Pengertian Peta Minda Adalah : Jenis, Manfaat dan Cara Membuatnya

Pengertian Peta Minda Adalah : Jenis, Manfaat dan Cara Membuat Peta Minda – Ketika Anda berada di bangku sekolah, Anda mungkin seringkali diminta untuk membuat peta minda (mind map).

Pengertian Peta Minda Adalah : Jenis, Manfaat dan Cara Membuatnya

Pengertian Peta Minda Adalah : Jenis, Manfaat dan Cara Membuatnya

Peta minda dapat memudahkan Anda dalam mempelajari materi untuk mempersiapkan ujian. Penggunaan peta minda tidak hanya terbatas pada pelajar, melainkan orang-orang yang ingin menghapal suatu materi dengan lebih mudah. Berikut merupakan pengertian peta minda, jenis-jenisnya, manfaat, serta cara untuk membuat peta minda yang baik dan benar.

Pengertian Peta Minda

Peta minda merupakan sebuah metode visual-spasial dalam bentuk ilustrasi grafis yang akan menunjukkan hubungan antara konsep yang satu dengan konsep yang lain serta mengelompokkan tiap konsep ke dalam kategori tertentu.

Peta minda sering juga disebut peta konsep dan dapat dibuat dalam bentuk skema yang merupakan ringkasan dari kumpulan materi.

Baca Juga :

Jenis-Jenis Peta Minda

Secara umum, peta minda dibagi menjadi delapan jenis, yaitu :

  • Peta Buih (Bubble Map), yang mana biasanya menggunakan kata-kata deskriptif dan penguraian dari tiap konsep.
  • Peta Buih Berganda (Double Bubble Map), yang mana biasanya digunakan untuk membandingkan beberapa konsep sekaligus.
  • Peta Bulat (Circle Map), yang mana menggunakan skema dalam bentuk bulat yang berisi berbagai konteks pengetahuan.
  • Peta Dakap (Brace Map), yang mana digunakan untuk menganalisis objek fisik berupa nama atau deskripsi dari objek tersebut.
  • Peta Pokok (Tree Map), biasanya digunakan untuk mengklasifikasikan tiap konsep berdasarkan kategori tertentu.
  • Peta Alir (Flow Map), biasanya digunakan untuk menghapal sebuah proses atau metode.
  • Peta Alir Berganda (Multi Flow Map), biasanya digunakan untuk menggambarkan hubungan sebab-akibat dari satu kejadian dan kejadian lain.
  • Peta Jembatan (Bridge Map), yang mana digunakan untuk menggambarkan analogi yang menggunakan faktor penghubungan antar satu konsep dan konsep lainnya.

Manfaat Peta Minda

Peta minda paling banyak digunakan oleh para siswa yang berada di bangku sekolah maupun mahasiswa yang sedang berkuliah. Dalam setiap pertemuan, terdapat banyak materi yang harus dipelajari dalam satu bab.

Peta minda wajib dikuasai oleh tiap siswa untuk mempermudah proses belajar siswa, terutama untuk melaksanakan ujian maupun untuk menghapal materi dalam jangka waktu panjang. Beberapa manfaat dari peta minda adalah sebagai berikut.

  • Menghemat waktu

Dalam tiap bab pembelajaran, terdapat banyak materi yang terkadang akan saling tertukar satu sama lain ketika siswa berusaha untuk menghapalnya.

Peta minda dapat menempatkan tiap konsep dalam kategori tertentu, sehingga ketika siswa mengingat satu konsep, ia akan lebih mudah untuk mengingat konsep lainnya.

Dengan menggunakan peta minda, maka siswa tidak membutuhkan banyak waktu untuk mengingat materi yang telah ia pelajari sebelumnya.

  • Memperkuat ingatan siswa

Dengan menggunakan peta minda, maka siswa akan terbiasa untuk menerapkan sistem menghapal yang terstruktur dan teratur. Hal ini juga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, yang mana ketika seseorang harus mengingat banyak hal sekaligus, ia akan secara otomatis membagi tiap materi tersebut ke dalam kategori tertentu.

  • Sebagai fasilitas belajar

Peta minda adalah salah satu metode pembelajaran yang tidak membutuhkan biaya dan memanfaatkan ingatan dalam bentuk visual-spasial.

Dengan kata lain, skema dapat diberi warna yang berbeda-beda atau gambar untuk mempermudah proses mengingat siswa. Namun, dapat juga ditambahkan tulisan singkat untuk mengingat tiap konsep yang ada. Peta minda merupakan fasilitas belajar yang mudah untuk dibuat dan sangat bermanfaat bagi siswa.

  • Interpretasi materi secara lebih mudah dan lengkap

Setiap siswa biasanya akan dihadapkan dengan ujian akhir sekolah (UAS), yang mana merupakan sistem evaluasi yang mencakup semua mata pelajaran selama satu semester.

Jika menggunakan metode menghapal biasa, maka akan mustahil untuk mengingat semua materi tersebut, bahkan jika Anda menyiapkannya selama satu minggu penuh sekalipun.

Dengan menggunakan peta minda, Anda bisa lebih mudah mengingat materi yang jumlahnya sangat banyak dalam waktu yang singkat.

Cara Membuat Peta Minda

Setelah Anda telah mengetahui pengertian, jenis dan manfaat peta minda, sekarang waktunya untuk mempelajari cara membuat peta minda. Berikut tahapannya.

  • Tentukan materi yang akan Anda rangkum dalam peta minda.
  • Pilih konsep-konsep yang relevan atau berhubungan satu sama lain.
  • Urutkan tiap konsep tersebut mulai dari yang paling inklusif hingga contoh-contohnya.
  • Hubungkan konsep yang saling berhubungan dengan menggunakan garis penghubung. Anda juga dapat menuliskan kata penghubung sebagai keterangan hubungan antar dua konsep tersebut.
  • Lengkapi peta minda dengan konsep-konsep lain yang lebih khusus.

Itu dia penjelasan mengenai pengertian, jenis-jenis, manfaat, serta cara membuat peta minda. Bagaimana, apakah Anda pernah membuat peta minda sebelumnya? Jika belum, maka Anda bisa mencoba metode ini apabila ingin menghapal banyak materi dalam waktu singkat.

The Author

ilmudasar

Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..