Pengertian dan Definisi Flowchart

Pengertian dan Definisi Flowchart – Ketika Anda ingin menjelaskan suatu metode yang rumit dan terdiri dari lebih dari satu tahap, maka biasanya akan digunakan diagram yang dikenal dengan diagram alir atau flowchart.

Flowchart dapat dimanfaatkn untuk mempermudah orang lain melaksanakan metode yang Anda rancang, baik metode yang dilaksanakan di laboratorium, perusahaan, dan lain sebagainya. Lalu, apa pengertian dan definisi dari flowchart? Berikut penjelasannya.

Pengertian Flowchart

Flowchart (Bagan alir) adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di dalam program atau prosedur sistem kerja logika.

Bagan alir seringkali digunakan sebagai alat bantu komunikasi maupun dokumentasi suatu program atau sistem. Ketika menggambar sebuah diagram alir, perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

  • Diagram alir dibuat dari atas ke bawah dan dimulai dari bagian kiri halaman
  • Kegiatan yang ditulis di dalam bagan alir harus ditunjukkan secara jelas dan mudah untuk dipahami.
  • Ketika membuat diagram alir, pastikan bahwa arah kegiatan dimulai dan diakhiri jelas, sehingga tidak terjadi kesalahan informasi
  • Tiap kegiatan sebaiknya diwakilkan oleh satu kata yang mewakili pekerjaan atau konsep tersebut.
  • Tiap kegiatan yang tercantum di dalam diagram alir berada di urutan yang tepat
  • Apabila terdapat kegiatan yang terpotong dan harus disambung di halaman selanjutnya, maka harus digunakan simbol penghubung.
  • Sebaiknya, digunakan simbol bagan alir standar seperti yang disampaikan oleh Siallagan agar diagram mudah dimengerti oleh orang lain yang membacanya.

Secara umum, terdapat lima jenis diagram alir. Berikut merupakan penjelasannya.

  • Diagram alir sistem (System flowchart)

Bagan yang dibuat untuk menunjukkan arus pekerjaan di suatu sistem. Bagan tersebut terdiri dari prosedur-prosedur yang dilakukan di suatu sistem.

  • Diagram alir dokumen (Document flowchart)

Sering juga disebut sebagai diagram alir formulir, diagram ini digunakan untuk menunjukkan laporan, formulir, serta tebusan-tebusan yang berkaitan. Contohnya adalah diagram alir prosedur pembelian bahan-bahan di suatu pabrik

  • Diagram alir skematik (Schematic flowchart)

Memiliki kemiripan dengan diagram alir sistem, diagram alir jenis ini digunakan untuk menggambarkan berbagai prosedur di dalam sistem.

Perbedaannya adalah diagram alir skematik dilengkapi dengan gambar komputer dan peralatan yang digunakan untuk memudahkan orang-orang awam yang kurang memahami simbol diagram alir

  • Diagram alir program (Program flowchart)

Diagram alir jenis ini menjelaskan langkah-langkah dari suatu program secara rinci. Terdapat dua jenis diagram alir, yaitu diagram alir logika program dan diagram alir program komputer terinci.

  • Diagram alir proses (Process flowchart)

Diagram alir proses merupakan salah satu diagram yang sering dimanfaatkan di teknik industri guna menggambarkan proses suatu prosedur sekaligus digunakan untuk menganalisis prosedur tersebut.

Diagram alir proses memiliki lima jenis simbol tersendiri yang berbeda dari diagram alir lainnya.

Definisi Flowchart

Beberapa ahli dari berbagai negara memberikan penjelasan yang berbeda mengenai flowchart. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Pahlevy

Ahli yang satu ini menjelaskan bahwa flowchart merupakan gambaran yang dibuat dalam bentuk diagram alir yang terdiri dari susunan algortima suatu program dan akan menjelaskan alur dari program tersebut secara mudah.

  • Jogiyanto

Ahli ini berpendapat bahwa flowchart terdiri dari dua kata, yaitu flow yang berarti alir dan chart yang artinya adalah bagan.

Oleh karena itu, flowchart adalah bagan alir yang digunakan dalam program atau prosedur tersebut yang membutuhkan logika.

  • Krismiaji

Krismiaji mengungkapkan pendapatnya mengenai flowchart di buku yang berjudul “Sistem Informasi dan Akuntasi”, yang mana ia menyatakan bahwa flowchart adalah teknik analisis yang digunakan untuk menjelaskan berbagai aspek sistem informasi secara berurutan dan mudah untuk dimengerti.

  • Indrajani

Indrajani menjelaskan bahwa flowchart adalah gambar dalam bentuk grafik yang menggambarkan langkah-langkah dan urutan prosedur suatu program.

  • Sariadin Siallagan

Siallagan memiliki pendapat berbeda mengenai flowchart. Ia menyatakan bahwa flowchart adalah bagan atau diagram alir yang menggunakan simbol atau tertentu untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Sementara itu, Siallagan menjelaskan bahwa terdapat beberapa simbol dalam flowchart.

Beberapa diantaranya adalah start, end, pemosresan, sub-program, input/output, penyambung ke simbol lain, penyambung ke halaman lain, pencetakan, keputusan, media penyimpanan, operasi manual, dan lain sebagainya.

  • Ladjamudin

Ladjamudin mengungkapkan bahwa flowchart adalah bagan-bagan yang berisi arus dan menggambarkan langkah-langkah penyelesaian dari suatu masalah. Selain itu, flowchart dapat digunakan untuk menyajikan suatu algoritma.

Itu dia pengertian dan definisi dari flowchart. Apakah sekarang Anda sudah lebih memahami apa itu flowchart atau yang sering disebut sebagai diagram alir?

Pemahaman terhadap pembuatan diagram alir adalah hal yang penting apabila Anda ingin menyampaikan metode suatu program kepada orang lain agar lebih mudah untuk dipahami dan dilaksanakan.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..