Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh Hipotesis

Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh Hipotesis – Jangan melontarkan pendapat, jika itu masih hipotesis! Karena kebenaran sebuah hipotesis merupakan kebenaran yang bias dan belum terbukti secara sahih. Pertanyaannya adalah apakah hipotesis tersebut?

Tidak ada tanggapan yang mutlak benar sekalipun itu tentang sebuah kesimpulan dari pendapat, dari ilmu ataupun dari hasil sebuah keputusan.

Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh Hipotesis
Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Contoh Hipotesis

Namun, pernyataan dasar ataupun tanggapan di awal masih bisa ditunjukkan dan dikedepankan. Nah, biasanya dinamika ini terjadi di lingkungan kampus.

Yang mana civita kampus selalu mengajarkan mahasiswa kebenaran kebenaran pendapat atau pernyataan yang mana untuk selanjutnya mahasiswalah yang akan mencari bukti pendukung kalau pernyataan tersebut benar benar layak untuk dipertahankan.

Narasi diatas merupakan ilustrasi ringkas tentang definisi hipotesis. Untuk lebih jelasnya berikut ini kami jelaskan secara rinci tentang definisi hipotesis, fungsi, jenis dan contoh contohnya.

PENGERTIAN HIPOTESIS

Menurut arti bebasnya, hipotesis adalah tanggapan sementara yang diambil ketika kita melihat dan membaca berbagai kesimpulan dari sebuah permasalahan. Tentu, tanggapan kita tersebut masih harus diteliti lebih jauh apakah sudah memenuhi syarat standart pengambilan kesimpulan yang benar atau sebaliknya.

Jika ternyata dalam penelitian, ditemukan fakta kalau tanggapan sementara yang kita ajukan salah, maka pernyataan kita itu belum lah bisa dijadikan sebagai landasan untuk mengeluarkan pendapat, mengeluarkan kebijakan, mengambil kesimpulan dan lain lain. Artinya tanggapan atau pernyataan yang kita berikan tentang sebuah masalah bukanlah kebenaran.

Nah, sesuai ilustrasi diatas, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa hipotesis adalah pernyataan  sementara tentang sebuah masalah, yang dari pernyataan tersebut  dimungkinkan  untuk dilakukan penelitian lebih jauh dengan menggunakan perangkat perangkat yang benar sehingga pernyataan bisa diterima atau ditolak.

FUNGSI HIPOTESIS

Hipotesis bukan pendapat atau argumen kosong. Apalagi jika orang yang selalu berhipotesis dianggap sama dengan tong kosong nyaring bunyinya. Wah, itu penilaian berlebihan dan kurang cerdas.

Hipotesis wajib diutarakan bahkan dituliskan. Karena hipotesis ternyata memiliki fungsi fungsi terutama fungsi penelitian dan lain lain. Berikut ini akan kami list fungsi hipotesis secara jelas sehingga argumen menohok tentang orang yang suka berhipotesis segera hilang.

  1. Memberikan Penjelasan Sementara Tentang Masalah

Dengan adanya hipotesis, kita bisa mengetahui masalah apakah yang sedang terjadi. Dengan adanya hipotesis pula kita bisa menarik kesimpulan apakah masalah tersebut layak kita tindak lanjuti dalam bentuk penelitian lanjutan yang lebih sahih atau tidak.

  1. Menggambarkan Variable Variable Yang Bisa dijadikan Landasan Penelitian

Dengan adanya hipotesis, objek objek penelitian yang akan di lakukan sudah tersedia. Karena biasanya hipotesis berisi pernyataan yang didalamnya sudah tersimpan variable variable. Nah variable inilah yang nantinya akan diteliti oleh anda.

Simak contoh hipotesis “ Metode ajar diskusi mampu meningkatkan semangat belajar siswa. Pada contoh hipotesis diatas terdapat dua variable yang bisa dijadikan landasan penelitian yaitu metode ajar diskusi dan semangat belajar siswa.

  1. Menentukan Arah Penelitian

Dengan adanya hipotesis, peneliti bisa menyiapkan instrument penelitian, objek penelitian, analisis data yang dilakukan dan lain lain dengan lebih terarah. Sehingga nantinya, proses penelitian tidak bias dan hasilnya juga sesuai dengan hipotesis yang telah dikaji dan ditelitinya.

Dengan hipotesis pula, peneliti bisa menentukan, jenis penelitian apakah yang layak untuk diintervensikan pada hipotesis tersebut. Sehingga, data data yang diolah memiliki keterkaitan dan peneliti menjadi lebih mudah ketika melakukan riset lanjutan.

  1. Memudahkan Peneliti Ketika Melakukan Penelitian Secara Terpisah

Dua variable atau lebih yang terdapat di dalam hipotesis, akan sangat menyulitkan jika harus diteliti dalam waktu bersamaan. Apalagi jika penelitian tidak diawali dari hipotesis, tentu peneliti akan lebih kebingungan.

Nah, fungsi hipotesis yang keempat adalah membantu peneliti melakukan telaah variable secara terpisah, dengan tehniknya adalah variable pertama menjadi telaah awal dan variable kedua menjadi telaah selanjutnya.

Baru di bab akhir, hasil temuan dari telaah variabel yang dilakukan terpisah tersebut sudah bisa dijelaskan dalam satu format dan bisa juga diputuskan hasilnya dalam waktu yang bersamaan.

JENIS HIPOTESIS

Jenis jenis hipotesis sangat banyak. Namun, secara garis besar, jenis jenis hipotesis digolongkan menjadi 4 jenis saja yaitu,

  1. Hipotesis Deskriptif

Hipotesis deskriptif adalah pernyataan sementara tentang suatu masalah yang terjadi. Tetapi, masalah tersebut bias dan sangat umum sehingga  hipotesis ini tidak layak untuk dilakukan penelitian yang lebih jauh.

  1. Hipotesis Argumentatif

Hipotesis argumentatif adalah pendapat sementara yang isi atau content nya lebih detail. Biasanya terdiri dari sebab sebab masalah, peranan sebuah solusi terhadap masalah dan lain lain. Untuk hipotesis ini, masih memungkinkan untuk dilakukan penelitian sebagai penguji apa solusi dan sebab sebab tersebut benar dan terbukti atau sebaliknya.

  1. Hipotesis Kerja

Adalah hipotesis yang berisi ramalan ramalan tentang efek atau akibat dari sebuah masalah jika salah satu variable tidak bekerja dengan baik. Yang namanya ramalan, tentu kebenaran efek tersebut masih layak diperdebatkan dan diujikan.

  1. Hipotesis Nihil

Hipotesis nihil adalah hipotesis yang berisi terkaan dan sangkaan tentang sebab sebab dan ramalan ramalan dari sebuah masalah yang pembuktiannya menggunakan telaah matematis dan statistik.

CONTOH HIPOTESIS

Nah kami sudah menjelaskan hipotesis secara detail. Tetapi alangkah lebih indahnya kalau kami berikan juga contoh contoh hipotesis sehingga anda bisa memiliki gambaran yang lebih jelas. ini dia contoh contoh hipotesis

  1. BBM Mahal karena Rupiah Merosot Atas Dollar
  2. Metode Belajar Inquiry Mampu Meningkatkan Nilai Ulangan Siswa
  3. Psikologi tokoh dalam Novel sama dengan Psikologi Manusia yang Nyata
  4. Kebiasaan Bermain Game Membuat Hubungan Sosial Menjadi Renggang

Itulah pengertian hipotesis lengkap dengan contoh contohnya yang bisa anda jadikan tambahan perbendaharaan pedagogik dan keilmuan anda.

You May Also Like

About the Author: ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *