Pengertian, Ciri dan Jenis Prosedur

Diposting pada

Pengertian Prosedur : Ciri dan Jenis Prosedur – Untuk melakukan sesuatu dibutuhkan langkah langkah kongkrit supaya aktivitas yang akan anda lakukan bisa berjalan dengan baik dan tujuan yang diharapkan bisa tercapai.

Langkah langkah ini harus anda catat secara rapi dan runtut dari awal sampai akhir lalu di implimentasikan dalam bentuk kerja. Istilahnya adalah sebelum anda beraktivitas, anda harus membuat langkah prosedur terlebih dahulu.

Ketika prosedur sudah dibuat, melangkahinya atau melanggarnya bisa membuat aktivitas anda menjadi tidak beraturan dan tujuan yang ingin dicapai juga jauh dari kata sukses.

Bahkan, jika anda melanggar prosedur yang dibuat oleh orang lain atau lembaga, itu akan membuat anda mendapatkan berbagai macam teguran hingga  pengusiran bahkan pidana.

Pertanyaannya adalah apakah prosedur tersebut? Dan apa fungsi prosedur bagi kelancaran birokrasi maupun kelancaran kerja individual?

Untuk menjawab pertanyaan diatas, kami akan menjelaskan tentang prosedur yang kami rilis dari segi pengertian, ciri ciri dan jenis jenis prosedur.

Dengan artikel ini kami berharap anda bisa melakukan aktivitas secara rapi, terstruktur dan sistemik serta anda tidak sembarangan ketika berinteraksi dengan orang lain yang memegang prinsip prosedural dalam berhubungan.

PENGERTIAN PROSEDUR

Prosedur adalah langkah langkah untuk melakukan sesuatu yang bertujuan agar aktivitas yang dilakukan berjalan secara berurutan. Dengannya, semua aktivitas berjalan secara rapi, tidak tumpang tindih sehingga tujuan yang diharapkan lekas tercapai.

Biasanya prosedur ini tertuang dalam bentuk tulisan atau teks yang berisi lambang atau gambar tertentu yang membuat anda mudah untuk mengingatnya dan melakukannya.

Teks prosedur ini bisa kita temukan di kantor kantor, atau di fasilitas umum yang berfungsi untuk mempermudah masyarakat dalam mengaksesnya.

Contoh, teks prosedur pendaftaran pasien rumah sakit, prosedur penerbitan SIM dan KTP dan lain lain.

Sedangkan untuk teks prosedur perseorangan, bisa ditulis di kertas atau di print tanpa harus disisipi gambar warna warni. Sedangkan isinya adalah serangkaian aktivitas yang hendak anda lakukan secara berurutan.

Aktivitas yang bisa anda masukkan ke dalam teks prosedur perseorangan adalah kebiasaan anda dari pagi hingga malam, buram kerja penulisan artikel, isi pidato yang ingin disampaikan di rapat RT dan lain lain.

Nah dari penjelasan diatas bisa kita ambil konklusi bahwa prosedur adalah langkah langkah kerja yang ditulis secara berurutan di atas kertas demi tujuan untuk mempermudah aktivitas pribadi maupun kelembagaan sehingga kerapian dan keteraturan yang diinginkan bisa tercapai.

CIRI CIRI PROSEDUR

Karena prosedur lebih efektif jika ditulis dalam bentuk teks, maka ciri ciri prosedur bisa terlihat dari kalimat atau kata kata yang tersurat di dalamnya. Berikut ini kami list kalimat atau kata kata yang menjadi kontent dari teks prosedur, yaitu :

  1. Kalimat yang digunakan adalah kalimat perintah
  2. Kata kerja yang dipakai adalah kata kerja aktif
  3. Selalu menggunakan konjungsi ( kata hubung ) untuk mengurutkan aktivitas. Baca : Pengertian Konjungsi
  4. Selalu menggunakan kata keterangan untuk menjelaskan langkah langkah secara detail

JENIS JENIS PROSEDUR

Jenis jenis prosedur sangat banyak. Namun secara garis besar, prosedur bisa dibedakan menjadi 3 jenis saja, yaitu prosedur sederhana, Prosedur kompleks, dan prosedur protokoler.

  1. Prosedur Sederhana

Prosedur sederhana adalah prosedur yang berisi langkah langkah singkat dengan jumlah tidak terlalu banyak. Biasanya prosedur ini tidak perlu ditulis dalam bentuk teks.

Contoh untuk prosedur sederhana adalah cara menghidupkan komputer, cara mencuci baju dan lain lain.

  1. Prosedur Kompleks

Prosedur kompleks adalah prosedur yang berisi langkah langkah cukup banyak. Saking banyaknya, terkadang di dalam prosedur masih ditulis sub sub langkah kegiatan selain langkah langkah inti.

Sedangkan contoh untuk prosedur kompleks adalah prosedur pembuatan KTP yang mana sebelum bisa mendapatkan KTP anda harus mengikuti prosedurnya terlebih dahulu yaitu meminta surat keterangan dari Kepala desa, kirim blangko ke kecamatan, meminta surat berkelakuan baik dari kepolisian, baru data anda setor ke Dinas Pencatatan Sipil.

  1. Prosedur Protokoler

Prosedur protokoler adalah langkah langkah prosedural yang tidak terlalu jelimet tetapi tetap harus dilakukan supaya tidak terjadi penyimpangan penyimpangan.

Contoh yang sesuai dengan prosedur protokoler adalah prosedur sipil ketika ingin menjumpai kepala daerah. Langkah pertama adalah membuat surat yang diletakkan di Ruang umum Pemda setempat.

Setelah itu, memasuki langkah kedua yaitu menunggu surat balasan. Ketika sudah di ACC dan sudah ada balasan, baru melangkah ke tahap selanjutnya yaitu janji pertemuan dengan durasi waktunya.

Itulah pengertian, ciri dan jenis prosedur yang harus anda pahami.

Ingat! Prosedur tidak hanya dibuat oleh anda. Orang lain juga memiliki langkah langkah prosedural yang tidak boleh anda langgar.

Bahkan, kantor atau lembaga pun menulis langkah prosedural di kantor mereka sehingga masyarakat yang ingin masuk ke dalam kantor tersebut harus mematuhi segala prosedural yang ada.

Gambar Gravatar
Semoga dengan adanya blog ilmudasar.id mempermudah siapapun dalam mendapatkan info yang cepat dan akurat..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *