Pengertian, Perbedaan, Ciri-Ciri dan Contoh Fakta dan Opini

Pengertian, Perbedaan, Ciri-Ciri dan Contoh Fakta dan Opini – Jangan beropini jika tidak disertai fakta! Mengertikah anda dengan pernyataan filosofis disamping? Nah, untuk bisa menjawabnya, anda harus tahu dulu apa itu fakta dan opini serta apakah hubungan diantara keduanya.

Pengertian, Perbedaan, Ciri-Ciri dan Contoh Fakta dan Opini

Pengertian, Perbedaan, Ciri-Ciri dan Contoh Fakta dan Opini

Nah, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan secara detail tentang fakta dan opini yang kami bedah dari segi pengertian pengertiannya, ciri cirinya, serta perbedaannya. Pada akhir nanti kami juga akan memberikan contoh contoh keduanya.

Baca Juga :

PENGERTIAN FAKTA DAN OPINI

Untuk mengurai istilah menjadi jelas maknanya, maka diperlukan yang namanya pengertian atau definisi. Nah, dengan definisi ini seharusnya kita sudah mulai bisa meraba raba tentang ciri cirinya, form pembuatannya, bahkan kita seharusnya juga bisa membedakan istilah tersebut dengan istilah lainnya. Termasuk perbedaan istilah fakta dengan opini.

1). Pengertian Fakta

Fakta memiliki arti peristiwa atau insiden yang benar benar terjadi. Biasanya peristiwa ini dijadikan rujukan untuk berpikir dan berargumentasi atau menyampaikan pendapat. Selain itu, peristiwa ini pula yang dijadikan orang sebagai pengalaman.

Suatu peristiwa bisa dikatakan fakta atau benar apabila peristiwa tersebut bisa diidentifikasi dengan kasat mata. Tentu peristiwa di dalam mimpi bukan fakta karena yang terlibat di kala itu adalah nalar bawah sadar manusia.

Nah, dari ilustrasi diatas sudah jelas kalau fakta adalah peristiwa nan benar benar terjadi yang konsepnya bisa diidentifikasi oleh akal dan terlihat secara jelas oleh mata untuk dijadikan landasan berpikir, berpendapat, menginformasikan hingga menjadi pengalaman bagi orang yang melihat dan merasakannya.

2). Pengertian Opini

Menurut makna etimologinya, opini sama dengan pernyataan. Pernyataan disini bermakna sekumpulan argumentasi pendapat tentang sebuah peristiwa. Biasanya opini ditampilkan dalam bentuk ujaran dan tulisan. Tetapi yang paling sering ditemukan adalah opini dalam bentuk tulisan.

Opini biasanya menyasar bukan sembarang peristiwa. Tetapi hanya peristiwa yang dikatakan fakta sajalah yang biasanya mengundang orang untuk beropini. Maka dari itu tidak ada opini terhadap peristiwa rekaan seperti drama, teater dan lain lain.

Tujuan dari opini ini adalah melakukan kritik hingga pengujian kebenaran kepada orang yang mengaku mengalami peristiwa tersebut sehingga terjadilah diskusi peristiwa fakta yang hangat. Nah inilah awal mula polemik.

Dari narasi diatas, bisa kita tarik kesimpulan kalau pengertian opini adalah pernyataan atau pendapat tertulis maupun verbal dari seseorang tentang suatu fakta yang terjadi demi tujuan untuk memperjelas peristiwa, mengkritik kebenaran peristiwa serta sebagai penguji dari kebenaran peristiwa tersebut.

PERBEDAAN FAKTA DENGAN OPINI

Berikut ini kami list perbedaan fakta dengan opini yang masih banyak orang kurang mengetahuinya.

  1. Fakta adalah peristiwa sedangkan opini adalah pernyataan tentang peristiwa tersebut
  2. Fakta digunakan sebagai landasan berpikir, berpendapat bahkan sebagai pengalaman orang yang mengalaminya sedangkan opini justru digunakan sebagai sarana kritik dan tes kebenaran dari sebuah fakta yang diucapkan oleh orang yang mengalaminya.
  3. Fakta adalah peristiwa yang benar karena sudah sesuai standart kebenaran. Sedangkan opini belum tentu didasari fakta yang benar. Bahkan ada opini yang diujarkan atas dasar sentimentil kepada orang yang mengalami peristiwa fakta.
  4. Fakta disampaikan secara visual dan tulisan menggunakan media cetak dan elektronik. Sedangkan opini sebagian besar ditampung di media cetak saja. Kecuali sasaran fakta yang diberi opini memang belum jelas kebenarannya.

CIRI CIRI FAKTA DAN OPINI

Fakta dan opini memiliki ciri ciri tertentu. Dengan adanya ciri ciri ini, perbedaan fakta dengan opini menjadi semakin jelas dan anda tidak akan kesulitan ketika akan membuat keduanya dalam bentuk ujaran maupun tulisan.

1). Ciri Ciri Fakta

  1. Kebenarannya sudah teruji dengan baik
  2. Terdapat data data yang lengkap dari segi kuantitatif dan kualitatif
  3. Latar kejadian peristiwa bisa dipertanggungjawabkan dan ada saksi lain yang mengalaminya
  4. Dikumpulkan dari nara sumber utama dan jujur
  5. Lengkap dengan foto demi objektivitas peristiwa
  6. Semua Pertanyaan tentang waktu, orang yang terlibat dan tempat peristiwa bisa terjawab dengan cepat

2). Ciri Ciri Opini

  1. Kebenarannya masih belum bisa dibuktikan
  2. Lebih bersifat pernyataan, pendapat dan argumentasi yang terkadang agak subyektif
  3. Tanpa nara sumber
  4. Berisi pernyataan tentang peristiwa bukan peristiwa itu sendiri
  5. Mengungkap peristiwa yang belum terjadi atau peristiwa yang belum disebut fakta
  6. Mengandung kata kata labil seperti kira kira, mungkin, sebaiknya, alangkah tepatnya dan lain lain.

CONTOH CONTON FAKTA DAN OPINI

Agar pemahaman anda lebih jelas, berikut ini kami berikan juga contoh contoh opini dan fakta yang bisa anda jadikan pemahaman sehingga tidak salah ketika anda mengklasifikasikan keduanya.

1). Contoh Fakta

  1. Telah terjadi Stunami di Palu pada pukul 17.00 menjelang mangrib dengan korban ribuan orang
  2. Presiden Jokowi meresmikan tol suramadu gratis pada hari sabtu sore.

2). Contoh Opini

  1. Bagaimana jumlah korban stunami mencapai ribuan? Itu kan waktu orang terjaga seharusnya orang banyak yang menyelamatkan diri.
  2. Mungkin bapak Jokowi menggratiskan tol Suramadu agar orang madura tidak kesulitan lagi untuk pergi ke Surabaya.

Itulah pengertian, perbedaan, ciri ciri dan contoh opini yang bisa anda jadikan tambahan ilmu pengetahuan.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..