Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Fungsi dan Cara Pendidikan Bagi Orang Tua

Pengertian, Fungsi dan Cara Pendidikan Bagi Orang Tua – Memerintahkan anak belajar sendiri tanpa pendampingan, sama saja anda telah berlaku zalim pada anak anda sendiri.

Pengertian, Fungsi dan Cara Pendidikan Bagi Orang Tua

Pengertian, Fungsi dan Cara Pendidikan Bagi Orang Tua

Bahkan, di dalam hati anak akan muncul kata kata kalau orang tuanya mementingkan dirinya sendiri. Apalagi kalau anak disuruh belajar dan buku ibu, sedangkan kedua orang tuanya sedan asyik menonton Televisi atau bermain Handphon.

Jika anak anda tidak ingin mengeluh semacam diatas, alangkah baiknya kalau anda menemani anak anak anda saat belajar. Sehingga anak anak mereka terbimbing dengan baik sehingga muncul ikatan rasa cinta yang akan membuat anak semangat untuk terus belajar di waktu waktu selanjutnya.

Baca Juga : Pengertian Bimbingan Preventif dan Kuratif

Nah, dari argument diatas lah mengapa pendidikan itu juga penting bukan hanya bagi anak tetapi juga untuk kedua orang tuanya. Tetapi sayang.

Ternyata masih ada orang tua yang justru menganggap pendidikan bagi anak adlah prioritas tetapi bagi dirinya sendiri justru dikesampingkan.

Berikut ini kami akan menjelaskan tentang fungsi pendidikan untuk orang tua yang saya lengkapi dengan pengertian dan cara caranya. Diharapkan dari artikel ini, orang tua bisa semangat untuk berpendidikan agar anaknya juga memiliki daya piker intelektual.

PENGERTIAN PENDIDIKAN BAGI ORANG TUA

Pendidikan bagi orang tua adalah segala macam pengetahuan yang diajari secara seksama dan runtut oleh orang tua. Pengetahuan ini akan terkonfersi menjadi sebuah pengalaman dan perbuatan sehingga orang tua tidak hanya berpengetahuan tetapi juga berpraktek.

Tujuan pendidikan bagi orang tua tidak hanya untuk menjaga kecerdasan otak ketika sedang menghadapi masalah keluarga, tetapi juga untuk membantu kesulitan anak saat belajar.

Sehingga di dalam rumah tangga yang anggota keluarganya berpendidikan dan berilmua akan muncul progress dialektika sekaligus kecerdasan bersama yang akan berefek pada kebaikan kebaikan, kesejahteraan dan prestasi dari anggota keluarga itu sendiri.

Nah dari pengertian diatas bisa ditarik kesimpulan kalau pendidikan bagi orang tua adalah ilmu yang dimiliki oleh orang tua untuk meningkatkan kecerdasan otak mereka sekaligus membantu belajar anak sehingga keluarga memiliki prestasi, berintelektualitas dan sejahtera.

FUNGSI PENDIDIKAN BAGI ORANG TUA

  1. Sebagai guru bagi anak

Ruang lingkup belajar anak tidak hanya di sekolah. Di rumah pun mereka harus belajar. Nah, orang tua yang berpendidikan tentu bisa mendampingi anak sekaligus menjadi saran bertanya ketika ada materi ajar yang tidak dimengerti olehnya.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Emosi

Orang tua yang berpendidikan tentu berbeda dengan orang tua yang tidak berpendidikan. Salah satu perbedaannya adalah seharusnya orang tua berpendidikan memiliki kecerdasan emosi yang lebih tinggi. Sehingga anda tidak akan mudah marah, naik pitam dan tidak suka berkata kasar.

  1. Meningkatkan Kecerdasan otak

Orang tua yang berpendidikan tentunya di otak mereka terdapat aneka macam informasi pengetahuan. Tentu informasi ini amat dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah masalah keluarga.

Salah satunya, orang tua yang memiliki kecerdasan otak atau intelektual, dia juga akan tahu cara mengajar anak yang membuat anak senang dan betah untuk belajar.

  1. Mampu Berdialektika dengan Suami atau Istri

Di dalam rumah tangga terkadang ada masalah yang harus diselesaikan melalui diskusi sesame pasutri. Nah, disinilah letaknya fungi dari pasangan suami istri yang berpendidikan.

Diskusi yang terbangun adalah diskusi berkualitas karena berisi pertarungan argumentative yang menyenangkan.

  1. Agar memiliki Jiwa santun dan Rendah hati

Semboyan orang pintar atau berpendidikan layaknya padi yang menunduk adalah benar. Memang seharusnya orang yang berpendidikan tersebut memiliki sifat seperti padi. Semakin berbuah semakin merunduk. Artinya semakin pintar maka anda harus semakin rendah hati dan santun.

Nah, tentu jika jiwa ini dimiliki oleh orang tua, anak anak juga mengikutinya. Karena anak anak memiliki pekerjaan mendasar dan asasi yaitu mengikuti segala prilaku kedua orang tauanya.

CARA CARA ORANG TUA BERPENDIDIKAN

Mengingat betapa pentingnya pendidikan bagi orang tua menurut fungsi fungsi diatas, maka berikut ini kami berikan cara yang mudah untuk mendapatkan pendidikan tersebut.

Cara ini bisa dimanfaatkan oleh anda yang merasa ingin berpendidikan tetapi malas untuk sekolah lagi dan tidak memiliki pengetahuan apapaun tentang transfer pendidikan tersebut.

  • Membaca buku minimal 1 jam setiap hari
  • Browsing informasi di internet di waktu waktu senggang
  • Ikut kajian kajian dan seminar seminar di waktu kosong
  • Ikut menemani anak atau keluarga saat belajar
  • Tidak malu bertanya tentang apapun bahkan kepada anak anda
  • Melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi

Nah bagaimana? muDah bukan untuk memiliki pendidikan tanpa harus sekolah lagi denan biaya yang mahal? Silahkan terapkan demi keluarga anda.

Itulah pengertian dan fungsi pendidikan bagi orang tua serta cara cara untuk mendapatkan pendidikan yang murah tetapi manfaatnya luar biasa.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ilmu Pengetahuan Dasar © 2018