Pengertian, Fungsi dan Proses Terjadinya Fotosintesis

Diposting pada

Pengertian, Fungsi dan Proses Terjadinya Fotosintesis – Kalitan tahu fotosintesis?

Yah jika anda yang sedang duduk dibangku sekolah baik dasar, menengah atau lanjutan, pasti pernah mendengar istilah ini.

Pengertian, Fungsi dan Proses Terjadinya Fotosintesis
Pengertian, Fungsi dan Proses Terjadinya Fotosintesis

Fotosintesis sendiri berasal dari Bahasa Yunani yang artinya cahaya dan systesis yang berarti menggabungkan atau penggabungan adalah sebuah prosen biokimia pembentukan – pembentukan zat makanan seperti kabohidrat yang digunakan atau dilkukan oleh tumbuhan itu sendiri, ini adalah proses yang dilakukan oleh tumbuhan yang memilikizat hijau daun atau yang biasa disebut dengan klorofil.

Baca Juga :

Selain itu juga fotosintesis ternyata dilakukan juga oleh makhluk hidup lain non-klorofil seperti alga dan beberapa macam bakteri, lalu bagaimana mereka melakukannya sedangkan tumbuhan ini tidak memiliki klorofil?

Tanaman atau organisme ini melakukan fotosintesisnya dengan memanfaatkan unsur hara, air dan karbon dioksidan dan juga bantan dari energy cahaya matahari.

Apa fungsi dan bagaimana proses fotosintesis?

Fungsi Fotosintesis sebagai berikut:

Fungsi yang terpenting dari fotosintesis adalah dapat menghasilkan zat makanan yang berupa glukosa, tentu glokosa sendir merupakan bahan bakar dasar guna pembangunan zat makanan yang lainnya, yakni lemak dan juga protein dalam tubuh tumbuh – tumbuhan.

Tentunya zat ini juga menjadi bahan makanan untuk hewan dan juga manusia, karena itu kemampuan tanaman dengan mengganti energy sinar matahai dengan menjai energy kimia akan selalu menjadi mata rantai makanan yang baik. (Baca Juga : Pengertian Rantai Makanan)

Tentunya dengan adanya fotosintesis akan membantu anda guna membersihkan udara, dimana dapat membantu mengurangi kandungan CO2 atau karbon dioksida di udara dan membersihkannya, dimana dengan prosesn ini akan membantu dalam mengurangi kadar CO2 atau karbon dioksida yang ada di udara karena CO2 sendiri merupakan bahan baku dalam proses fotosintesis.

Dan hasil akhirnya adalah zat makanan seperti O2 atau biasa disebut dengan oksigen yang memang benar – benar dibutuhkan untuk kehidupan.

Fotosintesis sendiri merupakan kemampuan tumbuhan yang selama hidupnya dibantu oleh sisa – sisa tumbuhanKemampuan tumbuhan berfotosintesis selama masa hidupnya karena sisa-sisa tumbuhan yang hidup di masa lalu yang telah terimbun oleh tanah dalam berjuta – juta tahun kemudian menjadi batubara yang mana telah menjadi salah satu dari energy pada saat ini.

Proses terjadinya fotosintesis

Daun ada alah organ terpenting tempat berlangsungnya proses fotosintesis pada tumbuhan. Semua sel yang mengandung kloroplas berpotensi untuk melangsungan reaksi ini. Nah pada organel inilah akan terjadinya proses fotosintesis, yaitu bertepatan dengan stroma. Selanjutnya adalah hasil fotosintesi tersebt akan dikirmkan ke jaringan terdekat terlebih dahulu.

Reaksi fotosintesis sendiri dibedakan menjadi dua bagian, yaitu reaksi terang karena memerlukan cahaya dan juga reaksi gelap yang tidak memerlukan cahaya.

Dimana penjelasannya adalah reaksi terang yang terjadi pada grana tunggal granum, sedangakna reaksi gelap yang berada di dalam stroma reaksi terang terjadi konversi energy cahaya menjadi energy kimia dan juga menghasilakn oksigen atau 02.

Pada reaksi gelap sendiri terjadi seri reaksi siklik yang tentunya membuat gula dari bahan dasar karbon hidrat atau C02 dan juga energy ATP dan NADPH.

Tentunya energy yang didapatkan dari reaksi gelap ini Energi yang digunakan dalam reaksi gelap ini didapat dari reaksi terang. Apa yang terjadi pada reaksi gelap dimana tidak mebutuhkan cahaya matahari, reaksi gelap ini bertujuan mengubah senyawa yang mengandung atom karbon berubah menjadi molekul gula.

Autotrof adalah organisme fotosintesis yang berarti merka menyimpa energy, mereka juga bisa menyintesiskan makanan – makanan tersebut secara langsung dai C02 atau karbon dioksidam energi dari cahaya matahari dan air.

Membuatnya menjadi energy potensial mereka, nemun tidak semuanya organisme menggunakan cahaya sebagai sumber energy mereka untuk melakukan fotosintesis, mengapa?

Karena fotoheterotrof nantinya akan menggunakan senyawa organic yang bukan termasuk karbondioksida yang didapatkan untk sumber energinya. Selain itu juga pada tumbuhan alga dan cyanobacteria fotosintesis akan menghasilkan oksigen.

Tentunya aka nada perbedaan yang mencolok antara fotosintesis pada tumbuhan, alga dan juga cynobacteria, secara umumprsesnya akancukup mirip dengan organisme tersebut.

Namun ada juga beberapa backteri yang melakukan prosesn fotosintesis tapi tidak menghasilkan oksigen tapi tetap menyerap karbondioksida.

Pada proses ini karbondioksida akan dirubah menjadi gula dalam proses yang dikenal dengan fiksasi karbon. Fiksasi karbon  sendiri adalah reaksi redoks, dimana fotosintesis sendiri memerlukan sumber energy dalam melakuakn proses ini dan electron – elektron yang memang diperlukan untuk merubah  karbondioksida menjadi karbohidrat, dan ini adalah reaksi reduksi.

Jika dalam pengertian yang umum prosesn fotosintesis sendiri adalah kebalikan dari respirasi sel dimana glukosa dan senyawa – senyawa lainnta teroksidasi dalam menghasilkan air, karbondioksia, dan energi kimia.

Dua proses tersebut juga berlangsung melalui serangkaian reaksi kimia yang berbeda – beda dan juga kompartemen sel yang berbeda beda. Nah demikianlah penjelasan – penjelasan tentang fotosintesis dan proses dalam fotosintesis.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *