Pengertian Ekonomi Manajerial Adalah Peranan, Ruang Lingkup dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Ekonomi Manajerial Adalah : Peranan, Ruang Lingkup dan Contoh Ekonomi Manajerial – Ekonomi adalah kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup dari masyarakat. Kata ekonomi merupakan masalah kehidupan dan menjadi pembicaraan sehari-hari dimasyarakat.

Pengertian Ekonomi Manajerial Adalah Peranan, Ruang Lingkup dan Contoh Ekonomi Manajerial
Pengertian Ekonomi Manajerial Adalah Peranan, Ruang Lingkup dan Contoh Ekonomi Manajerial

Hampir setiap hari beberapa media seperti televisi, radio, surat kabar serta media lainnya memberitakan berbagai hal mengenai ekonomi.

Hal ini menggambarkan bahwa kualitas kehidupan masyarakat sangat dipengaruhioleh kegiatan atau fenomena ekonomi yang terjadi di kehidupan masyarakat tersebut. Pada artikel ini, kita akan membahas mengenai ekonomi manajerial.

Pengertian Ekonomi Manajerial

Ekonomi manajerial pada hakekatnya tidak lepas dari perilaku masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Perilaku masyarakat diarahkan dan dimotivasi oleh nilai-nilai yang ada dimasyarakat seperti pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumsi dimasyarakat dipengaruhi oleh hukum ekonomi.

Berbagai tataran nilai kehidupan yang berlaku di masyarakat, biasanya termuat dalam aturan organisasi dan lingkungan masyarakat setempat.

Sehubungan dengan hal ini, maka wawasan mengenai ekonomi manajerial sangat perlu dimiliki oleh para pengambil keputusan, baik disektor publik maupun disektor swasta.

Menurut Mc Connel (1993) “Ekonomi manajerial adalah alat analisis yang sangat berguna bagi manajer dalam pengambilan keputusan bisnis. Sesuai dengan namanya, ekonomi manajerial merupakan hibrid dari ilmu ekonomi dan ilmu manajemen.

Ilmu ekonomi adalah studi tentang perilaku manusia dalam memproduksi, mendistribusi dan mengkonsumsi barang dan jasa, sedangkan sumber daya yang tersedia untuk mewujudkannya”.

Dalam penjelasan lain, ekonomi manajerial merupakan ilmu pengetahuan yang menunjukkan adanya hubungan antara analisis pengetahuan pengambilan keputusan dan teori ekonomi sehingga pada akhirnya akan menelaah proses bagaimana pencapaian tujuan organisasi secara efisien.

Ekonomi manajerial adalah penerapan teori ekonomi dan perangkat analisis ilmu keputusan untuk membahas bagaimana cara suatu organisasi dapat mencapai target dengan cara yang efektif dan efesien.

Sumber lain menjelaskan, ekonomi manejerial yaitu suatu pengetahuan yang menunjukan adanya penerapan teori-teori ekonomi dan analisis pengetahuan dalam mengambil suatu keputusan yang mengidentifikasi bagaimana cara organisasi dapat mencapai tujuannya secara lebih efesien.

Peranan Ekonomi Manajerial

Peranan ekonomi manajerial dalam pengambilan keputusan manajerial digambarkan pada suatu kasus yaitu pada seorang manajer selalu berhadapan dengan masalah manajemen keputusan.

Teori ekonomi saja seringkali tidak cukup sebagai alat untuk pemecahan masalah yang dihadapi seorang manajer. Berbagai teknik dan alat analisis lainnya juga diperlukan.

Kedua hal ini kemudian digabungkan menjadi satu. Ekonomi manajerial menerapkan teori dan metode ekonomi, dan menggabungkannya dengan alat-alat dan teknik analisis ekonomi  untuk memecahkan masalah manajerial secara optimal.

Dengan ekonomi manajerial diharapkan manajer tersebut dapat memecahkan masalah yang dihadapi secara optimal.

Ruang Lingkup Ekonomi Manajerial

  • Teori Ekonomi

Teori ini dapat dijadikan sebagai bahan acuan dalam sistem pengambil keputusan.  Ada dua jenis teori ekonomi yang haru anda ketahui, yaitu teori ekonomi makro dan teori ekonomi mikro.

Sistem pengambil keputusan yang berdasarkan tingkah laku ekonomi (pemilik sumber daya, perdagangan bebas dan para konsumen yang bersifat individu) terdapat pada teori ekonomi mikro.

Sedangkan untuk sistem pengambil keputusan yang berbentuk output, penghasilan, investasi, konsumsi, pekerjaan dan agregat ekonomi terdapat pada ekonomi makro.

  • Pengambilan Keputusan

Teori ekonomi menjelaskan dan memprediksi bagaimana perilaku ekonomi yang mana menjadi sebuah faktor penentu yang penting dalam pengambilan keputusan.

Man, Money Material dan Method merupakan beberapa sumber daya yang langka yang harus dialokasikan secara efisien oleh manajer pada proses pengambilan keputusan sehingga menjadi sesuai dengan prinsip-prinsip yang dimiliki ekonomi manajerial.

Ekonomi manajerial merujuk pada aplikasi teori ekonomi dan perangkat ilmu keputusan untuk menemukan solusi optimal dalam berbagai masalah kaputusan manajerial. Ilmu Keputusan terdiri dari Matematika ekonomi dan Ekonometri (Statistika).

  • Ilmu Keputusan

Ilmu keputusan menggunakan ekonometrik dan juga seperangkat matematika ekonomi yang memiliki fungsi untuk membentuk serta memberikan estimasi model yang ditujukan bagi perilaku optimal suatu perusahaan.

Matematika ekonomi ini digunakan sebagai formulasi model ekonomi yang dipostulatkan oleh teori ekonomi ekonometrik yang juga menerapkan peralatan statistik pada perangkat dunia nyata untuk memberikan estimasi model yang dipostulatkan oleh teori ekonomi yaitu untuk peramalan.

  • Ilmu Administrasi Bisnis

Hubungan antara ekonomi manajerial dengan ilmu administrasi bisnis yaitu menjadi latar belakang atau alasan dalam pengambilan suatu keputusan.

Area fungsi administrasi tersebut diantaranya meliputi: akuntansi, keuangan, pemasaran, manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) dan produksi.

Pelajaran dalam penggabungan antara teori ekonomi, ilmu pengambilan keputusan, dan juga area fungsional ilmu administrasi keuangan dalam bisnis, yang membahas bagaimana hal itu saling berinteraksi antara satu sama lain pada organisasi atau perusahaan untuk mencapai target atau tujuan perusahaan dengan cara yang lebih efisien merupakan peranan dari ekonomi manajerial disini.

  • Contoh Ekonomi Manajerial

Contoh ekonomi manajerial yang dapat kita temui sehari-hari adalah aktivitas yang terjadi di dalam Rumah Sakit, lebih tepatnya pasien yang sedang dirawat.

Rumah sakit pasti memiliki sumber informasi mengenai jumlah pasien, standar prosedur, kinerja para pegawai dan lain sebagainya.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *