan metode atau sistem ajar yang tepat. Salah satu aplikasi belajar yang bagus untuk dicoba adalah teknologi informasi.

Di dalam teknologi informasi terdapat berbagai aplikasi ajar yang lebih disukai siswa dibandingkan metode ajar dengan menulis di papan. Apalagi di dalam aplikasi tersebut juga terdapat warna, bangun, gambar gerak yang bisa meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar.

Metode Ajar E-Learning ini berfungsi untuk meningkatkan semangat belajar siswa. Karena di dalamnya berisi berbagai macam software yang memungkinkan siswa bermain sambil belajar, merangsang otak siswa, membuat siswa lebih kreatif dan melancarkan proses transformasi ilmu pengetahuan ke otak siswa tanpa hambatan.

Selain itu, metode E Learning ini juga bisa dimanfaatkan oleh gurunya untuk memberikan penjelasan padat tetapi ringkas dengan menggunakan bahasa retorika yang dikuatkan dengan bahasa audiovisual dari perangkat elektronik yang digunakan seperti LCD, Proyektor, sound komputer, laptop dan lain lain.

Nah, dari analisis singkat diatas, bisa ditarik kesimpulan kalau metode E-Learning adalah metode ajar yang menjadikan Teknologi Informasi sebagai sarana belajar mengajar demi tujuan untuk meningkatkan keseriusan siswa dan pemahaman siswa terhadap materi tanpa meninggalkan unsur unsur belajar yang menyenangkan seperti bermain, berkreatifitas dan rekreatif.

MANFAAT E-LEARNING

Manfaat E-Learning sangat banyak. Agar lebih jelas, manfaat manfaat tersebut kami bagi menjadi dua bagian, yaitu manfaat bagi guru dan manfaat bagi siswa. Dan ini dia manfaat manfaat tersebut, yaitu :

Manfaat Bagi Guru

  1. Penjelasan Materi menjadi lebih mudah
  2. Lebih gampang ketika mengkondisikan kelas dan siswa
  3. Antusiasme siswa terbangun dengan sendirinya
  4. Mengajar menjadi menyenangkan
  5. Tidak membutuhkan terlalu banyak energi dalam mengajar
  6. Penguasaan materi menjadi lebih komplit dan komprehersif
  7. Setting waktu proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien

Manfaat Bagi Siswa

  1. Memancing keingintahuan yang tinggi
  2. Memiliki kesempatan untuk bermain sambil belajar
  3. Sarana aktualisasi kreativitas Siswa
  4. Belajar menjadi sarana rekreatif yang menyenangkan
  5. Energi siswa saat belajar tetap stabil
  6. Semangat belajar tinggi dengan konsentrasi yang ajeg
  7. Cinta Ilmu dan materi ajar

Jika melihat manfaat manfaat model ajar E-Learning diatas, masihkah anda menggunakan cara cara tradisional dan konvensional saat belajar? Tentu Tidak bukan! Maka dari itu, mari kuasai teknologi informasi lalu terapkan pada semua siswa didik anda.

KARAKTER E-LEARNING

Karakter E-Learning secara umum identik dengan perangkat teknologi seperti internet dan komputer. Jika kedua perangkat ini sudah dimiliki, maka model ajar E-Learning sudah bisa diterapkan dalam mengajar.

Untuk lebih jelasnya berikut ini kami list perangkat teknologi penujang  pendidikan berbasis TI yang merupakan karakter E-Learning yaitu :

  1. Internet

Internet merupakan jaringan yang membuat anda bisa mengakses informasi dari seluruh dunia. Anda tinggal mencari informasi yang berhubungan dengan mata pelajaran yang anda ampu dari internet, lalu anda tinggal mempelajarinya secara langsung disana.

  1. Komputer

Komputer adalah sarana penyimpanan data atau informasi yang anda peroleh dari internet. Baik data berupa aplikasi pendidikan, game pendidikan, lampiran atau dokumen dokumen ajar, gambar gambar dan video semua bisa anda save pada perangkat ini.

  1. Perangkat Audio Visual

Nah, perangkat audio visual adalah sarana untuk menampilkan informasi internet yang anda simpan di komputer sehingga bisa dikonsumsi siswa saat belajar. Sarana yang digunakan biasanya berbentuk LCD, Layar Proyektor, Sound Sistem, banner dan banyak lagi sarana audio visual yang lainnya.

Itulah pengertian, manfaat dan karakter E-Learning yang kami ulas dengan cukup jelas nan padat. Semoga artikel ini bisa meningkatkan pemahaman anda tentang betapa pentingnya pendidikan berbasis TI bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018